Karhutla di Riau Semakin Meluas, Sudah 382,55 Hektare Terbakar

Kebakaran hutan dan lahan atau karhutla di Riau semakin meluas, data dari BPBD Riau sudah382,55 Hektare Terbakar

Editor: Aan Ramdani
Istimewa
Upaya pendinginan titik api dilakukan oleh Manggala Agni disalah satu kebakaran yang terjadi di Riau 

Karhutla di Riau Semakin Meluas, Sudah 382,55 Hektare Terbakar

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM- Karhutla atau Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Riau semakin meluas.

Kondisi ini membuat petugas yang berada dibawah satgas penanganan kebakaran hutan dan lahan di Riau harus ekstar kerja keras untuk melakukan pemadaman.

Angin kencang dan cuaca kering, serta lahan yang bergambut menjadi tantangan berat bagi petugas di lapangan. Mereka pun harus adu cepat dengan si jago merah arah tidak terus merambat ke lahan lain disekitarnya.

Dari laporan yang diterima Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, mencatat sejak awal Januari hingga saat ini total luas lahan yang terbakar di Riau sudah mencapai seluas 382,55 hektare (Ha).

"Saat ini kebakaran lahan di Riau sudah terjadi di sembilan kabupaten kota. Tersisa tiga kabupaten lagi yang masih nihil Karhutla, Rohul, Kuansing dan Pekanbaru, mudah-mudahan ini bisa kita lakukan pencegahan sehingga tidak ada lagi terjadi Karhutla," kata Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger, Minggu (28/2/2021).

Sedangkan kabupaten yang paling luas terjadi Karhutla adalah kabupaten Bengkalis, yakni 102,65 ha. Kemudian Kota Dumai 79,85 ha, Inhil 73,5 ha, Siak 54,5 ha, Pelalawan 31 Ha, Meranti 14 ha, Inhu 12 ha,, Rohil 11 Ha dan Kampar 3,55 Ha.

Edwar mengungkapkan, saat ini petugas gabungan masih berjibaku melakukan pemadaman api di sejumlah wilayah yang masih terjadi Karhutla. Diantaranya Desa Dungun, Rupat, Bengkalis. Di lokasi ini kebakaran lahan sudah berlangsung hingga 7 hari.

Baca juga: Warung Dapurasa , Rumah Makan Khas Meda di Pekanbaru

Baca juga: Hydrographics Pekanbaru, Tempat Water Transfer Printing

"Saat ini petugas masih melakukan proses pendinginan karena masih titik asap yang mengepul," ujarnya.

Selain itu, petugas juga masih melakukan upaya pemadaman di Desa Penebal, Bengkalis, Desa Bulu Apo, Kecamatan Pinggir Bengkalis. Kemudian di Kelurahan Lubuk Gaung Kecamatan Sungai Sembilan Dumai. Serta di Kecamatan Tualang, Siak dan di Sungai Apit.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved