657,71 Hektare Hutan dan Lahan di Riau Terbakar

Sejak Januari 2021 hingga 12 Maret 2021 tercatat sudah ada 657, 71 hektare lahan dan hutan terbakar di Provinsi Riau

Editor: Aan Ramdani

657,71 Hektare Hutan dan Lahan di Riau Terbakar

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Riau masih terus terjadi, Sejak Januari 2021 hingga 12 Maret 2021 tercatat sudah ada 657, 71 hektare lahan yang terbakar di Provinsi Riau.

Hal ini disampaikan Gubernur Riau, Syamsuar dalam apel kesiapansiagaan penanaganan Karhutla di Halaman Kantor Gubernur Riau, Selasa Pagi 16 Maret 2021.

Hingga kini ada 7 kabupaten/kota di Riau yang telah menetapakan status siaga kebakaran hutan dan lahan.

Begitu pula untuk level Provinsi Riau, Gubernur juga sudah menetapkan status siaga kebakaran hutan dan lahan sejak 15 Februari 2021 lalu hingga 31 Oktober 2021 mendatang.

Dijelaskan Gubernur Riau dalam apel kesiapsiagaan karhutala tersebut ada 10 ribu lebih personil yang siap untuk melakukan upaya pemadaman dan penanggunalan karhutla di Riau.

"Kekuatan personil lebih 10 ribu personil, jadi kita sudah siap dan mudah-mudahan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Riau bisa kita atasi secara bersama-sama," kata Gubri Syamsuar usai memimpin apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Halaman Kantor Gubernur Riau, Selasa (16/3/2021).

Mulai dari TNI, Polri, Manggala Agni, Satpol PP, BPBD, Masyarakat Peduli Api atau MPA termasuk personil pemadam kebakaran dari dunia usaha.

Gubri Syamsuar menegaskan, karena Karhutla hampir setiap tahun terjadi di Riau, maka masyarakat dan perusahaan tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar.

Pemprov Riau sejauh ini sudah memberikan bantuan kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Diantaranya adalah dengan menyiapkan sebanyak 12 unit alat berat berupa eskavator yang bisa digunakan oleh masyarakat yang ingin membuka lahan.

"Alat ini diharapkan bisa membantu masyarakat kita yang tidak mampu, yang selama ini membuka lahan dengan membakar, nanti bisa diolah dengan menggunakan alat yang sudah kita siapkan," katanya.

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengingatkan kepada aparat pemerintah dan keamanan yang berada ditingkat paling bawah agar lebih gencar lagi dalam melakukan pengawasan terhadap Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Sebab pencegahan harus dilakukan ke tingkat paling bawah.

Selain itu, Gubri Syamsuar juga menekankan agar prioritaskan pencegahan melalui deteksi dini, monitoring area rawan titik panas, dan patroli lapangan.

Langkah penegakan hukum harus dilakukan dengan tegas dan tanpa kompromi, mulai dari sanksi administrasi, perdata hingga pidana.

saat ini sejumlah wilayah di Riau sudah dilanda kebakaran lahan. Diantaranya adalah Dumai, Bengkalis, Rokan Hilir, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Pelalawan, Kepulauan Meranti dan Siak, Pekanbaru serta Kabupaten Kampar.

--
(tribunpekanbaruwki.com/aan ramdani)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved