Puluhan Tahun Warga Dusun Tanah Kuning Riau Impikan Listrik

Warga Dusun Tanah Kuning, Desa Bokor Kecamatan Rangsang Barat Kepulauan Meranti merupakan salah satu wilayah sejak puluhan tahun memimpi

Tribun Pekanbaru
Warga Dusun Tanah Kuning Desa Bokor Riau Gotong Royong 

Puluhan Tahun Warga Dusun Tanah Kuning Riau Impikan Listrik

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Warga Dusun Tanah Kuning, Desa Bokor Kecamatan Rangsang Barat Kepulauan Meranti merupakan salah satu wilayah sejak puluhan tahun lalu yang memimpikan aliran listrik.

Lampu pelita atau menggunakan aki, itulah yang biasa digunakan oleh masyarakat Dusun Tanah Kuning untuk penerangan. Bagi warga yang mampu ada yang menggunakan mesin diesel.

Jumlah warga di Dusun Tanah Kuning ini terdapat 175 Kepala Keluarga yang sejak lama mendambakan kehadiran aliran listrik.

Kabar baiknya, keinginan tersebut akan segera terwujud. Raut wajah gembira tentu saja terpancar dari para warga yang mengetahui kabar ini.

Kegembiraan tersebut terlihat pula kala masyarakat Dusun Tanah Kuning bersatu padu melakukan gotong-royong membersihkan jalur yang akan menjadi tempat berdirinya tiang-tiang jaringan listrik. Pemandangan ini terlihat sejak sepekan lalu.

Baca juga: Atlet Panahan Siak Riau Peroleh 2 Medali Emas di Kejuaraan Jambi Open Archery Tournament 2021

Baca juga: Dokter Gigi Sonya Ajeng Husada

"Masyarakat sangat gembira, ketika pihak PLN berencana membangun jaringan listrik di Tanah Kuning. Karena sebentar lagi, mereka sudah bisa menikmati listrik yang sudah didambakan sejak lama," ungkap Sopandi Anggota DPRD Kepulauan Meranti, asal Desa Bokor Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti ini saat berbincang dengan tribunpekanbaru.com , Senin (1/2/2021).

Oleh karena itu, Anggota DPRD Dapil Rangsang Barat, Tebingtinggi Barat dan Rangsang Pesisir ini mengharapkan kepada pihak PLN agar dapat menggesa penyelesaian pembangunan jaringan listrik di Tanah Kuning. Sehingga bisa segera dialiri listrik nantinya.

"Kami berharap sebelum bulan puasa listrik di Tanah Kuning sudah menyala. Karena saat itu kebutuhan akan listrik sangat tinggi dan penting sekali. Mudah-mudahan pihak PLN bisa merealisasikannya," pungkasnya.

Kepala PLN Ranting Selatpanjang, Ferizal Sukri, melalui Supervesor Teknik, Nofri membenarkan akan dibangun jaringan listrik di Tanah Kuning dengan Jaringan Tegangan Rendah (JTR).

"Panjang jaringan yang kita bangun sekitar 2,5 kilometer. Saat ini, sudah mulai proses memasukkan material JTR ke Tanah Kuning," ujarnya.

Baca juga: Daftar 5 Makanan yang Sebabkan Susah Tidur

Baca juga: Daun Binahong Obat Maag Alami

Terkait kapan akan bisa selesai, Nofri mengaku belum bisa merincikan karena pekerjaan dilakukan oleh pihak ketiga.

"Saat ini pengerjaan belum dimulai. Biasanya untuk pembangunan JTR tidak lama," tambah Nofri.

Terkait target untuk memasukkan daya listrik ke Tanah Kuning, Nofri juga mengaku tidak tau. "Tetapi nantinya JTR di Tanah KUning akan dihubungkan dengan jaringan listrik yang ada di Desa Bokor. Tentunya dengan menyeberangi sungai," pungkasnya.

--
(tribunpekanbaruwiki.com/ Teddy Tarigan)

Ikuti kami di
Editor: Aan Ramdani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved