Atasi Karhutla di Riau, KLHK Pinjamkan Helikopter Bell-412

Tim Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Riau mendapatkan bantuan 1 unit helikopter tipe Bell-412 dari KLHK

Istimewa
Tim Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla) Provinsi Riau mendapatkan bantuan 1 unit helikopter tipe Bell-412 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). 

Untuk Atasi Karhutla di Riau, KLHK Pinjamkan Helikopter Bell-412

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Tim Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla) Provinsi Riau mendapatkan bantuan 1 unit helikopter tipe Bell-412 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Helikopter Bell-412 ini nantinya dapat digunakan oleh Satgas Penanganan Karhutla Riau dalam melakukan patroli udara ataupun pemadaman titik api dari udara, pasca ditetapkannya status siaga darurat Karhutla Riau oleh Gubernur Riau selama 259 hari terhitung tanggal 15 Februari-31 Oktober 2021.

"Dukungan helikopter dari KLHK ini untuk membantu kerja patroli atau pemantauan udara, pemadaman udara atau water boombing, dan evakuasi penyelamatan. Selain itu dalam waktu dekat KLHK bersama BNPB, BPPT, TNI Angkatan Udara, BMKG dan BPBD Riau juga akan melakukan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di wilayah Riau dan sekitarnya," kata Direktur PKHL KLHK, Basar Manullang, Senin (1/3/2021) di Pekanbaru, Riau.

TMC bertujuan membasahi kawasan gambut, mengisi embung, kanal dan kolam retensi untuk menekan meluasnya karhutla. Selain juga untuk mendukung upaya pemadaman oleh tim darat di daerah rawan yang minim pasokan air.

Dalam kesempatan perdana tugas kerja helikopter KLHK di Provinsi Riau, langsung dilakukan patroli udara dan pengecekan karhutla ke beberapa titik diantaranya Karya Indah (Kampar), Pematang Pudu, (Bengkalis), Lubuk Gaung (Dumai), Bukit Timah (Dumai), Pergam Rupat (Bengkalis), Tanjung Leban (Bengkalis), dan SM. Giam Siak Kecil, Bengkalis.

Di beberapa lokasi titik api sudah berhasil dipadamkan, dan pada lokasi lainnya masih terlihat tim satgas Dalkarhutla melakukan proses pendinginan. Seluruh anggota satgas tampak saling bekerjasama di garda terdepan.

Baca juga: 4 Jenis Vaksin Covid-19 yang Disiapkan Pemerintah Indonesia

Baca juga: 24 Persen Vaksin Covid-19 Tahap II di Kota Pekanbaru Untuk Lansia

Untuk operasi penanggulangan dari darat, KLHK telah menyiagakan 239 anggota Manggala Agni (MA) di lima wilayah Daerah Operasi (Daops) untuk wilayah Provinsi Riau, termasuk Kepulauan Riau.

Manggala Agni bersama tim Satgas Karhutla lainnya, terdiri dari TNI, Polri, BNPB, BPBD, Swasta, BMKG, BPPT, MPA, dan kelompok masyarakat lainnya melaksanakan kerja pengendalian sebagai bagian dari tindak lanjut arahan Presiden RI Joko Widodo.

Ada 6 poin arahan Presiden Jokowi tentang pengendalian karhutla yang disampaikan di Istana Negara tanggal 22 Februari 2021 lalu. Diantaranya prioritaskan upaya pencegahan, melalui deteksi dini, monitoring areal rawan hotspot, dan pemantauan kondisi harian di lapangan.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Aan Ramdani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved