Selesai Dipugar, Istana Peraduan Sultan Syarif Kasim II Akan Dibuka Untuk Umum

Istana Peraduan atau Kediaman Sultan Syarif Kasim II di Kabupaten Siak, Riau telah selesai dipugar dan dalam waktu dekat akan dibuka untuk umum.

tribunpekanbaru.com
Penampakan tempat tidur Sultan Syarif Kasim II dan permaisurinya, di dalam Istana Peraduan Siak Sri Indrapura setelah dilakukan pemugaran 

Selesai Dipugar, Istana Peraduan Sultan Syarif Kasim II Akan Dibuka Untuk Umum

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Istana Peraduan atau Kediaman Sultan Syarif Kasim II di Kabupaten Siak, Riau telah selesai dipugar dan dalam waktu dekat akan dibuka untuk umum.

Secara teknis, Dinas Pariwisata Kabupaten Siak sudah menyusun skema pengaturan keluar masuk para pengunjung ke Istana Peraduan yang berada di sebelah Istana Siak atau Istana Asserayah Alhasyimiyah.

Bahkan teknis sekema kunjungan tersebut sudah disusun sebelum dilakukan terima dari PT RAPP ke Pemkab Siak, seperti diketahui proses pemugaran dilakukan melalui dana CSR PT RAPP.

Kepala Dinas Pariwisata Siak Fauzi mengatakan, Usulan skema dan pengaturan masuk ke Istana Peraduan sudah diserahkan ke Satgas Pengendalian Covid 19 Kabupaten Siak untuk disetujui.

“Kita harus mendapat izin dan persetujuan Satgas Pengendalian Covid 19 Kabupaten Siak untuk mengantisipasi penularan Covid 19. Mudah-mudahan dalam waktu dekat izinnya keluar,” kata Fauzi kepada tribunpekanbaru.com, Kamis (15/4/2021).

Baca juga: Melihat Kemegahan Istana Siak

Ia memaparkan, jumlah orang masuk dibatasi hanya 10 orang dalam satu rombongan dengan durasi hanya 10 menit. Petugas yang berada di dalam istana Peraduan hanyalah 4 orang yang memandu wisatawan. Istana Peraduan itu disekat oleh 6 ruangan, yakni ruangan tamu, kamar Sultan, ruangan makan, ruangan keluarga, dapur dan teras belakang.

Daya Tarik Baru Pariwisata Siak

Istana Peraduan merupakan salah satu Situs Cagar Budaya yang amat berharga dan erat kaitannya dengan sejarah Kesultanan Siak. Bahkan menjadi monumental yang berarti dalam sejarah mendukung perjuangan kemerdekaan Bangsa Indonesia. Istana Peraduan yang menjadi tempat peristirahatan Sultan Siak, Sultan Syarif Kasim II adalah bagian dari Istana Kesultanan Siak Sri Indrapura.

Wisatawan bakal bisa melihat perkakas rumah tangga sultan dan permaisurinya di istana ini. Tidak hanya itu, wisatawan juga bisa masuk ke dalam ruangan pribadi atau kamar Sultan Syarif Kasim II dan melihat apa saja yang ada di dalam kamar tersebut. Salah satu yang membuat penasaran adalah tempat tidur atau ranjang Sultan Syarif Kasim II. Tempat tidur atau ranjang Sultan Syarif Kasim II ini terdapat di dalam kamarnya, dengan 4 tiang penyangga kain kelambu. Tempat tidur ini adalah tempat beristirahatnya Sultan Syarif Kasim II bersama permaisurinya.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Aan Ramdani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved