VIDEO: 2000 Orang Antusias Ikuti Vaksinasi Massal di Gelanggang Remaja Pekanbaru

Sekitar 2000 orang yang dibagi menjadi 3 sesi mengikuti vaksinasi covid-19 yang berlangsung di Gelanggang Remaja, Kota Pekanbaru, Senin (1/3/2021).

VIDEO: 2000 Orang Antusias Ikuti Vaksinasi Massal di Gelanggang Remaja Pekanbaru

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Sekitar 2000 orang yang dibagi menjadi 3 sesi mengikuti vaksinasi covid-19 yang berlangsung di Gelanggang Remaja, Kota Pekanbaru, Senin (1/3/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan vaksinasi ini merupakan vaksinasi untuk tahap II yang diperuntukan bagi petugas pelayan publik akan dilakukan secara bertahap. Sebab jumlah penerima vaksin pada kelompok kedua ini jumlahnya mencapai 925 ribu.

Mereka terdiri dari TNI/Polri, tenaga pendidik, pegawai pemerintah baik yang vertikal maupun dilingkungan pemerintah daerah, atlet, tokoh agama, pedagang pasar serta wartawan atau pekerja media.

"Dilakukan secara bertahap, karena vaksinator kita terbatas, dosis vaksin kita juga terbatas, jadi pelaksanaanya tidak mungkin sekaligus. Karena jumlah petugas pelayanan publik di Riau itukan jumlahnya sampai 925 ribu ini tidak mungkin langsung semua," kata Mimi saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di GOR Pekanbaru, Senin (1/3/2021).

Mimi mengungkapkan, pelaksanaan vaksinasi massal yang dilakukan di GOR Pekanbaru ini adalah untuk memancing masyarakat, bahwa vaksin aman dan halal. Sedikitnya ada 2000 an orang yang ikut dalam program vaksinasi massal ini.

Tingginya antusias masyarakat yang ikut dalam vaksinasi massal ini, pihaknya optimis pelaksanaan vaksinasi di Riau bisa berjalan sesuai target yang ditetapkan.

"Vaksinasi massal ini kita lakukan untuk memitovasi yang lainnya untuk sama-sama ikut divaksinasi. Alhamdulillah untuk vaksinasi pertama tahap ke II ini antusianya luar biasa," ujar Mimi.

Mimi menegaskan, setelah hari ini divaksi, maka para penerima vaksin wajib melakukan vaksinasi dosis kedua yang akan dilakukan 14 hari kedepan. Namun untuk lokasi vaksinasinya tidak lagi dipusatkan di GOR Pekanbaru. Tapi dilakukan dimasing-masing rumah sakit, dimana yang bersangkutan divaksin oleh petugas rumah yang sudah ditunjuk pada vaksinasi massal di GOR Pekanbaru.

"Vaksin kedua, 14 hari setelah dilakukan suntikan pertama, untuk vaksin kedua itu nanti dilakukan di rumah sakit dimana yang bersangkutan dilakukan penyuntikan saat vaksin pertama. Misalnya, hari si A hari ini disuntik vaksin oleh petugas dari RSUD Arifin Ahmad di GOR ini, nah untuk vaksin kedua maka si A ini vaksin keduanya dilakukan di RSUD Arifin Ahmad. Tidak di GOR ini lagi," katanya.

Vaksinasi tahap dua ini melibatkan vaksinator dari sejumlah rumah sakit daerah maupun swasta yang ada di Pekanbaru. Diantaranya RSUD Arifin Achmad, RSUD Petala Bumi, RSJ Tampan, RS Bhayangkara, RS Prima, RS Tentara, RS Eka Hospital, Awal Bros dan RS Syafira.

Ikuti kami di
Penulis: Aan Ramdani
Editor: Aan Ramdani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved