Mora Siregar, Seniman Kaligrafi Kontemporer di Riau

Mora Siregar , ia merupakan seniman yang fokus pada kaligrafi kontemporer asal Provinsi Riau.

tribunpekanbaru.com
Mora Siregar, Seniman Kaligrafi Kontemporer Asal Riau 

Mora Siregar, Seniman Kaligrafi Kontemporer di Riau

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Mora Siregar , ia merupakan seniman yang fokus pada kaligrafi kontemporer asal Provinsi Riau.

Menurut Mora Siregar, menjadi seorang yang memiliki hasil karya bagus tidak lepas dari kerasnya perjuangan untuk meraih itu. Kesuksesan tidak akan tercapai tanpa ada air mata.

Mora Siregar merupakan seorang pendidik di Pekanbaru, hanya saja ia memiliki keahlian dalam bidang kaligrafi kontemporer, karya Mora Siregar ini sudah tidak diragukan lagi.

Hasil karya Mora Siregar sudah banyak yang memiliki dan bukan orang sembarangan. Diantaranya karya tersebut dimiliki oleh pengurus Mesjid Istiqlal Jakarta yang sudah pernah membeli karyanya.

Konsep kaligrafi yang dihasilkan Mora Siregar ini tidak hanya kaligrafi biasa bertuliskan ayat-ayat Al-Qur'an, melainkan perpaduan tulisan ayat Alquran dengan pemandangan alam.

Baca juga: Kisah Anggota Dewan Riau Dagang Bakso Tak Laku, Sugeng Pranoto

Baca juga: Kisah Bripda Habibi, Polisi Riau yang Nyambi Jualan Mie Aceh di Tembilahan Inhil

Baca juga: Tia Juwita, Wanita Sukses Berbisnis Kerjainan Rotan di Pekanbaru

Seperti misalnya satu karyanya ini sebuah pemandangan lautan dan tebing yang terjal, hanya saja terselip tulisan kaligrafi pada tebing ataupun pada akar kayu, sehingga konsep karya Mora Siregar ini lebih kepada kontemporer.

Ternyata Mora Siregar ini memulai hobinya sudah sejak duduk di sekolah Tsanawiyah dan Aliyah, saat itu ia menimba ilmu di sebuah pondok pesantren di Sumatera Utara.

Di sana, Mora Siregar awalnya belajar membuat kaligrafi di kaca, dengan menggunakan kuas, kanvas dan kaca sebagai media lukisan kaligrafi. Selanjutnya hasil karya itu dibingkai dan biasanya dijadikan untuk oleh-oleh saat libur sekolah di rumah.

Tamat dari pesantren, Mora Siregar pun melanjutkan sekolahnya dengan meraih beasiswa di Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta, disaat kuliah inilah Mora menemukan ilmu kaligrafi lebih banyak.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Aan Ramdani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved