Health Care

Mengenal Penyakit Gagal Ginjal

Penyakit gagal ginjal merupakan salah satu penyakit yang bisa terjadi pada manusia. Ginjal merupakan organ vital yang tidak bisa tergantikan

Editor: Aan Ramdani
Istimewa
Ilustrasi Penyakit Gagal Ginjal 

Mengenal Penyakit Gagal Ginjal

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Penyakit gagal ginjal merupakan salah satu penyakit yang bisa terjadi pada manusia.

Dr Rayendra, Sp.PD,KGH, FINASIM dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Ginjal Hipertensi Rumah Sakit Eka Hoispital Pekanbaru mengatakan, beberapa fungsi ginjal adalah untuk menyaring limbah dari tubuh, mengendalikan keseimbangan air dan elektrolit dalam tubuh, mengatur keseimbangan asam dan basa, mengeluarkan sisa hasil metabolisme tubuh, dan sistem hormon (Eritropoetin yang berfungsi menstimulasi sel darah merah).

Maka jika terjadi penurunan terhadap fungsi-fungsi ginjal tersebut dapat berujung pada penyakit gagal ginjal.

"Penurunan fungsi ginjal dapat berujung pada gagal ginjal, dimana ginjal tidak mampu lagi menyaring cairan dan limbah dalam tubuh sehingga terjadi penumpukan," ulas Dr Rayendra

Berdasarkan kategorinya, gagal ginjal dibagi menjadi dua yaitu gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronik.

Baca juga: Catat, 5 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh

Gagal ginjal akut adalah keadaan ketika fungsi ginjal mendadak mengalami masalah dalam beberapa jam, hari, atau minggu saja dan dapat disembuhkan dengan penanganan yang tepat.

"Sedangkan gagal ginjal kronik adalah terjadinya abnormalitas fungsi ginjal lebih dari tiga bulan dan mengganggu kesehatan. Pada fase ini, fungsi ginjal mustahil untuk kembali sehat," ujar Dr Rayendra.

Seperti penjelasan diatas, ginjal merupakan bagian organ tubuh yang penting memiliki fungsi menyaring limbah beracun dan kotoran-kotoran lain dari dalam darah manusia.

Baca juga: Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

Baca juga: Daftar 10 Tanaman Obat yang Bisa Ditanam Sendiri

--

Sumber: tribunpekanbaru.com

 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved