Mahkota Gigi, Bikin Gigi Patah Jadi Sempurna

Pemasangan Mahkota Gigi atau Crown Gigi merupakan salah satu solusi yang dilakukan mengatasi gigi patah atau rusak

Editor: Aan Ramdani
Istimewa
Ilustrasi Pemasangan Mahkota Gigi atau Crown Gigi 

Mahkota Gigi, Bikin Gigi Patah Jadi Sempurna

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM- Masalah gigi bisa disebabkan beberapa hal. Salah satunya karena gigi patah. Baik karena benturan saat kecelakaan, maupun saat menggigit makanan keras jika gigi sudah keropos.

Gigi patah tentu saja mempengaruhi estetika. Penambalan bukan solusi yang tepat untuk mengembalikan penampakan gigi seperti semula.  Sebab, bekas tambalan masih terlihat. Di samping juga penambalan gigi tidak cukup satu kali pertemuan. 

Di dunia medis, dikenal dengan pembuatan kover gigi atau disebut juga mahkota gigi atau crown. Selain patah karena kecelakaan, crown juga untuk melindungi gigi yang berlubang besar dan menutupi gigi yang berubah warna.

Gigi yang patah lebih dari setengah mahkota ditandai dengan terbukanya rongga lapisan pulpa. drg. Muhammad Rizki mengungkapkan, dengan kondisi gigi patah seperti ini, perlu didahului dengan perawatan saluran akar.

Perawatan saluran akar dapat dilakukan setelah pemeriksaan. Misalnya foto rontgen untuk mengetahui kondisi akar gigi dan tulang sekitar gigi. Dari sini, dapat diketahui seperti apa perawatan yang tepat mesti dilakukan.

Baca juga: Daun Binahong Obat Maag Alami

Baca juga: Mengatasi Binti Hitam Pada Gigi

"Saluran akar dibersihkan untuk memastikan saraf gigi tidak menimbulkan rasa sakit," ungkap Rizki pemilik Dental Clinic Muhammad Rizki yang berlokasi di Jalan Handayani Nomor 268, tak jauh dari Jalan Inpres/Kartama, Pekanbaru, ini.

Setelah itu, pada gigi dipasang pasak pada saluran akar gigi. Disebut pasak karena fungsinya akan memperkokoh mahkota atau crown setelah terpasang.

Dokter Gigi Rizki menyebutkan, pasak terbuat dari beberapa jenis bahan. Ada logam dan fiber. Setelah pasak terpasang, maka crowning gigi dapat dilakukan.

Sebelumnya, dilakukan pengukuran agar kover gigi presisi terhadap pasak dan susunan gigi. Hasil pengukuran menjadi acuan dalam pembuatan mahkota.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved