Kampung Melayu Tionghoa di Pekanbaru

Kampung Melayu Tionghoa yang ada di Jalan Karet ( kini Jalan Dr.Leimena), Kelurahan Sago, kecamatan Senapelan,Kota Pekanbaru, Riau.

tribunpekanbaru.com
Suasana Jalan Karet Pekanbaru saat menyambut tahun baru imlek 2020 lalu. (dok.tribunpekanbaru.com) 

Kampung Melayu Tionghoa di Pekanbaru

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - di Kota-Kota besar di Indoesnia biasanya terdapat perkumpulan warga keturunan Tionghoa.

Karena memang kehadiran warga Tionghoa ini sudah ada sejak sebelum Indonesia merdeka.

Bahkan hasil penelitian juga memperlihatkan bahwa historiografi atau penulisan sejarah Indonesia tidak lepas dari peran bangsa China di Indonesia. Aktivitas kerajaan di Nusantara misalnya, yang sudah terekam dalam jurnal atau catatan penjelajah China sejak abad ke-4 hingga abad ke-7. Dengan demikian, tidak heran jika kemudian aktivitas masyarakat Tionghoa di Nusantara juga berkembang.

di Kota Pekanbaru keberadaan suku Tionghoa juga sangat mudah untuk di jumpai.

Tribuners juga bisa berkunjung ke Kampung Melayu Tionghoa yang ada di Jalan Karet ( kini Jalan Dr.Leimena), Kelurahan Sago, Kecamatan Senapelan,Kota Pekanbaru, Riau.

Lokasi Kampung Melayu Tionghoa ini berada dekat dengan Pasar Wisata Pasar Bawah dan Pasar Sago.

di sepanjang Jalan Karet sekitar 100 meter dikiri dan kanan terdapat bangunan ruko. Masih cukup banyak pula bangunan ruko dengan arsitektur tua yang berdiri sejak puluhan tahun lalu.

Lokasi sekitar Pasar bawah ini memang menjadi saksi bisu perkembangan Kota Pekanbaru sebelum menjadi Kota Metropolitan seperti sekarang ini.

Kampung Melayu Tionghoa ini juga menjadi pusat berbagai kegiatan hari besar keagamaan seperti Tahun Baru Imlek, Cap Go Meh, Waisak, sampai kegiatan budaya dan seni lainnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Aan Ramdani
Editor: Aan Ramdani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved