Rusman Ibrahim Soppeng, Keliling Indonesia Mengendarai Vespa Piagio, Kini Sedang di Siak Riau

Rusman Ibrahim pria asal Soppeng, Sulawesi Selatan keliling Indonesia dengan Vespa Piagio. Kini Rusman Ibrahim sedang berada di Kabupaten Siak, Riau

Editor: Aan Ramdani
tribunpekanbaru.com
Rusman Ibrahim Soppeng, Keliling Indonesia Mengendarai Vespa Piagio, Kini Sedang di Siak Riau 

Rusman Ibrahim Soppeng, Keliling Indonesia Mengendarai Vespa Piagio, Kini Sedang di Siak Riau

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM- Rusman Ibrahim, ia merupakan pria asal Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan yang berkeliling Indonesia dengan mengendarai Vespa Piagio tua miliknya, kini Rosman Ibrahim sedang berada di Kabupaten Siak Riau.

Rusman Ibrahim tak muda lagi, kini sudah berusia 51 tahun. Sedangkan Vespa Piagio tua yang sudah Rusman Ibrahim modifikasi berbentuk tank baja ala militer keluaran tahun 1996.

Meski tak muda lagi namun semangat Rusman Ibrahim masih terlihat. Kehadiran Rusman di Kota Istana ini sudah sejak 4 bulan terakhir.

Saat dijumpai tribunpekanbaru.com, Senin (5/4/2021) Rusman Ibrahim sedang berada di ampang-ampang taman pinggir Jalan Indragiri, Turap, Kelurahan Kampung Rempak, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak.

di trotoar tersebut Rusman Ibrahim sedang menggelar dagangannya berupa kaos dan berbagai aksesoris. Inilah aktivitas yang ia lakukan selama ini sebari berkeliling Indonesia.

Dalam perjumpaan dengan tribunpekanbaru.com, Rusman Ibrahim menceritakan perjalananya hingga sampai di Kabupaten Siak.

Perjalanan pria berpakaian ala anak vespa yang lusuh dan berambut gondrong ini menuju Sumatra dimulai sejak 2019 lalu, dari kampung halamanya Soppeng, Sulawesi Selatan, dengan menyinggahi kota-kota lain sebelumnya.

Uniknya, Rusman Ibrahim menuju daratan Sumatra tidak melalui pulau Jawa, namun mencari jalan dari Kalimantan, Kepulauan Natuna, Tanjung Pinang, Batam. Kemudian masuk ke Bengkalis, daratan Sumatra yang telah menjadi gerbang pertamanya.

Setelah tiba di Siak, Rusman Ibrahim bertemu dengan dedengkot komunitas vespa Kota Siak bernama Amir.

Perkenalan Rusman Ibrahim secara tidak sengaja dengan Amir itu telah merekatkan hubungan mereka, beda ras dengan kampung yang terpisah pulau-pulau dan lautan beribu-ribu mil itu kini seperti keluarga. Rusman Ibrahim diberi tempat tinggal di rumah Amir, sampai kapanpun Rusman mau tinggal di sana.

“Saya diberikan tumpangan di rumah Pak Amir, di Siak ini. Saya melihat kota ini damai, membuat saya betah berlama-lama tinggal disini,” kata Rusman Ibrahim kepada tribunpekanbaru.com sambil membereskan barang dagangannya.

Rusman Ibrahim sebenarnya penggemar vespa tua secara tunggal. Ia tidak tergabung ke dalam
struktural komunitas vespa manapun, namun diterima oleh setiap komunitas vespa yang ditemuinya pada setiap daerah yang disinggahinya.

Rusman Ibrahim bersama Vespa Piagio kesayanganya yang sudah dimodifikasi ala tank dan berkeliling Indonesia
Rusman Ibrahim bersama Vespa Piagio kesayanganya yang sudah dimodifikasi ala tank dan berkeliling Indonesia (tribunpekanbaru.com)

Rusman Ibrahim Keliling Indonesia Sejak 2007

Perjalanan Rusman Ibrahim keliling Indonesia sudah ia mulai sejak tahun 2007 lalu.

Ketika itulah Rusman Ibrahim mulai menggilai vespa satu-satunya yang ia miliki, yakni Vespa Piagio 1996.

Kala itu, Rusman Ibrahim melakukan solo touring alias sendirian menuju Manado, Lombok, Bali dan menjelajahi Pulau Jawa hingga ke Jakarta.

Setelah bertahun menjelajah dengan modal pergaulan itu, akhirnya Rusman Ibrahim kembali ke kampungnya, yakni Soppeng, sebuah kabupaten di Sulawesi Selatan yang berjarak 180 Kilometer dari Kota Makassar.

“Saya melihat banyak sekali anak-anak vespa dari Jawa membawa barang dagangan berupa baju, pernak-pernik dan perlengkapan berkendara setiap mereka touring. Ini menginspirasi saya sehingga saya modif vespa saya gaya tank militer, agar bisa membawa barang dagangan pula,” kata Rusman Ibrahim.

Setelah berhasil memodifikasi vespanya, Rusman Ibrahim membawa kaos dan sejumlah aksesoris menuju Papua. Ia berkelana dari satu kota ke kota lainnya di seluruh Papua, hingga sampai ke ujung Indonesia yakni Maraoke.

Ikuti kami di
KOMENTAR
812 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved