Daftar 10 Tanaman Obat yang Bisa Ditanam Sendiri

Berikut ini Daftar 10 Tanaman Obat yang Bisa Ditanam Sendiri di Halaman Rumah , tanaman obat ini cukup familiar dan mungkin sering anda gunakan

Editor: Aan Ramdani
Istimewa
Daun Kumis Kucing 

Daftar 10 Tanaman Obat yang Bisa Ditanam Sendiri

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Jika ditanya tentang tanaman obat , tentu tribuners pasti bisa menyebutkan beberapa diantaranya karena cukup familiar.

Bahkan tanaman obat ini sering dijumpai di halaman rumah. Masyarakat Indoensia pada umumnya mengenal tanaman obat ini guna meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup.

Tanaman obat ini meliputi tumbuhan yang sebagian atau seluruh isi tanaman tersebut, seperti daun, batang, buah, umbi (rimpang), hingga akar digunakan sebagai obat, bahan, atau ramuan obat-obatan.

Tentu tanaman obat ini memiliki manfaat masing-masing bagi kesehatan dalam mengobati berbagai macam penyakit.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat di Wajah dengan CIT

Baca juga: Kenali Dua Jenis Komedo dan Cara Mengatasinya

Dikutip tribunpekanbaruwiki.com dari kompas.com, menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, ada beberapa bagian dari tanaman obat yang dapat digunakan untuk keperluan yang berbeda-beda, di antaranya:

-Tanaman atau bagian tanaman yang digunakan sebagai bahan obat herbal atau jamu.
-Tanaman atau bagian tanaman yang digunakan sebagai bahan utama bahan baku obat.
-Tanaman atau bagian tanaman yang diekstraksi dan ekstrak tanaman tersebut digunakan sebagai obat.

Berikut ini Daftar 10 Tanaman Obat yang Bisa Ditanam Sendiri

1. jahe

Jahe
Jahe (Istimewa)

Jahe adalah salah satu tanaman obat-obatan populer lantaran telah dikenal lama akan manfaatnya bagi kesehatan.

Jahe mampu mengatasi gangguan pencernaan, seperti sakit perut dan mual-muntah, pusing akibat vertigo, sakit kepala, meringankan nyeri haid, hingga meredakan nyeri sendi, seperti rematik dan osteoarthritis.

Jahe umumnya aman digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Namun, sebaiknya kita tidak mengonsumsinya lebih dari 5 gram atau setara dengan 1 sendok teh setiap harinya.

Mengonsumsi jahe secara berlebihan berisiko meningkatkan berbagai efek samping, seperti perut kembung, sakit perut, heartburn, hingga iritasi pada mulut.

2. kunyit

Kunyit
Kunyit (Istimewa)

Selain sebagai tanaman obat-obatan populer, kunyit umumnya digunakan sebagai bumbu dapur, jamu, hingga kecantikan. Manfaat kunyit bagi kesehatan tak terlepas dari zat kurkumin yang terkandung di dalamnya.

Manfaat kunyit bagi kesehatan mulai dari sebagai antiradang dan antioksidan, menjaga kesehatan sistem pencernaan, menurunkan kolesterol, menurunkan kadar gula darah, mengurangi risiko penyakit jantung, hingga membantu mencegah kanker.

Kunyit juga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Beberapa efek samping konsumsi kunyit berlebihan dapat memicu kenaikan asam.

Selain itu, asupan kunyit yang terlalu banyak dapat menyebabkan masalah perdarahan. Oleh karenanya, orang yang punya masalah lambung, seperti maag dan GERD (gastroesophageal reflux disease), serta yang sedang rutin menggunakan obat pengencer darah sebaiknya tidak disarankan terlalu banyak mengonsumsi kunyit.

Baca juga: Mantan Anggota Dewan Tekuni Hobi Bercocok Tanaman Hidroponik

Baca juga: Jendral Effendi, Tinggalkan Karir di Bank dan Bangun Usaha Herbal

3. lengkuas

Lengkuas
Lengkuas (Istimewa)

Lengkuas atau dikenal pula dengan nama laos mengandung galangin, beta-sitosterol, dan flavonoid lainnya yang baik bagi tubuh.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved