Nelayan Tradisional Panen Ikan di Taman Nasional Zamrud Siak

Rasa gembira terlihat dari 2 kelompok Tani Nelayan Hutan yakni, KTNH Danau Zamrud dan KTNH Taman Nasional Zamrud kala keduanya panen raya ikan

Istimewa
Bupati Siak Alfedri dan Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono ikut memanen ikan hasil budidaya kelompok Tani Nelayan Hutan di Taman Nasional Zambrud 

Nelayan Tradisional Panen Ikan di Taman Nasional Zamrud Siak

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Rasa gembira terlihat dari 2 kelompok Tani Nelayan Hutan atau KTNH yakni, KTNH Danau Zamrud dan KTNH Taman Nasional Zamrud kala keduanya panen raya ikan  pada, Rabu (10/12/2021).

Kegiatan panen raya ikan ini pun turut dihadiri oleh Bupati Siak, Alfedri dan Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono.

Kedua kelompok tersebut merupakan mitra konservasi. Peresmian dibukanya panen raya ikan hasil budidaya secara alami di Zona Pemanfaatan Tradisional Taman Nasional Zamrud. Usaha budidaya ikan ini merupakan sinergi bersama antara Balai Besar KSDA Riau, Pemerintah Daerah Kabupaten Siak, dan Badan Restorasi Gambut.

Ikan yang dibudidayakan merupakan jenis ikan khas gambut yaitu Tapah, Toman dan Baung. Bantuan bibit ikan merupakan bantuan ekonomi produktif masyarakat yang berasal dari Balai Besar KSDA Riau Tahun 2020 dan dari Badan Restorasi Gambut tahun 2019.

Baca juga: Hijaunya Suaka Margasatwa Rimbang Baling

Baca juga: 10 Suaka Margasatwa di Riau

Tiap KTNH dipanen raya tersebut dapat memanen ikan mencapai 500 kg, dengan harga pasar rata rata 100 ribu per kg.

"Ini adalah salah satu upaya Balai Besar KSDA Riau bersama para pihak untuk meningkatkan pendapatan nelayan tradisional yang telah bertahun-tahun beraktivitas di kawasan Taman Nasional Zamrud. Tentunya juga untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian nelayan agar dapat turut serta menjaga dan melestarikan keutuhan ekosistem Taman Nasional Zamrud," jelas Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono .

Suharyono berharap niat tulus Balai Besar SDA Riau bersama Pemkab Siak dan Badan Restorasi Gambut di masa pandemi covid 19 untuk ikut serta memperhatikan kesejahteraan masyarakat sekitar kawasan konservasi.

Baca juga: Keindahan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Baca juga: Gajah Sumatra Jinak di Taman Nasional Tesso Nilo Lahirkan Bayi Jantan

Ikuti kami di
Penulis: Aan Ramdani
Editor: Aan Ramdani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved