Penjelasan Dosen Teknik Perminyakan  Tentang Semburan Gas di Pesantren Al Ihsan Pekanbaru

Penjelasan Dosen Teknik Perminyakan  Universitas Islam Riau Fitrianti Tentang Semburan Gas di Pesantren Al Ihsan Pekanbaru

tribunpekanbaruwiki.com
Semburan Gas di Pondok Pesantren Al Ikhsan menyebabkan sejumlah bangunan rusak. (foto : Doddy Validmir) 

Oleh Hj. Fitrianti M.T
Dosen Teknik Perminyakan Universitas Islam Riau

Penjelasan Dosen Teknik Perminyakan  Tentang Semburan Gas di Pesantren Al Ihsan Pekanbaru

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - -Fenomena semburan gas di areal Pondok Pesantren Al-Ihsan Tenayan Raya, Pekanbaru perlu kajian mendalam. Ini guna mengetahui penyebab semburan tersebut.

Bermacam analisa bisa saja muncul. Kajian yang dilakukan adalah untuk mengetahui komposisi fluida yang menyembur dari dalam tanah.

Melihat fenomena yang terjadi dan dihubungkan dengan teori, ada dua langkah yang mesti dilakukan. Pertama, seperti disebutkan di awal, bahwa komposisi fluida atau gas cair dan padatan atau solid yang keluar harus diketahui.

Kedua, jika melihat dari tinggi semburan, sepertinya pressure atau tekanan tidak terlalu besar. Sehingga berkemungkinanan, fenomena ini adalah jebakan gas permukaan yang terbentuk dari penguapan bahan-bahan yang tertimbun dulunya. Tetapi, bisa juga karena adanya shallow gas atau gas dangkal.

Di samping itu, harus pula dilihat dari sisi geologi lingkungan sekitar. Guna mengetahui kemungkinan adanya permeabel serta lapisan tudungnya. Sehingga berpotensi menjadi jebakan fluida. Maka ketika pemboran sumur itu menembus lapisan tudung tadi, maka menyemburlah fluida tersebut karena adanya tekanan.

Dari beberapa hal yang disampaikan di atas, tetap yang terutama adalah mengetahui komposisi fluida yang keluar.

Terhadap gas yang keluar, perlu diteliti presentase kadar alkana, metana, etana. Bahkan kalau ada sampai propana, hingga butana dan seterusnya.

Kemudian pada cairannya, perlu dilihat apakah  hidrokarbon atau air (H2O). Terhadap solid, lumpurnya bisa saja berasal dari pengikisan lapisan tanah dinding sumur oleh fluida yang mengalir.

--
(tribunpekanbaru.com/Fernando Sihombing)

.

Ikuti kami di
Editor: Aan Ramdani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved