Cara Klinik Gigi King Dental Care Layani Pasien Disaat Pandemi Covid-19

Dental Aerosol Suction Ekstra Oral merupakan salah satu peralatan penting di klinik gigi saat pandemi covid-19 melanda.

Istimewa
King Dental Care gunakan alat Dental Aerosol Suction Ekstra Oral untuk layani paseien ditengah pandemi covid-19 

Cara Klinik Gigi King Dental Care Layani Pasien Disaat Pandemi Covid-19

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Tindakan medis terhadap gigi di masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) cukup berisiko. Potensi penularan sangat dimungkinkan terjadi saat tindakan jika protokol kesehatan tidak diterapkan secara ketat.

Ini karena gigi di dalam mulut serta dekat hidung dan mata yang merupakan organ penularan wabah. Klinik gigi mesti dilengkapi fasilitas dan peralatan untuk mencegah penularan.

Dental Aerosol Suction Ekstra Oral merupakan salah satu peralatan penting di klinik gigi saat pandemi covid-19 melanda. Alat ini memiliki daya sedot berkekuatan tinggi untuk menghisap partikel aerosol dari mulut.

Alat inilah yang dipakai oleh klinik gigi King Dental Care , Klinik Gigi di Pekanbaru yang berlokasi di Jalan Bandeng Nomor 2-G, Marpoyan Damai, Pekanbaru. "Dental Aerosol Suction extra oral sebaiknya wajib digunakan untuk tindakan aerosol," ungkap drg Raja Abrida Wanty, pemilik klinik ini, Rabu (20/1/2021).

Wanty menyebutkan, tindakan aerosol yang bisa menimbulkan percikan air atau droplet seperti Scaling dan tambal gigi. Dental Aerosol Suction terdiri dari corong yang dihadapkan ke wajah pasien.

Alat Dental Aerosol Suction Ekstra Oral penting digunakan oleh klinik gigi saat pandemi covid-19 saat ini untuk memberikan rasa aman kepada dokter dan pasien
Alat Dental Aerosol Suction Ekstra Oral penting digunakan oleh klinik gigi saat pandemi covid-19 saat ini untuk memberikan rasa aman kepada dokter dan pasien (Istimewa)

Baca juga: Kenali Dua Jenis Komedo dan Cara Mengatasinya

Baca juga: Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat di Wajah dengan CIT

Corong bening tersebut terhubung ke selang menuju mesin vakum. Di dalam mesin vakum tersebut terdapat Sinar Ultra Violet yang mematikan kuman, bahkan virus yang tersedot melalui dari corong.

"Selama tindakan, alat Dental Aerosol Suction harus dioperasikan," tegas Wanty. Sehingga percikan aerosol tidak sampai melayang dan hinggap di ruangan tindakan dan tidak sampai hinggap atau terhirup orang lain.

Wanty menjelaskan, alat ini merupakan penemuan yang dianggap paling memadai untuk mencegah droplet. Sejak pandemi melanda, berbagai metode telah dicoba untuk tindakan aerosol.

Di awal pandemi lalu, klinik milik Wanty merakit ruang kecil mirip inkubator. Ruang tersebut ditutupi plastik bening. Wajah pasien berada di dalam ruang tersebut. Lalu tangan dokter dan peralatan, masuk melalui celah lubang pada plastik saat tindakan.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Aan Ramdani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved