Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

Tak hanya buah namun kulit manggis pun memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Editor: Aan Ramdani
tribunpekanbaruwiki.com/aan ramdani
Kulit manggis memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. (tribunpekanbaruwiki.com/ aan ramdani) 

Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Rasa buahnya yang manis membuat buah manggis disukai banyak orang.

Namun tak hanya buahnya saja yang memiliki nutrisi, kulit manggis yang berwarna merah tua ini juga bagus untuk kesehatan tubuh lo tribuners.

Dikutip tribunpekanbaruwiki.com dari Kontan.co.id,manfaat kulit manggis berasal dari senyawa bernama xanthone, antioksidan, dan lain sebagainya. Tak hanya berguna untuk kesehatan dalam tubuh, kulit manggis juga bermanfaat untuk kesehatan kulit Anda.

Mengutip dari Health Medicines (health-medicines.com), kulit manggis bisa mengobati berbagai penyakit. Misalnya, kolesterol, tekanan darah tinggi, hingga kanker. Kulit manggis juga mampu mencegah penumpukan lemak tubuh sehingga berat badan Anda menjadi lebih terjaga.

Baca juga: Daun Binahong Obat Maag Alami

Baca juga: Daftar 10 Tanaman Obat yang Bisa Ditanam Sendiri

Kulit Manggis. (tribunpekanbaruwiki.com/ aan ramdani)
Kulit Manggis. (tribunpekanbaruwiki.com/ aan ramdani) (tribunpekanbaruwiki.com/aan ramdani)

Anda bisa mengonsumsi ekstrak kulit manggis dalam bentuk jus, membuatnya menjadi teh, atau menggabungnya bersama minuman kesehatan yang lain. Cara membuatnya pun cukup mudah. Jika Anda tak memiliki banyak waktu, ekstrak kulit manggis bisa Anda beli dengan mudah di pasaran.

Manfaat Kulit Manggis Seperti yang telah dikatakan, ada banyak sekali manfaat kulit manggis yang bisa Anda dapat. Pertama, kulit manggis mampu menguatkan sistem imun tubuh Anda sehingga penyakit, seperti pilek dan batuk bisa Anda hindari.

Saat sistem imun tubuh kuat, proses penyembuhan luka atau penyakit yang Anda alami juga bisa lebih cepat. Kedua, kolesterol jahat atau kolesterol LDL bisa turun saat Anda mengonsumsi kulit manggis secara rutin. Artinya, tekanan darah Anda juga bisa lebih stabil.

Hal itu membuat pembuluh darah menjadi lebih sehat sehingga kesehatan jantung Anda akan terjaga. Manfaat kulit manggis ketiga yang disebutkan oleh Health Medicines adalah bahan alami itu bisa mencegah diare dan radang usus saat Anda mengonsumsinya secara rutin.

Keempat, antioksidan dalam kulit manggis mampu mengurangi tanda-tanda penuaan dini di kulit, seperti kerutan dan noda hitam. Hasilnya, kulit menjadi terlihat lebih muda. Kelima, kulit manggis juga mampu meredakan nyeri haid yang dialami wanita tiap bulan.

Baca juga: Mahasiswa Riau ini Sulap Kulut Pisang dan Daun Petai Jadi Obat Luka

Baca juga: Ayu Pani, Atlet Anggar Cantik dari Siak Riau

Cara Membuat Teh Kulit Manggis.

Tribuners bisa membuat teh kulit manggis dengan cara yang mudah.

Pertama rebus kulit manggis dalam air hingga mendidih. Agar rasanya lebih lezat, Anda bisa menambah madu atau gula. Health Medicines mengatakan bahwa madu dan gula tak mengganggu khasiat yang dimiliki kulit manggis.

Selain merebus kulit manggis secara langsung, Anda juga bisa mengeringkan kulit manggis sehingga bahan alami itu bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Pertama, jemur kulit manggis lalu potong menjadi bagian yang lebih kecil.

Anda bisa menyimpan kulit manggis di wadah yang kering dan tertutup rapat agar tak ada jamur yang tumbuh dan berkembang di sana. Saat Anda ingin mengonsumsinya, rebus kulit manggis yang sudah dikeringkan lalu minum air rebusan tersebut agar kesehatan tubuh terjaga.

--
sumber: Kontan.co.id

Sumber: Kontan
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved