Iptu Razali, Sosok Polisi Teladan di Pekanbaru yang Suka Menolong

Iptu Razali merupakan salah satu contoh polisi teladan, kini ia bertugas sebagai Ps Kanit Lantas Polsek Pekanbaru.

Editor: Aan Ramdani
Istimewa
Iptu Razali 

Iptu Razali, Sosok Polisi Teladan di Pekanbaru yang Suka Menolong


TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Iptu Razali, ia adalah polisi lalu lintas (Polantas) yang bertugas sebagai Ps Kanit Lantas Polsek Pekanbaru.

Iptu Razali merupakan pria kelahiran 1 Desember 1966, artinya saat artikel ini diterbitkan usia Iptu Razali 54 tahun lebih.

Walau tidak muda lagi, namun semangat Iptu Razali masih membara dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang polisi lalulintas.

Seriap hari selepas melaksanakan salat Subuh berjamaah di masjid, (Inspektur Polisi Satu) Iptu Razali, segera bersiap untuk berangkat untuk melaksanakan tugasnya sebagai polisi lalu lintas (Polantas).

Iptu Razali sudah membiasakan diri untuk datang ke kantor lebih awal. Paling lama pukul 05.30 WIB, ia sudah pergi bekerja.

Prilaku disiplin inilah sudah diterapkan Iptu Razali selama puluhan tahun, sejak memutuskan mengabdi sebagai insan Bhayangkara.

Baca juga: Kisah Polisi Turki Nikahi Wanita Indonesia Asal Aceh

Baca juga: Heboh Polisi di Pekanbrau Riau Bunuh Diri

Usai mengikuti apel bersama, barulah Iptu Razali pergi ke titik ia melaksanakan penjagaan dan pengaturan (gatur) lalu lintas. Biasanya Iptu Razali bertugas di dekat Sukaramai Trade Center (STC), Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru.

Iptu Razali tak canggung berdiri di jalanan. Ia menggerak-gerakkan tangan, sambil sesekali meniup peluit.

Iptu Razali tampak sibuk mengatur arus lalu lintas di pagi hari. Ia memastikan agar mobilisasi masyarakat berjalan lancar dan aman.

Selama bertugas, tak sedikit pula Iptu Razali menemukan masyarakat yang melanggar lalu lintas.

Ia lantas memberhentikan pengendara itu dan memberikan teguran sekaligus edukasi kepada pengendara .

Iptu Razali mengingatkan, bahwa apa yang telah dilakukan itu salah dan berpotensi membahayakan diri pengendara itu sendiri, maupun juga masyarakat lainnya.

Karena diberitahu dengan cara yang baik, akhirnya si pengendara itu pun jadi malu sendiri. Pengendara itu pun berjanji tidak akan mengulangi lagi pelanggaran yang dilakukannya tersebut.

Baca juga: Kompol IZ Oknum Perwira Polisi di Riau Jadi Kurir Sabu 16 Kg

Baca juga: Kisah Bripda Habibi, Polisi Riau yang Nyambi Jualan Mie Aceh di Tembilahan Inhil

Iptu Razali, Sosok Polisi teladan
Iptu Razali, Sosok Polisi teladan (Istimewa)

Tak jarang pula, suami dari Susmarwanti ini membantu para pejalan kaki yang hendak menyeberang jalan.

Iptu Razali dengan sigap memberhentikan sementara kendaraan, dan menuntun pejalan kaki itu sampai di seberang dengan selamat.

Seringkali pula, Iptu Razali membantu masyarakat yang kesusahan. Seperti membantu penjual merapikan dagangan, kendaraan masyarakat mogok dan lain-lain.

Tidak hanya soal lalu lintas, Iptu Razali juga rutin mengecek soal penerapan protokol kesehatan di masyarakat sekitar lokasi dia bertugas. Seperti penggunaan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Jika menemukan ada yang tak patuh protokol kesehatan, Iptu Razali menegur dengan bahasa yang mudah dimengerti. Ia mengingatkan, bahwa penerapan protokol kesehatan merupakan anjuran pemerintah yang harus dilaksanakan.

"Ini demi menjaga diri kita, agar terhindar dari penularan Covid-19," jelas Iptu Razali.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved