Bambang Sukmana, Kendarai Sepeda Motor Untuk Tunaikan Ibadah Haji 2021

Bambang Sukmana bertekad untuk menjalankan rukun Islam ke-5 yakni ibadah haji ditahun 2020 dengan mengendarai sepeda motor.

Editor: Aan Ramdani
tribunpekanbaru.com
Bambang Sukmana naik haji dengan mengendari sepeda motor 

Bambang Sukmana, Tunggangi Sepeda Motor Untuk Tunaikan Ibadah Haji

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Bambang Sukmana, ia merupakan pria berusia 44 tahun warga Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi, Jawa Barat.

Bambang Sukmana bertekad untuk menjalankan rukun Islam ke-5 yakni ibadah haji ditahun 2021 ini.

وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا ۚ وَمَن كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ

"...mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam." (QS. Ali-Imran: 97)

Namun, cara Bambang Sukmana untuk menuju tanah suci tidak biasa, tidak seperti masyarakat muslim di Indonesia pada umumnya.

Bambang Sukmana menutuskan menuju tanah suci dengan mengendarai sepeda motor. Bambang Sukmana memulai perjalananya ini dari Cimahi 24 Desember 2020.

Pada, Rabu (6/1/2021) baru tiba di Kota Pekanbaru dan tribunpekanbaruwiki.com pun sempat berbincang dengan Pergerakan Masyarakat Banten (PERMAS) ini.

Diakui Bambang Sukmana, caranya menuju tanah suci dengan mengendari sepeda motor ini terinspirasi dari sosok Lilik Gunawan, pria asal Jambi yang berhasil touring ke tanah suci dengan membonceng sang anak 2019 lalu.

Baca juga: Tia Juwita, Wanita Sukses Berbisnis Kerjainan Rotan di Pekanbaru

Baca juga: Kisah Anggota Dewan Riau Dagang Bakso Tak Laku, Sugeng Pranoto

Kisah Lilik Gunawan inilah yang akhirnya membuat Bambang Sukmana pun yakin untuk mulai menyusun rencana perjalanannya dengan menunggangi kuda besi.

Bambang Sukmana menggunakan sepeda motor Kawasaki Bajaj Pulsar 200 NS untuk mulai perjalanan sepiritualnya ini.

Saat singgah di Kota Pekanbaru, Bambang Sukmana juga tengah sibuk mengurus dokumen-dokumen penting di Konsulat Malaysia.

Terlihat di sepeda motor Bambang Sukmana, terdapat perbekalan seperti perkakas perbaikan motor, pakaian, jaket, perlengkapan camping dan perlengkapan lain.

"Senin malam baru nyampe di Pekanbaru bertemu dengan teman biker. Saya disambut layaknya saudara," ujar Bambang Sukmana saat berbincang dengan tribunpekanbaru.com, Rabu (6/1/2021).

Menurut Bambang Sukmana, sambutan positif datang dari rekannya sesama biker. Terutama saat rehat sejenak di daerah yang disinggahinya.

Mereka menyambut Bambang Sukmana dengan hangat. Perjalanannya ke Baitullah mendapat berbagai kelancaran dan kemudahan, kelancaran tersebut tentu saja diharapkan terus berlangsung hingga menginjakan kaki di tanah suci dan kembali lagi ke tanah air.

Sebelum tiba di Pekanbaru, Bambang Sukmana juga sempat singgah dibeberapa kota lain seperti Bogor, Serang, Lampung, Palembang, Jambi.

Baca juga: Sherly Putri Yandani, Wasit Cantik Asal Riau

Baca juga: Fanji Giovani, Polisi Riau Yang Sukses Jadi Gamer

Banyak orang baik yang menyambut hingga memberi penginapan. Bambang Sukmana merasa banyak yang membantu menuntaskan perjalanam suci ini.

dari Pekanbaru, Bambang Sukmana akan berlanjut ke Medan dan menyebrang ke Malaysia.

Bambang Sukmana mengaku tidak akan canggung mengendari motornya di luar negeri, karena ada sejumlah rekannya sesama biker siap menyambut kedatangan Bambang Sukmana. Mereka juga siap membantu selama di perjalanan.

Ikuti kami di
KOMENTAR
424 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved