82 Hektar Lahan dan Hutan di Dumai Riau Terbakar

Tercatat 80,35 hektare lahan dan hutan di Kota Dumai terbakar hingga Minggu 28 Februari 2021. Paling luas di Kecamatan Sungai Sembilan seluas 62,59 he

Editor: Aan Ramdani
Istimewa
Sejumlah personil satgas darat penanganan kebakaran hutan dan lahan di Dumai sedang melakukan pendinginan titik api 

82 Hektar Lahan dan Hutan di Dumai Riau Terbakar

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Tercatat 80,35 hektare lahan dan hutan di Kota Dumai terbakar hingga Minggu 28 Februari 2021.

Data tersebut berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Dumai.

Kepala Pelaksana BPBD Dumai, Afrilagan merincikan lahan paling banyak terbakar di Kecamatan Sungai Sembilan sekitar 62,59 hektar lahan.

Kemudian dui Kecamatan Medang Kampai sekitar 9,01 hektar.

Lalu Kecamatan Bukit Kapur 3,5 hektar, Kecamatan Dumai Selatan 0,25 hektar, Dumai Barat 2 Hektar, dan Dumai Timur 5 Hektare.

"Jadi totalnya hingga Minggu kemarin sekitar 80,35 yang terbakar" kata Kepala BPDD Dumai Afrilagan kepada tribunpekanbaru.com, Senin (1/3/2021).

Afrilagan mengatakan saat ini tim Satgas Karhutla Kota Dumai, sedang fokus dalam upaya pemadaman di beberapa titik api sekaligus melakukan pendinginan.

Baca juga: 4 Jenis Vaksin Covid-19 yang Disiapkan Pemerintah Indonesia

Baca juga: Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Peraih Penghargaan Antikorupsi yang Ditangkap KPK

"Kita prediksi lahan yang terbakar akan bertambah, mengingat masih ada titik api yang ditemukan hari ini (Senin ) di Kelurahaan Mundam Kecamatan Medang Kampai dan di kelurahaan Lubuk Gaung Kecamatan Sungai Sembilan," sebutnya.

Lebihlanjut dijelaskan Afrilagan dalam proses pemadaman banyak kendala yang dijumpai.

Diantaranya kondisi cuaca panas, dan lahan gambut serta angin kencang menyulitkan tim untuk melakukan pemadaman dan pendinginan.

Afrilagan menyebutkan kondisi lahan gambut memang membuat lahan mudah terbakarm dan sulit untuk dipadamkan. Disaat sore api sudah berhasil dipadam, namun saat malam hari api bisa kembali menjalar dan meluas ditambah dengan tiupan angin.
"Kita meminta doa nya lah kepada masyarakat untuk bersama-sama membantu upaya pemadaman dan pendinginan di lokasi karhutla, ‎semoga hujan bisa segera turun," harapnya.

Selain itukepada Camat dan Lurah se-Kota Dumai beserta seluruh jajarannya agar proaktif menjaga lingkungan dan melaporkan sekiranya ada hotspot/titik api kepada Posko Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan BPBD Kota Dumai agar dilakukan tindakan cepat pencegahan dan pemadaman.

"Kita mengucapkan terima kasih kepada Polda Riau dan beberapa pihak perusahaan yang ikut membantu dalam penanganan Karhutla Di Dumai," pungkasnya.

--

(tribunpekanbaru.com)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved