Festival Lampu Colok, Tradisi Turun Temurun di Bengkalis Saat Ramadhan

Festival Lampu Colok merupakan salah satu tradisi rutin yang dilakukan oleh masyarakat di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau saat bulan suci Ramadhan.

Editor: Aan Ramdani
tribunpekanbaru.com/Muhammad Natsir
Menara Lampu Colok terlihat indah dalam pelaksanaan Festival Lampu Colok di Kabupaten Bengkalis saat ramadhan beberapa tahun lalu . 

Festival Lampu Colok, Tradisi Turun Temurun di Bengkalis Saat Ramadhan


TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM- Festival Lampu Colok merupakan salah satu tradisi rutin yang dilakukan oleh masyarakat di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau saat bulan suci Ramadhan.

Festival Lampu Colok ini sempat ditiadakan pada Ramadhan tahun 2020 lalu. Namun, pada tahun Ramadhan 1442 Hijriyah/2021 ini Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bengkalis memastikan akan menggelar agenda tahunan ini.

Kegiatan Festival Lampu Colok yang dimilai malam ke 27 Ramadhan ini juga sudah diinformasukan kepada masyarat di Kampung-Kampung yang ada di Bengkalis.

Pada Minggu 25 April 2021, suasana persiapan untuk memeriahkan Festival Lampu Colok ini sudah terlihat dilakukan oleh para pemuda di kampung masing-masing.

Satu diantaranya suasana persiapan Festival Lampu Colok dilakukan pemuda di Desa Simpang Ayam, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis.

suasana persiapan Festival Lampu Colok dilakukan pemuda di Desa Simpang Ayam, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Minggu (25/4/2021).
suasana persiapan Festival Lampu Colok dilakukan pemuda di Desa Simpang Ayam, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Minggu (25/4/2021). (tribunpekanbaru.com/Muhammad Natsir)

Baca juga: Tradisi Bangunkan Sahur di Tembilahan Riau Masih Bertahan

Baca juga: Petang Megang, Tradisi Melayu Riau Sambut Ramadhan

Tokoh Pemuda Desa Simpang Ayam, Mahadansyah kepada tribunpekanbaruwiki.com menuturkan, saat ini pihaknya bersama pemuda desa setempat sedang bersama sama bergotong royong membuat menara lampu colok.

Mereka berencana akan membuat menara lampu colok dengan gambar miniatur masjid.

"Untuk membangun gambar miniatur masjid ini prediksi kita memerlukan sekitar lima ribuan lebih kaleng bekas untuk dijadikan lampu colok," jelasnya.

Mahadansyah berharap sebelum hari pelaksanaan Festival Lampu Colok dimulai, lampu colok karya mereka sudah selesai dan berdiri indah menghiasi malam Ramadhan di kampung mereka.

Sementara itu Pemerintah Bengkalis melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) sudah memastikan akan mengelar festival lampu colok tingkat Kabupaten Bengkalis.

suasana persiapan Festival Lampu Colok dilakukan pemuda di Desa Simpang Ayam, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Minggu (25/4/2021).
suasana persiapan Festival Lampu Colok dilakukan pemuda di Desa Simpang Ayam, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Minggu (25/4/2021). (tribunpekanbaru.com/Muhammad Natsir)

"Tahun kemarin kita tidak ada melaksanakan kegiatan ini karena Covid-19. Namun tahun ini kita akan melaksanakan kegiatan tersebut mengingat Festival Lampu Colok ini merupakan tradisi masyarakat Bengkalis sejak turun temurun," ujar Kepala Disbudparpora Bengkalis Anharizal.

Terkait perizinan untuk mengadakan Festival Lampu Colok tersebut sudah disampaikan langsung kepada Bupati Bengkalis. Bahkan pihaknya sudah menyiapkan hadiah untuk perserta yang akan menang dalam penilaian Festival Lampu Colok tahun ini.

Hadiah pemenang pertama sebesar 15 juta rupiah, pemenang kedua 13 juta rupiah, pemenang ketiga sebelas juta rupiah. Dengan besaran hadiah tersebut sudah tentu membuat pemuda di Bengkalis semakin bersemangat mengikuti Festival Lampu Colok ini.

"Namun kami tetap mengimbau peserta yang ikut serta pesert agar mengikuti protokoler kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah setempat. Yang datang menyaksikan lampu colok ikuti anjuran pemerintah memakai masker menjaga jarak dam mencuci tangan," tandasnya.

Baca juga: Mengenal Pacu Jalur dari Kuansing, Tradisi Turun Temurun Sejak 100 Tahun Lalu

Baca juga: Melihat Kemegahan Istana Siak

Menara Lampu Colok berbentuk masjid dalam pelaksanaan Festival Lampu Colok di Jalan Tenaga Bengkalis tahun 2016 lalu.
Menara Lampu Colok berbentuk masjid dalam pelaksanaan Festival Lampu Colok di Jalan Tenaga Bengkalis tahun 2016 lalu. (tribunpekanbaru.com)

Baca juga: Pantai Solop di Indragiri Hilir Riau

Baca juga: Wisata Pulau Cinta Teluk Jering di Kampar Riau

Baca juga: Desa Teluk Latak Bengkalis Kembangkan Batik Tenun Motif Pucuk Rebun


--

(tribunpekanbaruwiki.com/muhammad Natsir)

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved