Buka Puasa Bersama Warga Suku Talang Mamak dengan Dompet Dhuafa Riau

Buka puasa masyarakat Suku Talang Mamak bersama Dompet Dhuafa Riau (DDR) tetap menjadi istimewa, walau hanya menggunakan penerangan seadanya

Editor: Aan Ramdani
Istimewa
Kegiatan buka puasa bersama warga Suku Talang Mamak bersama Dompet Dhuafa Riau di Masjid Mahmoud Khanj Dompet Dhuafa Riau, Dusun Talang Tanjung Desa Siambul, Kampung Muaro, Kecamatan Batang Gangsal, Indragiri Hulu. 

Buka Puasa Bersama Dompet Dhuafa Riau dengan Warga Suku Talang Mamak

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM -Buka puasa masyarakat Suku Talang Mamak bersama Dompet Dhuafa Riau (DDR) tetap menjadi istimewa, walau hanya menggunakan penerangan seadanya karena belum masuk listrik di wilayah itu, tetap membuat anak-anak dan warga Suku Talang Mamak di Indragiri Hulu bergembira.

Banyak aktivitas yang bisa diikuti oleh masyarakat Suku Talang Mamak yang tinggal di Dusun Talang Tanjung Desa Siambul, Kampung Muaro, Kecamatan Batang Gangsal tersebut. Selain bisa buka bersama setiap harinya, hingga akhir Ramadan nanti, anak-anak juga diberikan pendidikan pada siang hari.

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Riau, Ali Bastoni mengatakan, tidak hanya siang hari, sampai sore hari mereka juga bisa mendengarkan kisah-kisah Islami, serta membaca buku bersama, yang disediakan oleh Dompet Dhuafa Riau.

"Banyak agenda yang kita laksanakan di lokasi. Tim DDR kebetulan ada yang standby di sana sekitar lima orang. Melaksanakan kegiatan buka bersama, berikan pendidikan, dan lainnya," kata Ali kepada Tribun, Kamis (22/4/2021).

Redovan Jamil, selaku Kepala Unit Dompet Dhuafa Indragiri Hulu mengatakan, dalam kegiatan itu, juga turut serta guru pendamping program pedalaman serta dari pihak Dompet Dhuafa Indragiri Hulu.

Baca juga: Ikut Berjuang Untuk Pendidikan Suku Talang Mamak, Sagiman Terpilih Menjadi Lokal Hero Pertamina

Baca juga: Ustadz Abdul Somad Lepas Ustadz Alam Menuju Pedalaman Talang Mamak

"Sehingga suasana berbeda dirasakan oleh masyarakat di sana selama Ramadan, dengan banyaknya program yang kita laksanakan," ulasnya.

Sementara itu, Andrika Saputra selaku Head Of Fundraising Dompet Dhuafa Riau mengatakan, pada pertengahan Ramadan nantinya, sudah dijadwalkan akan dilaksanakan kegiatan mabit, dengan mendatangkan ustad.

"Juga akan dilaksanakan kegiatan mabit pada pertengahan Ramadan dengan mendatangkan ustad. Kita juga akan laksanakan salat malam hingga kegiatan mabit lainnya," ulasnya.

Diakui Andrika, belum seluruhnya masyarakat di sana memeluk agama Islam. Sebagian besar dikatakannya masih belum memeluk agama. Karena itu, kegiatan tersebut sekaligus untuk mensyiarkan agama Islam di sana, namun tanpa disuruh dan tanpa paksaan, lebih kepada memperkenalkan Islam.

"Sebagian memang sudah muslim. Namun sebagian lainnya belum memeluk agama. Makanya kita sekaligus mensyiarkan agama di sana," tuturnya.

Namun pihak DDR tidak membatasi untuk kegiatan buka bersama, muslim atau tidak semuanya bisa menikmati bersama menu buka bersama yang dimasak bersama oleh masyarakat, dari logistik yang sudah disiapkan DDR.

"Setelah buka bersama, kita laksanakan salat tarawih berjamaah bagi yang muslim, kemudian ceramah agama. Seluruh kegiatan tersebut dipusatkan di Masjid Mahmoud Khanj Dompet Dhuafa Riau yang dibangun DDR di sana," pungkasnya.

Baca juga: Mengenal Suku Duanu dan Budaya Menongkah Kerang di Inhil Riau

Baca juga: Perjuangan Anak Pedalaman di TNBT Riau Lintasi Hutan Sungai dan Dikejar Satwa Liar

--

(tribunpekanbaruwiki.com/Alexander)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved