Andre Berburu Onderdil Ke Luar Negri Untuk Modifikasi Honda Civic Ferio

Andre M. Daniel adalah salah seorang pecinta otomotif di Pekanbaru Salah satu tunggangan kesayanganya adalah Honda Civic Ferio

Editor: Aan Ramdani
Istimewa
Honda Civic Ferio milik Andre M. Daniel dimodifikasi dengan konsep standar asli luar negeri 

Andre Berburu Onderdil Ke Luar Negri Untuk Modifikasi Honda Civic Ferio

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Andre M. Daniel adalah salah seorang pecinta otomotif yang berdomisili di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Salah satu tunggangan kesayanganya adalah Honda Civic Ferio.

Supaya kendaraan Honda Civic Ferio miliknya ini memiliki tampilan yang lebih mantap maka, langkah modifikasi harus dilakukan.

Gaya Andre M. Daniel dalam memodifikasi sendiri mengadopsi standar asli luar negeri.

Standar asli luar negeri tentunya memakai barang pabrikan yang tidak diproduksi di dalam negeri. Di dunia modifikasi, diistilahkan dengan barang Original Equipment Manufacturer (OEM). Seperti Honda Civic Ferio milik Andre M. Daniel ini.

Andre berburu barang OEM sampai ke Singapura dan Malaysia untuk menstandarisasi mobil sedannya yang merujuk ke pabrikan luar negeri. Ia juga memanfaatkan jaringan komunitas Ferio dalam pencarian OEM.

"Hampir 95 persen OEM. Copotan luar, built up semua," ungkap Andre, Rabu lalu (14/4/2021) saat berbincang dengan tribunpekanbaruwiki.com.

Honda Civic Ferio miliknya adalah rilisan tahun 2000. Secara kasat mata dari luar, hasil modifikasinya memang seperti tidak terlihat ada perubahan yang mencolok.

Menurut Andre, bagi yang paham dengan modifikasi Honda Civic Ferio sudah pasti akan merasakan tampilan sangat berbeda dari mobil jenis serupa di tanah air.

Misalnya paling tampak adalah kaca jendela.

"Kaca (jendela) depan saya pasang warna hijau bawaan aslinya, tanpa kaca film. Belakang hitam. Di luar negeri kan nggak boleh pakai kaca film," jelas pria 30 tahun ini.

Dalam lima tahun, Andre berhasil menghadirkan keaslian pabrikan luar pada mobilnya Honda Civic Ferio sesuai dengan konsep ViRS. ViRS adalah istilah konsep asli Ferio. Tinggal penggantian bagian atap yang sekarang dalam pengerjaan.

Saat pertama sekali pindah tangan kepadanya, Honda Civic Ferio milik Andre masih serba standar lokal.

Bagi Andre, pakai OEM memberi kepuasan tersendiri. "Kesenangan sendiri, terasa nyaman, sejuk, enak dipandang," kata Andre. Ia mengadopsi konsep Street Racing agar nyaman dipakai sehari-hari.

Bahkan Andre mempertahankan warna asli mobilnya. Yakni hijau. Ia tidak mengganti warna dari sedia kala. Ia hanya memberi polesan pada bodi dengan detailing untuk menjaga keaslian lebih tahan.

Andre termasuk pecinta modif yang anti retrim. Istilah ini digunakan dalam dunia modifikasi dengan mengganti material lapisan permukaan. Seperti lapisan luar pada setir.

Honda Civic Ferio milik Andre M. Daniel
Honda Civic Ferio milik Andre M. Daniel (Istimewa)

Baca juga: Mobil 1978 Peugeot tipe 504 dengan Rocket Bunny

Honda Civic Ferio Tanpa Ceper dan Ban Lurus

Andre konsisten mempertahankan orisinalitas pabrikan mobilnya. Ia tidak menceperkan kaki kaki (undercarriage) dan tidak memiringkan posisi ban atau tanpa hellaflush pada Honda Civic Ferio.

"Saya nggak menceperkan, bannya berdiri lurus, jadi stance-nya tetap seperti aslinya. Makanya lebih ke Street Racing," kata Andre. Ia hanya mengganti pelek dengan King Spider R16 agar tampak lebih racing.

Andre memasang coilover agar suspensi lebih empuk. Di kaki kaki belakang, ia menambahkan sepasang Lower Control Arm (LCA) komplit untuk memaksimalkan kinerja suspensi.

Ikuti kami di
KOMENTAR
890 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved