Perayaan Imlek di Pekanbaru Digelar Sederhana, Omset Pedagang Pernak-Penik Menurun

Warga Pekanbaru keturunan tionghoa menyambut tahun baru Imlek tahun 2571/2021 secara sederhana karena pandemi covid-19.

tribunpekanbaruwiki.com
Suasana satu hari jelang Tahun baru Imlek di Toko Lotus 168 Jalan Juanda Pekanbaru, Kamis 11 Februari 2021 

Perayaan Imlek di Pekanbaru Digelar Sederhana, Omset Pedagang Pernak-Penik Menurun

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM- Warga Pekanbaru keturunan tionghoa tidak akan menggelar perayaan imlek bersama pada tahun 2572 atau 2021 ini, perayaan hanya akan dilakukan secara sederhana mengingat pandemi covid-19 masih terjadi.

Diamasa pandemi ini mereka lebih memilih merayakan imlek bersama keluarga inti saja.

Disamping itu mengurangi bepergian untuk berkunjung kerumah kerabat yang ada diluar daerah.

Pembeli sedang memilih perlengkapan untuk perayaan Imlek di Toko Perlengkapan Sembahyang di Jalan Juanda Pekanbaru, Kamis 11 Februari 2021
Pembeli sedang memilih perlengkapan untuk perayaan Imlek di Toko Perlengkapan Sembahyang di Jalan Juanda Pekanbaru, Kamis 11 Februari 2021 (tribunpekanbaruwiki.com)

Satu diantaranya adalah Romi, warga kecamatan Tenayan Raya yang sedang membeli perlengkapan sembahyang di Jalan Juanda kepada tribunpekanbaru.com menjelaskan suasana perayaan Imlek kali ini juh berbeda.

Jika tahun lalu ia lebih bebas untuk bersilaturahmi mengujungi sanak saudara maka tahun ini ia akan fokus beribadah dan lebih mawas diri. Sedangkan silaturahmi akan dilakukan secara virual.

Dengan kondisi seperti ini maka pengeluaran untuk perayaan Imlek pun menurun. Mulai dari pembelian pernak pernik, perlengkapan sembahyang dan konsumsi ia beli secukupnya saja.

Baca juga: Perayaan Imlek Bersama 2021 di Pekanbaru Riau Ditiadakan

Baca juga: Riau Segera Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla 2021

"Pasti dibatesi kita beli keperluan secukupnya saja. Kalau tahun lalu kitakan ada open house, makan bersama, kumpul bersama kalau tahun inikan tidak jadi kalau untuk penurunan yang kita beli sudah pasti. Apalagi kita juga harus berhemat dimasa pandemi inikan," jelas Romi, Kamis (11/2/2021) kepada tribunpekanbaruwiki.com.

Akibat kondisi pandemi covid-19 ini juga berpengaruh terhadap penjualan perlengkapan imlek . Seperti halnya yang dirasakan oleh Rudi pemilik toko Lotus 168 penyedia perlengkapan sembahyang di Jalan Juanda Pekanbaru.

Menurut Rudi tiga hari jelang tahun baru imlek tokonya ini ramai didatangi pembeli.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Aan Ramdani
Editor: Aan Ramdani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved