Ratusan Warga Bersholawat Kelilingi Pulau Topang di Meranti Riau

Desa Topang Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti terlihat menaiki 6 unit kapal untuk bersholawat keliling Pulau Topang

Editor: Aan Ramdani
tribunpekanbaru.com
Warga Desa Topang pada Minggu pagi 3 Januari 2020 menggelar pawai keliling Pulau Topang Kecamatan Rangsang, Kepulauan Meranti, Riau. 

Ratusan Warga Bersholawat Kelilingi Pulau Topang di Meranti Riau

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Dengan mengenakan pakaian muslim, ratusan warga Desa Topang Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti terlihat menaiki 6 unit kapal untuk bersholawat keliling Pulau Topang. Minggu pagi (3/1/2021).

Ratusan warga ini ternyata melaksanakan dzikir, doa dan sholawat nabi dengan cara mengelilingi Pulau Topang.

Sejak mulai terbitnya matahari ratusan warga Pulau Topang sudah berbaris rapi, mereka disambut hangat dengan lantunan Hadroh di area pelabuhan sebelum masuk ke kapal.

Seluruh peserta sholawat beghanyut melaksanakan kegiatan dengan protokol kesehatan Covid-19. Hampir semuanya mencuci tangan sebelum masuk ke kapal dan selalu memakai masker.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 500 orang dengan 6 kapal dihanyutkan sekaligus, setiap kapal disi Sesepuh Desa dan Para Kiai sebagai pemandu sholawat, sebut saja Mbah Kholifah ’Abdul Ghofar, Habib Yasin, KH. Hery Masykuri dan lainnya.

Saat berbincang dengan Kepala Desa Topang Syamsuharto, dia menyebut Sholawat Beghanyut ini merupakan sebuah tradisi atau budaya nenek moyang kita dahulu yang perlu kita jaga dan lestarikan.

Dirinya mengatakan kegiatan budaya ini memiliki nilai-nilai religius dalam upaya menjaga kampung agar dijauhkan dari segala macam bahaya, ancaman, malapetaka, wabah serta musibah.

“Banyak tradisi warisan turun temurun hampir terlupakan diantaranya, kegiatan mohon keselamatan yang terkenal dengan nama Bele Kampung atau memelihara kampung,” Kata Syamsuharto.

Baca juga: Kisah Penyintas Covid-19 di Kota Pekanbaru

Baca juga: Daftar Nama 18 Gubernur Riau Dulu Hingga Sekarang

Baca juga: Jembatan Usman Samad Penghubung Desa Sungai Tohor dengan Sungai Tohor Barat

Ratusan Warga Desa Topang pada Minggu pagi  3 Januari 2021  menggelar pawai keliling Pulau Topang Kecamatan Rangsang, Kepulauan Meranti, Riau.
Ratusan Warga Desa Topang pada Minggu pagi 3 Januari 2021 menggelar pawai keliling Pulau Topang Kecamatan Rangsang, Kepulauan Meranti, Riau. (tribunpekanbaru.com)

Lebih jauh dikatakan Kepala Desa 2 periode itu bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memberi manfaat kepada masyarakat Desa Topang dengan istilah 6 D :

1. Dengan bersholawat mengharap ridho Allah SWT

2.Dengan bersholawat mengharap syafaat Rosulullah SAW

3.Dengan bersholawat mengharap berkah wali-wali Allah dan orang-orang terdahulu

4.Dengan bersholawat semoga berkah rizki bertambah

5.Dengan beraholawat semoga rizki bermanfaat

6.Dengan bersholawat semoga terhindar dari perbuatan maksiat.

Baca juga: Kota Pekanbaru Resmi Miliki 15 Kecamatan

Baca juga: Daftar Sembilan Kecamatan di Kabupaten Kepulauan Meranti

Baca juga: Komoditi Kopi Liberika di Desa Kedabu Rapat Meranti

“Terahir kami berharap do’a dari pada seluruh pihak agar kegiatan sholawat ini mampu memberi menjadikan benteng Desa Topang tercinta agar terhidar dari Abrasi,” pungkasnya.

Sementara itu, Bambang Irawan salah satu tokoh muda Desa Topang berharap kegiatan bersholawat keliling pulau ini berlanjut ditahun-tahun yang akan datang.

Selain berharap keberkahan, menurutnya kegiatan juga diyakini mencegah pergaulan negatif para pemuda Desa.

“Kami berharap ini berkelanjutan, Tahun ini khusus untuk Warga Desa Topang, kedepan mungkin bisa menjadi wisata religius tahunan yang diikuti masyarakat secara umum,” tuturnya.

--
(Tribunpekanbaru.com/ Teddy Tarigan)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved