Cindi Chinora, Petinju Wanita Asal Indragiri Hulu Riau

Cindi Chinora, ia merupakan atlet tinju amatir wanita asal Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Provinsi Riau.

Editor: Aan Ramdani
Istimewa
Cindi Chinora 

Cindi Chinora, Petinju Wanita Asal Indragiri Hulu Riau

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Cindi Chinora, ia merupakan atlet tinju perempuan asal Kabupaten Indragiri Hulu ( Inhu) Provinsi Riau.

Cindi Chinora merupakan perempuan yang lahir 31 Agustus 1999. Cindi Chinora mulai jatuh cinta dengan cabang olahraga tinju sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Saat masih Sekolah Dasar (SD) pun Cindi Chinora memang sudah senang berolahraga. Diantaranya Cindi Chinora pernah menjadi atlet voli mewakili sekolahnya dalam ajang Olimpiade Olahraga dan Seni Nasional (O2SN).

Saat SMP Cindi Chinora mulai mengenal olahraga tinju dari sepupunya. Kala itu, ia hanya menemani sepupunya latihan namun lama-lama iya mulai tertarik dengan olahraga tinju.

Sejak saat itu Cindi Chinora yang merupakan warga Desa Tambak, Kecamatan Kuala Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) jatuh cinta dengan olahraga ini dan mulai melatih diri.

Cindi Chinora, Petinju Wanita Asal Indragiri Hulu Riau memperlihatkan medali dan tropi yang diraih
Cindi Chinora, Petinju Wanita Asal Indragiri Hulu Riau memperlihatkan medali dan tropi yang diraih (Istimewa)

Baca juga: Mengenal Sosok Eko Wibowo, Tokoh Muda Pendidikan Riau

Baca juga: Kisah Muammar Syahida Penakluk Ular Berbisa dari Riau

"Awalnya saya takut berlatih tinju, namun saya terus diyakinkan oleh pelatih sehingga saya akhirnya menyetujui untuk ikut bertanding sebagai atlet tinju pertama kali," jelas Cindi Chinora kepada tribunpekanbaruwiki.com bebrapa waktu lalu.

Cindi Chinora menjadi anak didik Marwan Riadi, pelatih tinju amatir di Indragiri Hulu ( Inhu). Ditangan pria yang akrab disapa Cak Rante itu, fisik dan teknik Cindi terus dibina untuk menjadi atlet tinju amatir yang tangguh.

Setiap hari Cindi Chinora terus melatih fisiknya demi menjadi yang terbaik. Demi memperjuangkan hidupnya menjadi lebih baik.

Cindi Chinora saat ini sedang mengikuti pelatihan di Provinsi. Ia terpilih mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua untuk mewakili Riau. Baru-baru ini nama Cindi juga masuk sebagai salah satu atlet tinju asal Riau yang akan mengikuti pelatihan nasional (Pelatnas) untuk Sea Games.

Perkembangan Cindi Chinora terbilang cukup cepat, kompetisi yang pertama kali diikuti oleh Cindi Chinora adalah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun 2014 lalu.

Ketika itu Kabupaten Inhu menjadi tuan rumah Porprov ke VIII. Tak disangka pengalaman pertamanya bertanding di ring tinju menjadi awal yang baik bagi prestasinya, Cindi Chinora mampu meraih juara dua pada ajang tersebut.

Semenjak saat itu, prestasi yang diraih Cindi terus meningkat. Di tahun 2015 saja Cindi mampu meraih tiga medali dari empat kompetisi yang berbeda, yakni medali emas pada Kejuaraan Daerah (Kejurda) di Bengkalis, medali emas di Kejurda Pelalawan, dan satu medali perunggu Kejurnas PPLP Sumatra Utara tahun 2015.

Cindi Chinora foto bersama dengan pelatihnya Marwan Riadi
Cindi Chinora foto bersama dengan pelatihnya Marwan Riadi (Istimewa)

Baca juga: Kisah Penjual Dawet di Pekanbaru, Jual Sepeda Motor Untuk Bertahan Hidup di Tengah Pandemi

Baca juga: Kisah Bripda Habibi, Polisi Riau yang Nyambi Jualan Mie Aceh di Tembilahan Inhil

Berbagai prestasi terus diraih oleh Cindi. Hingga saat ini Cindi sudah mengoleksi total 12 medali yang terdiri dari tujuh medali emas, empat medali perak, dan satu medali perunggu. Tidak hanya berprestasi di olahraga tinju amatir, Cindi juga pernah menjuarai lomba marathon 15 K dan 21 K.

Cindi Chinora kini menyadari prestasi yang sudah diraihnya selama ini memberikannya kehidupan yang lebih baik. Cindi mengaku tanpa tinju, ia tidak mungkin bisa menamatkan pendidikannya hingga lulus SMA. "Saya lulus SMA karena saya ikut PPLP di Provinsi. Kalau saya tidak ikut PPLP, mungkin saya tidak lulus SMA," ujar Cindi.

Cindi Chinora bercerita ayahnya bekerja sebagai nelayan, sementara ibunya bekerja di warung kopi. Bahkan semasa duduk di bangku SMP, Cindi sempat bekerja di warung kopi untuk membantu ekonomi keluarganya. Di keluarganya, Cindi Chinora adalah anak kedua dari lima bersaudara.

Cindi Chinora memiliki tiga orang adik yang harus dibiayai pendidikannya. Oleh karena itu hadiah yang diraihnya usai meraih juara juga ia bagi ke keluarganya. Sebagian lagi ditabung untuk kebutuhannya.

Cindi saat ini sedang mempersiapkan diri untuk menjadi atlet Riau pada PON Papua. Selain itu, Cindi juga terpilih untuk mengikuti seleksi Pelatnas Tinju untuk Sea Games 2021 di Hanoi, Vietnam. Selain Cindi terdapat sejumlah nama atlet tinju asal Riau lainnya yang juga mengikuti seleksi Pelatnas Sea Games, yakni Meiji Febriyanti Silalahi, Roby Rianto Pasaribu, Ingatan Ilahi, Roberto Ermando, Topaz Riandi Siregar.

Cak Rante pelatih Cindi Chinora mengaku bangga atas prestasi anak didiknya itu. "Suatu kebanggaan bagi saya, anak didik saya Cindi Chinora dapat panggilan ikut seleksi Platnas Sea Games 2021 Hanoi Vietnam," ujar Marwan.

Baca juga: Kisah Bripda Habibi, Polisi Riau yang Nyambi Jualan Mie Aceh di Tembilahan Inhil

Baca juga: Habib Ramadhan Kenalkan Adat dan Budaya Kampar Riau Lewat Youtube

--
(tribunpekanbaru.com)

Ikuti kami di
KOMENTAR
675 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved