Daftar 6 Daerah di Indonesia yang Akan Terapkan Tilang Elektronik, Termasuk Riau

Berikut ini 6 Daftar daerah di Indonesia yang akan menerapkan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement ETLE) satu diantaranya di Riau

tribunpekanbaru.com
Polisi Wanita (Polwan) melakukan aksi Operasi Simpatik menggunakan songket khas Provinsi Riau di lampu merah, Jalan Gajah, Mada Pekanbaru, Senin 13 April 2015 

Daftar 6 Daerah di Indonesia yang Akan Terapkan Tilang Elektronik, Termasuk Riau

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Sistem Tilang elektronik atau ETLE ( electronic traffic law enforcement ). akan mulai dilakukan di 6 Daerah di Indonesia untuk tahap awal.

sistem tilang elektronik ini merupakan salah satu langkah cepat yang diambil Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam program 100 hari pertama sebagi Kapolri.

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Kakorlantas Irjen Pol Istiono mengatakan, pengembangan ETLE diharapkan dapat memberi dampak positif pada pelayanan lalu lintas yang lebih efisien, mudah, dan tepat.

"Sesuai arahan Pak Kapolri salah satu arahanya dibidang lalulintas, dan penataan hukum yang berbasis IT dibidang lalu lintas. Khusus penegakan hukum dibidang IT ini kita tindak lanjut dengan program penegakan hukum yang kita sebut ETLE (tilang elektronik)," jelas Kakorlantas Irjen Pol Istiono.

Nantinya Satgas ETLE yang telah dibentuk akan meluncurkan aplikasi untuk menerapkan tilang elektronik ini.

Diantaranya ada 6 Polda yang akan menerapkan tilang elektronik untuk tahap awal ini yakni Polda Metro Jaya , Jawa Barat , Jawa Tengah, Jawa Timur, Riau dan Yogyakarta pada maret 2021.

Baca juga: Daftar 10 Tanaman Obat yang Bisa Ditanam Sendiri

Baca juga: Kompol IZ Oknum Perwira Polisi di Riau Jadi Kurir Sabu 16 Kg

Nantinya akan dilanjutkan pada bulan berikutnya sekaligus persiapan dalam pengamanan arus mudik tahun 2021.

Lokasi penambahan ETLE rencananya juga menyasar wilayah di Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Jambi, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Bali, Banten, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, NTT dan Kepulauan Riau. “Nantinya launching sendiri akan dipimpin oleh bapak Kapolri,” kata Istiono.

Pemakaian ETLE DKI Jakarta mulai menerapkan tilang elektronik pada November 2018 lalu. Hanya sepekan tercatat ada 62 pelanggar lalu lintas yang terjaring. Tilang elektronik kemudian menyusul di sejumlah kota, mulai dari Makassar, Surabaya, Semarang, dan Solo.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Aan Ramdani
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved