Riau Segera Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla 2021

Pemerintah Riau akan menetapkan status siaga darurat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) 2021 seiring terjadinya karhutla di beberapa daerah di Riau

Editor: Aan Ramdani
Istimewa
Pemadaman Kebakaran baru-baru ini disalah satu titik karhutla di Riau 

Riau Segera Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla 2021

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Pemerintah Riau akan segera menetapkan status siaga darurat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) 2021 seiring terjadinya karhutla di beberapa Kabupaten/Kota di Riau.

Rencana penetapan status siaga darurat karhutla ini disampaikan oleh Gubernur Riau, Syamsuar usai menghadiri rapat khusus karhutla yang dipimpin oleh Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam)  Republik Indonesia secara virtual di Gedung Daerah Pekanbaru.

"Laporan BMKG beberapa wilayah di Riau sudah masuk musim panas, karena itu kita akan segera menetapkan status siaga darurat Karhutla," kata Gubernur Riau, Syamsuar.

Menurut Gubernur Riau, Syamsur penetapan siaga darurat karhutla ini syaratnya minimal 2 kabupaten/kota yang terjadi karhutla lebih dahulu menetapkan status siaga darurat karhutla tersebut.

"Dalam bulan ini kita tetapkan status siaga darurat Karhutla Riau 2021. Kita minta dulu kabupaten/kota menetapkan status. Karena syaratnya minimal harus dua kabupaten/kota menetapkan, baru provinsi menetapkan," ujarnya. 

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, tercatat sudah empat daerah yang sudah ditemukan Karhutla. Yakni Kota Dumai, Kabupaten Siak, Bengkalis, dan Rokan Hilir.

Baca juga: Hari Pers Nasional 2021

Baca juga: Tumpukan Batu Peninggalan Abad Ke-14 Ditemukan di Makam Datuk Gigi Putih Desa Temiang Riau

Saat ini di Riau terpantau ada 18 titik api di beberapa daerah. Dari titik itu, terdapat 50 hektare lahan yang sudah terbakar.

Gubri Syamsuar berharap empat daerah yang sudah terjadi Karhutla ini segera menetapkan status siaga Karhutla di tingkat kabupaten. Dengan ditetapkannya status siaga darurat Karhutla di tingkat kabupaten, bisa dijadikan sebagai dasar bagi Pemprov Riau untuk menetapkan status siaga darurat Karhutla di tingkat provinsi. 

"Makanya kita dorong  empat kabupaten/kota ini segera menetapkan status siaga darurat Karhutla di tingkat kabupaten kota. Sehingga kami bisa menindaklanjutinya dengan menetapkan status siaga di tingkat provinsi," katanya.

Tim Gabungan Padamkan Titik Api di Bengkalis

Upaya pemadaman karhutla dilakukan tim gabungan di Kabupaten Bengkalis. Ada 3 titik kebakaran di Kabupaten ini, masing-masing  di Desa Darul Aman Kecamatan Rupat, Desa Tanjung Leban Kecamatan Bandar Laksamana dan di Desa Muntai Kecamatan Bantan.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Bengkalis Tajul Mudarris, Selasa (9/2/2021) menjelaskan lahan terbakar di desa Darul Aman seluas satu hektare.

Upaya pemadaman dilakukan hingga petang kemarin, sekarang kondisi di lapangan sudah menyisakan asap dan dilakukan pendinginan oleh petugas gabungan.

Kemudian di titik kebakaran ke 2 , masih dalam upaya pemadaman terjadi di desa Tanjung Leban tepatnya di dusun Bukit Lengkung Kecamatan Bandar Laksamana.

Baca juga: Bolu Dam, Bolu Motif Papan Catur Asal Bengkalis Riau

Baca juga: Mengenal Tari Zapin di Kampung Zapin di Desa Meskom Bengkalis Riau

Pada titik ini luas lahan terbakar sudah mencapai 13 hektare lebih dan masih dilakukan upaya pendinginan.

"Untuk pemadaman di sana tim gabungan kita terkendala dengan akses jalan yang sulit. Serta butuh waktu yang lama untuk sampai ke lokasi Karhutla," terang Tajul.

Menurut dia, meskipun demikian petugas gabungan Karhutla Bengkalis masih terus berupaya melakukan pemadaman dan pendinginan. Serta pihaknya terus berkoordinasi dengan stake holder terkait untuk membantu pemadaman.

Sedangkan Karhutla di Kecamatan Bantan terjadi tepatnya di Desa Muntai Barat, baru muncul siang kemarin sekitar pukul 14.50 WIB. Petugas gabungan dan masyarakat saat itu langsung melakukan pemadaman saat mengetahui adanya lahan terbakar di sana. 

Luas lahan terbakar saat pertama diketahui kemari sekitar setengah hektar dan luas lahan terbakar sekitar setengah hektar. "Sampai sekarang petugas masih melakukan upaya pemadaman di lokasi," tambahnya.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved