Khaisyar Siregar, Sumbangkan Medali Emas di International Biho Championship 2021

Khaisyar Siregar atlet taekwondo Riau yang berhasil meraih medali emas dalam Kejuaraan Online Indonesia International iho Championship 2021.

Editor: Aan Ramdani

Khaisyar Siregar, Atlet Taekwondo Riau Sumbangkan Medali Emas di International Biho Championship 2021

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Rasa haru dan bangga tampak jelas dari raut wajah Khaisyar Siregar saat dirinya dinyatakan menjadi juara satu atau meraih medali emas Pomsae, Minggu (11/4/2021) dalam Kejuaraan Taekwondo yakni Kejuaraan Online Indonesia International Biho Championship 2021.

Atlet taekwondo Riau yang masih duduk di Kelas VIII SMPN 4 Pekanbaru itu bukan saja berhasil mengalahkan atlet dari Indonesia saja, tapi juga berhasil mengalahkan atlet dari luar negeri yakni dari USA, Korsel, Syria, Brazik, Macau, India dan Singapura.

Kejuaraan Taekwondo, Kejuaraan Online Indonesia International Biho Championship 2021 itu dilaksanakan 9 - 11 April 2021 di Medan, Sumatera Utara.

Walaupun tampil secara online anak dari pasangan Aswin E Siregar SH MH CTL dan Wiwik Yuliana itu pada partai final tetap tampil dengan serius dan gerakan demi gerakan atau jurusan demi jurusan diperagakannya dengan bagus. Hasilnya para juri, Minggu (11/4) sore memutuskan Khaisyar Siregar meraih medali emas dengan nilai 6.90, medali perak diraih oleh Muhammad Abyansyah dengan nilai 6.67 dan perunggu bersama diraih oleh Muhammad Abdul Ghani dan Muhammad Faisal Sidiq.

"Saya sangat teharu dan bersukur bisa menjadi juara dan meraih emas. Untuk mengikuti kejuaraan ini sudah berbagai persiapan saya lakukan," ujar Khaisyar Siregar kepada Tribun, Minggu (11/4).

Bakat Khaisyar Siregar jadi atlet beladiri sudah terlihat sejak kecil, karena sejak kecil ia suka lihat latihan beladiri. Bahkan di usia masih belia yakni 6 tahun Khaisyar Siregar yang lebih akrab dipanggil Tisan Siregar sudah minta masuk latihan taekwondo. Keinginan itu diwujudkan oleh orangtuanya.
Selanjutnya Tisan Siregar mengikuti Taekwondo di sekolahnya SD Al Itihad sejak duduk kelas 1 SD. Sejak saat itulah berbagai prestasi diraih oleh Tisan Siregar baik itu tingkat daerah maupun nasional. Awal tahun 2019 lalu Tisan berhasil meraih perunggu di Pomsae Kejurda dan Gubernur Cup Taekwondo 2019 yang ditaja oleh Pengprov Taekwondo Indonesia (TI) Riau.

Bahkan sejak kelas 6 SD itu Tisan sudah menyandang sabuk hitam atau DAN Satu. Prestasi anak asuh Debi Safana dan Enra Marpaung itu terus berlanjut sampai ia kelas 1 SMPN 4 Pekanbaru.

Tanggal 15-16 Februari 2020 lalu Tisan berhasil meraih medali emas di Kejuaraan The Best Taekwondo Championship I/2020 memperebutkan piala bergilir Ketua Umum KONI Pusat di GOR Popki Cibubur, Jakarta Timur.

Berkat ketekunan dan keseriusannya, Tisan Siregar yang sekarang sudah menyandang DAN Dua kembali meraih emas di Medan, Sumatera Utara.

"Saya senang dan tidak menyangka bisa raih emas di tingkat Nasional. Prestasi yang saya raih ini saya persembahkan kepada kedua orangtua, pelatih dan daerah. Prestasi ini tidak lepas dari dukungan orangtua dan pelatih saya," ucap Tisan Siregar.

Menurut Tisan keinginannya jadi atlet taekwondo atas dasar keinginanya sendiri dan tidak ada paksaan orangtua. "Saya menekuni beladiri taekwondo sejak kelas 1 SD dan sejak saat itu saya bertekad ingin jadi atlet Nasional," ucap Tisan.

Alhamdulillah kata Tisan, keinginannya itu didukung oleh orangtuanya. "Orangtua saya sangat mendukung dan selalu mendampingi saya untuk memberi semangat ketika saya bertanding," ungkap Tisan.

Sebagai bentuk rasa dukungan kepada anaknya pasangan Aswin E Siregar SH MH CTL dan Wiwik Yuliana mendirikan Dojang namanya ARTC KHAISYAR di Rumbai. "Saya tidak pernah memaksa anak saya untuk jadi atlet taekwondo dan itu atas keinginannya sendiri," ujar Aswin Siregar.

Yang jelas sebagai orangtua kata Aswin, dirinya sangat mendukung keinginan anaknya. "Anak saya sejak kelas 6 SD sudah berlatih taekwondo dan saat ini ia sudah punya dojang sendiri," ucap Aswin.

Semoga prestasi Tisan tambah Aswin, terus meningkat dan terus meraih medali dikejuaraan. "Saya mohon doa dan dukungan dari semua pihak semoga keinginan Tisan jadi atlet nasional taekwondo bisa terwujud," ungkap Aswin.

--

tribunpekanbaru.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved