Wakil Presiden Ma’ruf Amin Dukung Percepatan Konversi Bank Riau Kepri Syariah

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendukung percepatan Konversi dari Bank Umum Konvensional menjadi Bank Umum Syariah

Editor: Aan Ramdani
Istimewa
Audiensi virtual tersebut Bank Riau Kepri bersama Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin Rabu (21/4/2021) 

Wakil Presiden Ma’ruf Amin Dukung Konversi Bank Riau Kepri Syariah


TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM- Untuk percepatan Konversi dari Bank Umum Konvensional menjadi Bank Umum Syariah Jajaran Direksi Bank Riau Kepri menggelar audiensi bersama Wakil Presiden (Wapres) RI KH. Ma’ruf Amin secara virtual, Rabu, (21/04/2021).

Dalam audiensi virtual tersebut Direktur Utama Bank Riau Kepri Andi Buchari memaparkan kinerja Bank Riau Kepri tahun 2020 yang sangat membanggakan dimana secara umum Kinerja Bank Riau Kepri diatas rata-rata bank umum dan BPD lainnya, sementara itu kinerja Unit Usaha Syariah (UUS) Bank Riau Kepri lebih baik dari kinerja BRK secara konsolidasi dan diatas rata-rata pertumbuhan UUS secara nasional.

“Aset Bank Riau Kepri sudah 30 Triliun rupiah, dengan asset ini Insya Allah dengan kita berkonversi menjadi Bank Umum Syariah sepenuhnya, kita langsung menjadi bank Syariah terbesar ketiga di Indonesia," ujar Andi.

Pada kesempatan tersebut juga Andi melaporkan kepada Wapres terkait perkembangan dan progres konversi Bank Riau Kepri Syariah yang sudah hampir rampung dan akan dilanjutkan submit ke OJK.

Lebih lanjut Andi meminta dukungan dan doa kepada KH. Ma’ruf Amin agar konversi Bank Riau Kepri dapat berjalan lancar dan Bank Riau Kepri dapat meningkatkan kinerja dan layanan kepada masyarakat khususnya di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau sehingga Bank Riau Kepri dapat berkontribusi untuk kemajuan ekonomi Syariah di Indonesia khususnya di wilayah Riau dan Kepulauan Riau.

Baca juga: Bank Indonesia Riau Kembali Buka Penukaran Uang Rp 75.000

Baca juga: Buka Puasa Bersama Warga Suku Talang Mamak dengan Dompet Dhuafa Riau

Wapres sangat mendukung penuh proses konversi Bank Riau Kepri menjadi Syariah dan dapat direalisasikan segera.

“Saya juga berharap, Bank Riau Kepri ini tidak lama lagi (Konversi) saya berharap cepat, saya nanti akan komunikasi dengan pihak OJK untuk dipercepat prosesnya” ujar KH. Ma’ruf Amin

Lebih lanjut Wapres berharap Bank Riau Kepri menjadi kanal pengembangan keuangan Syariah.

“Saya berharap nanti juga dengan konversi Bank Riau Kepri menjadi Syariah ini menjadi kanal dari pada pengembangan keuangan sosial Syariah terutama zakat dan wakaf” pungkasnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Direktur Dana dan Jasa MA. Suharto, Direktur Kredit dan Syariah Tengkoe Irawan, Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Eka Afriadi dan Direktur Operasional Said Syamsuri.

Sementara Wapres didampingi Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi dan Bambang Widianto, Direktur Eksekutif Komite NasionalEkonomi dan Keuangan Syariah Ventje Rahardjo, serta Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Ahmad Erani Yustika.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, Provinsi Riau memiliki peluang besar untuk berkontribusi mengembangkan industri ekonomi dan keuangan syariah di Tanah Air.

Baca juga: Masjid Jamik Koto Pangean Kuansing, Mimbar Berusia Ratusan Tahun Masih Digunakan

Baca juga: Budidaya Udang, Pemko Dumai Akan Bangun Shrimp Estate Seluas 1000 Hektare

Hal tersebut disampaikan Ma'ruf saat bertemu dengan Dewan Direksi PT Bank Riau Kepri melalui konferensi video di Kediaman Resmi Wapres, Jalan Diponegoro, Nomor 2, Jakarta Pusat

Tidak hanya itu, kata dia, pengembangan kawasan industri halal di Riau juga menjadi potensi baik yang dapat dimanfaatkan.

"Riau sebagai provinsi dengan potensi industri terbesar di Indonesia memiliki peluang untuk berkontribusi dalam pengembangan industri, baik keuangan syariah maupun kawasan halal," kata Ma'ruf dikutip dari siaran pers, Kamis (22/4/2021).

Wapres Minta Masyarakat Paham Hak dan Kewajiban Konsumen Khusus kawasan inudstri halal, kata dia, saat ini sudah ada tiga lokasi yang difungsikan.

Ketiganya adalah Modern Cikand di Banten, Eco Industrial Park Safe n Lock di Sidoarjo, dan Bintan Inti di Kepulauan Riau (Kepri). "Di Riau-nya belum ada,” kata dia.

Ma'ruf menilai, peluang tersebut semakin terbuka lebar dengan akan dikonversinya Bank Riau Kepri menjadi Bank Umum Syariah (BUS).

Apalagi Bank Riau Kepri memiliki performa yang baik sehingga memungkinkan untuk segera dikonversi menjadi BUS.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved