Ingin Ada Pusat Pelayanan Usaha Terpadu di Meranti, Bupati Muhammad Adil Temui Menkop UMKM

Bupati Meranti HM Adil SH kembali melakukan lobi ke Pemerintah Pusat untuk membantu pembangunan di Meranti. Adil bertemu langsung dengan Teten Masduki

Editor: Aan Ramdani
Istimewa
Bupati Meranti Muhammad Adil saat berbincang dengan Mentri Koprasi dan UMKM RI, Kamis (22/4/2021) 

Ingin Ada Pusat Pelayanan Usaha Terpadu di Meranti, Bupati Muhammad Adil Temui Menkop UMKM


TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Bupati Kepulauan Meranti HM Adil SH kembali melakukan lobi ke Pemerintah Pusat untuk membantu pembangunan di Meranti. Kali ini, Bupati bertemu langsung dengan Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki di Jakarta, Kamis (22/4/2021).

Dalam kunjungan itu Bupati didampingi Kabid Koperasi Disperindagkop & UKM Kepulauan Meranyi Syahril SE MSc. Sementara menyambut kedatangan Bupati, Menkop Teten didampingi Sekretaris Menteri Arif Rahman Hakim dan sejumlah staf Menteri.

Kunjungan ini bagian dari upaya Bupati HM Adil menggaet anggaran pusat untuk membangun daerah. Sebelumnya Bupati telah menemui Menteri Pembangunan Desa dan Menteri Tenaga Kerja.

"Meranti memiliki potensi UMKM berbasiskan perkebunan terutama sagu, kopi, ikan dan sumber daya kelautan lainnya serta kelapa. Untuk pasar kita berdekatan dengan negeri jiran Malaysia dan Singapura. Jadi, kami berharap perhatian Pak Menteri untuk membangun Pusat Pelayanan Usaha Terpadu di Meranti," ungkap Bupati kepada Menkop Teten dalam pertemuan tersebut.

Meski menerapkan protokol kesehatan yang ketat, namun pertemuan berlangsung akrab. Bupati juga meminta agar Program Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM) dari Kemenkop lebih banyak disalurkan di Meranti.

Baca juga: Gasing, Permainan Rakyat di Meranti Riau yang Masih Eksis

Baca juga: Perjuangan Syaifullah Sebagai Nakhoda Ambulance Laut di Meranti Riau

Bupati Meranti Muhammad Adil saat mengunjungi Mentri Koprasi dan UMKM Teten Masduki, Kamis (22/4/2021)
Bupati Meranti Muhammad Adil saat mengunjungi Mentri Koprasi dan UMKM Teten Masduki, Kamis (22/4/2021) (Istimewa)

"Pak Menteri, Meranti ini daerah termiskin di Riau. Kondisi UMKM kami sangat berat terlebih saat pandemi ini. Jadi, masyarakat kami sangat memerlukan upaya-upaya yang mampu dan mendorong kemandirian ekonomi mereka dar pihak Kementerian. Seperti pelatihan-pelatihan dan bantuan-bantuan permodalan. Kami harap lebih banyak program pengembangan UMKM dan Koperasi di Kementerian dilakukan di Meranti," pinta Bupati.

Sementara itu Menkop dan UKM Teten Masduki menyambut baik kedatangan Bupati. Dia memberikan apresiasi khusus karena meski di tengah pandemi, Bupati Meranti tetap bekerja dan berinovasi dengan melobi pihak Kementerian di Jakarta.

"Untuk Pusat Pelayanan Usaha Terpadu akan dianggarkan tahun depan," ungkap Menteri.

Sedangkan untuk BPUM, Menteri Teten mengakui akan melihat terlebih dahulu data UMKM di Meranti. "Kita akan lihat data jumlah UMKM di Meranti untuk program bantuan ini. Dalam kondisi pandemi ini, upaya membantu UMKM memang menjadi prioritas kami," tegas Menteri.

Menteri juga menyarankan agar Meranti fokus untuk mengembangkan komoditas sagu, kelapa, dan ikan. "Dengan demikian Meranti bisa menjadi sentra usaha sagu, kelapa dan hasil perikanan," kata Menteri.

Dirinya mengaku komitmen untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan Kemenkop di Kabupaten Kepulauan Meranti. Diperkirakan, kegiatan bidang UMKM dan Koperasi ini akan banyak dimasukkan dalam APBN Tahun 2022 yang akan datang. Acara ditutup dengan penyerahan cinderamata dan foto bersama.

Baca juga: Budidaya Udang, Pemko Dumai Akan Bangun Shrimp Estate Seluas 1000 Hektare

Baca juga: Mengenal Penyakit Gagal Ginjal

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved