Wisata Pulau Cinta Teluk Jering di Kampar Riau

di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau terdapat berbagai lokasi wisata. Satu diantaranya adalah Pulau Cinta yang berada di Dusun Teluk Jering

Penulis: Aan Ramdani
Editor: Aan Ramdani
tribunpekanbaruwiki.com/aan ramdani
Wahana Donat Boat bisa dinikmati pengunjung wisata Pulau Cinta Telung Jering Kabupaten Kampar 

Wisata Pulau Cinta Teluk Jering di Kampar Riau

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau terdapat berbagai lokasi wisata. Satu diantaranya adalah Pulau Cinta yang berada di Dusun Teluk Jering, Desa Teluk Kenidai, Kecamatan Tambang.

Lokasi wisata Pulau Cinta Teluk Jering ini menjadi tempat favorit yang kerap dikunjungi wisatawan, terlebih saat hari libur.

Lokasi wisata Pulau Cinta Teluk Jering ini sangat dekat dari pusat Kota Pekanbaru, ibukota Provinsi Riau.

Berkedara dengan kendaraan roda dua atau roda empat hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari Bandara Sultan Syarif Khasim II Pekanbaru.

Tulisan Selamat Datang di wisata Pulau Cinta Teluk Jering. Sabtu 27 Februari 2021
Tulisan Selamat Datang di wisata Pulau Cinta Teluk Jering. Sabtu 27 Februari 2021 (tribunpekanbaruwiki.com/aan ramdani)

Baca juga: Kebun Binatang Kasang Kulim

dari arah Kota Pekanbaru untuk sampai di lokasi Pantai Cinta Teluk Jering ini tribuners harus berkendara ke arah Jalan Kharuddin Nasution, kemudian ke Jalan Lintas Pekanbaru-Taluk Kuntan.

Sekitar 3 kilometer Setelah melintasi jembatan Teratak Buluh akan ada simpang dengan Plang bertuliskan Pulau Cinta Teluk Jering disebelah kanan.

Dari simpang tersebut sepanjang 2 kilometer sampai lokasi pulau Cinta Teluk Jering. Jalan tersebut tadinya hanya jalan tanah saja. Namun tahun 2019 lalu telah diaspal oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kampar dengan anggaran Rp 9 Miliar lebih.

Sebelum sampai ke lokasi tribuners harus mempersiapkan uang untuk tiket masuk dan parkir kendaraan. Untuk kendaraan mobil cukup dengan uang Rp. 10.000. Sedangkan untuk sepeda motor Rp. 5.000.

Pengunjung menaiki perahu hias di kawasan Pulau Cinta Teluk Jering
Pengunjung menaiki perahu hias di kawasan Pulau Cinta Teluk Jering (tribunpekanbaruwiki.com/aan ramdani)

Baca juga: Wisata Danau Buatan atau Danau Bandar Kayangan di Pekanbaru

Nantinya akan ada pos yang disediakan oleh pengelola untuk memungut tiket masuk dan parkir di wisata Pulau Cinta Teluk Jering ini.

Saat memasuki kawasan wisata ini pengunjung akan disambut dengan tulisan " Selamat Datang di Pulau Cinta ", tepat berada di jembatan kayu pintu masuk Pulau Cinta Teluk Jering.

Wisata Pula Cinta Teluk jering ini merupakan wisata alam yang memanfaatkan aliran sungai Kampar, ditepi sungai Kampar ini sekitar 500 meter terdapat pasir putih layaknya seperti pantai, hanya saja bukan di laut melainkan ditepi Sungai Kampar.

Selain menikmati keindahan alam yang ada dikawasan Pulau Cinta, Teluk Jering ini, pengunjung juga bisa menikmati berbagai fasilitas dan wahana yang disedikan oleh pengelola.

Payung dan Karpet di Kawasan Pulau Cinta Teluk Jering disewakan untuk para pengunjung,  Sabtu (27/2/2021)
Payung dan Karpet di Kawasan Pulau Cinta Teluk Jering disewakan untuk para pengunjung, Sabtu (27/2/2021) (tribunpekanbaruwiki.com/aan ramdani)

Baca juga: Taman Rekreasi Alam Mayang Pekanbaru

Mulai dari wahana perahu hias, dengan perahu hias pengunjung dapat menyusuri sungai Kampar sekitar 2 kilometer.

Kemudian di Pulau Cinta Teluk Jering juga bisa menikmati wahana banana boat dan donat boat. Terdapat pula payung ditepi sungai seperti halnya di pantai. Kemudian terdapat gazobo dan berbagai kuliner yang bisa dinikmati diwarung-warung yang ada di wisata Pulau Cinta Teluk Jering ini.

Untuk tarif dan biaya wahana tersebut tribuners bisa melaihatnya diakhir tulisan ini.

wisata Pulau Cinta Teluk Jering ini merupakan salah satu wisata andalan Kabupaten Kampar yang dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata Dusun Teluk Jering.

Sebelum meninggalkan Pulau Cinta , pengunjung juga dapat berbelanja aksesoris.

Pulau Cinta adalah surga di tengah daerah yang masih tertinggal.

Tiket masuk kawasan wisata Pulau Cinta Teluk Jering
Tiket masuk kawasan wisata Pulau Cinta Teluk Jering (tribunpekanbaruwiki.com/aan ramdani)

Baca juga: RTH Tunjuk Ajar Integritas

Masyarakat Dusun Teluk Jering berhasil menjadikannya destinasi yang sekarang sedang naik daun sejak mulai viral pada 2017 silam.

Kepemilikan kawasan tersebut secara adat oleh masyarakat adat Kenegerian Teluk Jering.

Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved