Desa Muntai Barat Bengkalis Riau

Desa Muntai Barat merupakan salah satu Desa di Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau, letak Desa Muntai Barat ini menghadap selat malaka

Editor: Aan Ramdani
Istimewa
Penanaman Mangrove oleh di Desa Muntai Barat beberapa waktu lalu 

Desa Muntai Barat Bengkalis Riau

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Muntai Barat merupakan sebuah nama desa yang terletak di Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

Lokasi Desa Muntai Barat ini sekitar 45 kilometer dari Ibu Kota Kabupaten Bengkalis.

Disamping itu, Desa Muntai Barat juga berhadapan langsung dengan Selat Malaka.

Sejarah Desa Muntai Barat

Desa Muntai Barat merupakan hasil pemekaran dari Desa Muntai. Pemekaran dilakukan seiring dengan berkembangnya dan bertambahnya jumlah penduduk serta sebagai langkah untuk penyelenggaraan pemerintah dan layanan yang lebih baik dilakukan pemekaran.

Langkah pemekaran dan dijadikanya Desa Muntai Barat ini diawali dengan pelaksanaan Rapat Musyawarah Desa Muntai di Gedung Pelatihan Desa Muntai yang dihadiri oleh Ketua Dusun, RT, RW, Tokoh Masarakat, LKMD, BPD dan KPM, disepakati Desa Muntai setuju dimekarkan menjadi dua Desa dan yang dimekarkan diberi Nama Desa Muntai Barat pada tanggal 12 Februari 2012.

Kemudian Pada Tanggal 17 September 2012, dianjukanlah Usulan Pemekaran Desa Muntai ke Bupati Bengkalis melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) Kabupaten Bengkalis. Maka terbitlah Peraturan Daerah Kabupaten Bengkalis Nomor 09 Tahun 2012 Tentang Pembentukan Desa Muntai Barat, hasil pemekaran dari Desa Muntai.

Sementara itu, Desa Muntai sendri juga merupakan hasil dari pemekaran Desa Bantan Air. Pemekaran tersebut terjadi diera tahun 1980 an.

dikutip tribunpekanbaruwiki.com dar laman resmi Desa Muntai Barat, Kala itu Desa Bantan Air dipimpin Oleh Nasroen bin H. Umar sebagai Kepala Desa dan Sarmin sebagai Sekretaris Desa.

Karena wilayah Desa Bantan Air dianggap terlalu luas sehingga sulitnya mengkoordinir baik dari segi penataan ruang maupun dibidang adminitrasi, timbulah ide - ide untuk mengusulkan pemekaran Desa.

Pada tanggal 26 Januari 1983, Imam Munandar selaku Gubernur Riau menerbitkan Surat Keputusan tentang pemekaran Desa Bantan Air dengan Desa Baru yang disebut Desa Muntai.

Visi dan Misi Desa Muntai Barat

Visi: Terwujudnya Desa Muntai Barat Sebagai Desa Maju dan Makmur di Kabupaten Bengkalis

Misi:

1.Mewujudkan pemerintahan yang bersih dan profesional serta responsif;
2.Menyelenggarakan pelayanan masyarakat yang cepat dan prima;
3.Melaksanakan dan memfasilitasi pembangunan yang aspiratif, bermanfaat, terpelihara dan berkelanjutan serta Peningkatan perwujudan pembangunan fisik dan infrastruktur;
4.Mengembangkan sistem informasi desa dan tata kelola yang dinamis sebagai upaya mempromosikan desa dan kegiatan pembangunan desa;
5.Melaksanakan pembinaan kehidupan kemasyarakatan dengan pemberdayaan masyarakat melalui pembinaan kehidupan sosial budaya seperti bidang kesehatan, pendidikan, pemuda dan adat istiadat;
6.Penguatan dan manajemen lembaga kemasyarakatan, pembentukan Badan Usaha Milik Desa, serta kerjasama antar desa;
7.Pembangunan ekonomi kerakyatan berbasis agrobisnis, pertanian, perkebunan dan perikanan dengan kondisi sosial budaya yang berbasis kearifan lokal;
8.Meningkatkan pemanfaatan potensi sumber daya desa, guna mendukung peningkatan pendapatan desa;
9.Menentukan kebijakan yang akan mendorong perkembangan usaha pedesaan;
10.Menjaga kondisi wilayah yang kondusif;
11.Mewujudkan pemerataan pembangunan desa dan berkeadilan.

Potensi Wisata di Desa Muntai Barat

Desa Muntai Barat ini memiliki potensi wisata yang cukup baik.

Mengingat Desa Muntai Barat ini terdapat pantai yang cukup menarik untuk dijadikan tempat wisata.

Salah satu lokasi wisata yang ada di Desa Muntai Barat ini adalah Taman Wisata Cik Mas Ayu.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved