Riau Segera Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla 2021

Pemerintah Riau akan menetapkan status siaga darurat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) 2021 seiring terjadinya karhutla di beberapa daerah di Riau

Istimewa
Pemadaman Kebakaran baru-baru ini disalah satu titik karhutla di Riau 

Riau Segera Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla 2021

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Pemerintah Riau akan segera menetapkan status siaga darurat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) 2021 seiring terjadinya karhutla di beberapa Kabupaten/Kota di Riau.

Rencana penetapan status siaga darurat karhutla ini disampaikan oleh Gubernur Riau, Syamsuar usai menghadiri rapat khusus karhutla yang dipimpin oleh Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam)  Republik Indonesia secara virtual di Gedung Daerah Pekanbaru.

"Laporan BMKG beberapa wilayah di Riau sudah masuk musim panas, karena itu kita akan segera menetapkan status siaga darurat Karhutla," kata Gubernur Riau, Syamsuar.

Menurut Gubernur Riau, Syamsur penetapan siaga darurat karhutla ini syaratnya minimal 2 kabupaten/kota yang terjadi karhutla lebih dahulu menetapkan status siaga darurat karhutla tersebut.

"Dalam bulan ini kita tetapkan status siaga darurat Karhutla Riau 2021. Kita minta dulu kabupaten/kota menetapkan status. Karena syaratnya minimal harus dua kabupaten/kota menetapkan, baru provinsi menetapkan," ujarnya. 

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, tercatat sudah empat daerah yang sudah ditemukan Karhutla. Yakni Kota Dumai, Kabupaten Siak, Bengkalis, dan Rokan Hilir.

Baca juga: Hari Pers Nasional 2021

Baca juga: Tumpukan Batu Peninggalan Abad Ke-14 Ditemukan di Makam Datuk Gigi Putih Desa Temiang Riau

Saat ini di Riau terpantau ada 18 titik api di beberapa daerah. Dari titik itu, terdapat 50 hektare lahan yang sudah terbakar.

Gubri Syamsuar berharap empat daerah yang sudah terjadi Karhutla ini segera menetapkan status siaga Karhutla di tingkat kabupaten. Dengan ditetapkannya status siaga darurat Karhutla di tingkat kabupaten, bisa dijadikan sebagai dasar bagi Pemprov Riau untuk menetapkan status siaga darurat Karhutla di tingkat provinsi. 

"Makanya kita dorong  empat kabupaten/kota ini segera menetapkan status siaga darurat Karhutla di tingkat kabupaten kota. Sehingga kami bisa menindaklanjutinya dengan menetapkan status siaga di tingkat provinsi," katanya.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Aan Ramdani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved