1.500 Orang Terima Zakat Konsumtif dari Baznas Siak Riau

Sebanyak 1.500 orang menerima bantuan zalat konsumtif dari Baznas Siak dengan total anggarap Rp 1 Miliar lebih

Editor: Aan Ramdani
tribunpekanbaru.com
Bupati Siak Alfedri menyerahkan bantuan dana zakat konsumtif kepada masyarakat di kampung Tuah Indrapura, Kecamatan Bungaraya, Selasa (20/4/2021) 

1.500 Orang Terima Zakat Konsumtif dari Baznas Kabupaten Siak

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Sebanyak 1.500 orang menerima bantuan zalat konsumtif dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Siak. Total anggaran untuk penerima tersebut sebanyak Rp 1 miliar lebih.

“Seperti biasa pada setiap bulan Ramadan Baznas Kabupaten Siak melaksanakan kegiatan gerakan masyarakat Siak berzakat (Gemar) ke -8, kemudian menyalurkan zakat konsumtif tahap II tahun 2021 kepada 1500 orang mustahik dengan jumlah dana mencapai Rp 1 miliar lebih,” kata Ketua Baznas Siak Abdul Rasyid Suharto, Selasa (20/4/2021).

Penyaluran Zakat pola Konsumtif perdana di laksanakan di kecamatan Bungaraya yang diserahkan langsung oleh Bupati Siak Alfedri. Kemudian didampingi oleh anggota Baznas Kabupaten Siak dan Camat Bungaraya Amin Soimin, di Masjid Darussalam Kampung Tuah Indrapura Bungaraya.

Abdul Rasyid Suharto bersama wakil Ketua III Bidang Keuangan dan Pelaporan Baznas Siak Sulaiman, menyebutkan penyaluran dana zakat tahap II tahun 2021 senilai Rp 1 miliar akan kita salurkan kepada 1500 orang mustahik yang ada di 14 kecamatan.

Baca juga: HM Harris 10 Tahun Pimpin Kabupaten Pelalawan

Dana zakat yang disalurkan pada tahap II ini merupakan hasil pengumpulan sejak Maret hingga minggu pertama April 2021. Anggaran dihimpun dari 292 Unit Pengumpulan Zakat (Upz) mulai dari Upz OPD, Upz Kecamatan, Upz Perusahaan ,Upz Kampung, dan Upz yang ada di masjid-masjid di kabupaten Siak.

Sementara zakat pola produktif akan disalurkan kepada mustahik yang mengembangkan usaha seperti beternak lele, usaha pertanian dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"kita salurkan sesuai dengan pengajuan proposal yang masuk dan yang kita sahkan setelah melakukan verifikasi di lapangan,” terangnya.

Pola produktif dan konsumtif ini, merupakan bagian dari program Baznas Siak Sejahtera dan Siak Peduli. Selain program tersebut, Baznas Siak juga melaksanakan program Siak Cerdas, Siak Terang dan Siak Religi.

“Untuk Siak Cerdas kita telah memberikan berbagai bentuk Beasiswa kepada pelajar dan mahasiswa yang orang tuanya kurang mampu dan termasuk ke dalam kategori Asnaf Fii Sabilillah,” jelasnya.

Baca juga: Nazneen Khalfani Amri, Atlet Renang Riau

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved