Desa Wisata Rantau Langsat di Indragiri Hulu Riau

Rantau Langsat satu Desa di Kecamatan Batang Gangsal, Kabupaten Indragiri Hulur (Inhu), Provinsi Riau dengan berbagai potensi wisata alam

Editor: Aan Ramdani
Istimewa
Aliran Sungai Batang Gansal di Desa Rantau Langsat di Indragiri Hulu Riau 

Desa Wisata Rantau Langsat di Indragiri Hulu Riau

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Rantau Langsat merupakan salah satu Desa di Kecamatan Batang Gangsal, Kabupaten Indragiri Hulur ( Inhu), Provinsi Riau.

Rantau Langsat merupakan desa wisata karena memiliki berbagai potensi wisata yang bisa dinikmati oleh para wisatawan, baik dari lokal Riau, nasional maupun internasional.

di Desa Rantau Langsat, Indragiri Hulu ini terdapat wisata alam yang menarik karena memang berada di hutan penyangga kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT).

Kemudian tribuners juga bisa mempelajari adat istiadat dan budaya warga Desa Rantau Langsat, Indragiri Hulu.

Lalu apa yang menarik dari adat istiadat di Desa Rantau Langsat, Indragiri Hulu ini ?

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat menjelaskan di Desa Rantau Langsat, Kabupaten Indragiri Hulu ini terdapat salah satu suku asli yang hidup secara tradisional.

Suku yang ada di Desa Rantau Langsat tidaklah asing terdengar, yakni Suku Talang Mamak.

"Keberadaan suku ini tergolong proto melayu atau melayu tua. Berada di hutan penyangga, kawasan Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT). Jaraknya hanya 80 kilometer dari pusat Kota Rengat, Inhu," kata Roni Rakhmat saat berbincang dengan tribunpekanbaruwki.com Minggu (21/3/2021).

Salah satu tingkatan air terjun yang bisa dinikmati pengunjung jika berwisata ke Desa Wisata Rantau Langsat di Indragiri Hulu Riau
Salah satu tingkatan air terjun yang bisa dinikmati pengunjung jika berwisata ke Desa Wisata Rantau Langsat di Indragiri Hulu Riau (Istimewa)

Keindahan Alam Desa Rantau Langsat dengan 5 Air Terjun

Untuk menuju Desa Rantau Langsat, wisatawan bisa melalui jalur darat, yakni dari Kota Pekanbaru maupun dari Kota Jambi. Bagi wisatawan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat, aksesibilitas jalan menuju desa wisata ini sudah memadai.

Di Desa Rantau Langsat, kendaraan bisa diparkir di area parkir yang tak jauh dari pelabuhan sungai. Di sekitar lokasi ini telah disediakan fasilitas camping ground.

Keindahan alam nan asri menjadi suguhan yang eksotis bagi pelancong yang berkunjung ke destinasi ini. Desa Rantau Langsat sedikitnya memiliki 5 air terjun, biasanya disebut "Tembulun" dalam bahasa setempat.

Tembulun Pampunawan di Dusun Lemang, memiliki empat tingkat air terjun. Rimbunya pepohonan menjadi peneduh dan memanjakan mata.

Selain itu, ada juga Tembulun Membayang yang memiliki tujuh tingkat air terjun. Kemudian, ada juga Tembulun Siamang di dusun Siamang.

Selanjutnya, air terjun atau Tembulun Bengayoan di Dusun Bengayawan. Di objek wisata ini terdapat air terjun dua tingkat. Jika pagi hari, hembusan kabut datang menyelimuti. Asapnya bertiup ke arah permukaan air membuat lumut yang tumbuh di atas bebatuan basah.

Lalu, juga ada Air terjun Sultan Lembayang di Dusun Datai. Penamaan Sultan Lembayang diambil dari cerita sejarah pada zaman kerajaan dahulu yang menjadi salah satu sosok sultan kebanggaan masyarakat Datai.

Menyusuri Sungai Batang Gansal

Selain objek wisata air terjun, wisatawan juga bisa menikmati wisata susur Sungai Batang Gansal. Pelancong diajak menyusuri sungai menuju hulu sungai, menggunakan perahu motor kapasitas 7 penumpang. Biaya sewanya mulai Rp.500 ribu hingga Rp.1 juta, tergantung jarak tempuhnya.

Di sepanjang aliran sungai, pengunjung disuguhi lanskap hijau asri. Ditepiannya terlihat sejumlah batu yang memiliki cerita legenda. Pemandu wisata yang ikut mendampingi wisatawan, akan membantu menjelaskan cerita legenda batu-batu itu.

Ikuti kami di
KOMENTAR
757 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved