Profil

Ahmad Tarmizi , Ketua DPW PKS Riau

hmad Tarmizi merupakan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Riau yang menggantikan Hendry Munief mulai akhir Desember 2020 lalu.

Istimewa
Ketua DPW PKS Riau Ahmad Tarmizi 

Ahmad Tarmizi , Ketua DPW PKS Riau

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Ahmad Tarmizi merupakan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Riau yang menggantikan Hendry Munief mulai akhir Desember 2020 lalu.

Ahmad Tarmizi merupakan Ketua Partai dari PKS termuda se Indonesia.

Ahmad Tarmizi lahir di Pekanbaru pada 6 April 1982. Di usia yang masih tergolong milenial (38 tahun), menjadikannya dinobatkan sebagai Ketua DPW PKS termuda se-Indonesia.

Sejak kecil Ahmad Tarmizi tumbuh dilingkungan yang islami. Selain di rumah, orang tuanya memilih mendidiknya melalui sekolah yang memiliki basic agama. Saat Sekolah Dasar (SD), dirinya tercatat sebagai siswa di Madrasah Ibtida’yah (MI) Al-Fattah Pekanbaru.

Setelah tamat dari MI pada tahun 1994, Ahmad Tarmizi merantau menuntut ilmu ke pulau seberang, tepatnya di Pesantren Wali Songo, Ngabar-Ponorogo, Provinsi Jawa Timur, Pesantren yang telah menghasilkan banyak lulusan ternama seperti Wakil Ketua MPR RI, Dr. Hidayat Nur Wahid dan Duta Besar Republik Indonesia di Republik Arab Mesir, Abdurrahman Mohammad Fachir.

Baca juga: Putri Wahyuni Effendi ,  Warga Pekanbaru Jadi Korban Jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182

Baca juga: Lely Dwi Indriyani Bertahan Jalankan Usaha Rajut Ditengah Pandemi Covid-19

Di Pesantren ini Ahmad Tarmizi muda menyelesaikan jenjang Sekolah Menengah Pertama (MTs, red) dan Sekolah Menengah Atas (Aliyah, red) sejak tahun 1991 hingga tahun 2000. Di sini pula Ahmad Tarmizi mulai mengasah jiwa organisasinya, Ahmad Tarmizi aktif sebagai pengurus Pelajar Islam Indonesia (PII) Ngabar-Ponorogo, dan tercatat pernah menjabat Ketua Bidang Pembinaan Masyarakat Pelajar (PMP) PII.

Setelah tamat dari Pesantren Wali Songo, Ahmad Tarmizi memperoleh beasiswa melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi di Universitas tertua kedua di dunia Al-Azhar Kairo Mesir yang dibentuk pada tahun 972 M, setelah Universitas University of Al-Karaouine di Maroko (sejak tahun 859 Masehi).

Bersama 90 orang putra putri terbaik indonesia yang mendapatkan beasiswa langsung dari Universitas Al-Azhar, Ahmad Tarmizi terbang ke "Negeri Piramida". Selama empat tahun menyelesaikan pendidikan S1 nya di fakultas Ushuludin Jurusan Hadits, ia tetap aktif mengikuti organisasi bersama Pelajar Islam Indonesia (PII) Perwakilan Mesir.

Selama aktif di PII Mesir, Ahmad Tarmizi yang merupakan junior Ustadz Abdul Somad ini (beda dua tahun masuk Al-Azhar) pernah diamanahkan menjadi Ketua Bidang Internal PII Mesir dari tahun 2002 hingga 2004.

Baca juga: Bambang Sukmana Ingin Doakan Ibu yang Sakit Stroke di Tanah Suci

Baca juga: Ratusan Warga Bersholawat Kelilingi Pulau Topang di Meranti Riau

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Aan Ramdani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved