Kota Pekanbaru Resmi Miliki 15 Kecamatan

Kota Pekanbaru secara resmi memiliki 15 kecamatan dari sebelumnya 12 Kecamatan.

Editor: Aan Ramdani

Kota Pekanbaru Resmi Miliki 15 Kecamatan

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Kota Pekanbaru secara resmi memiliki 15 kecamatan dari sebelumnya 12 Kecamatan.

Adanya penambahan kecamatan ini setlah dilakukan pemekaran wilayah di beberapa kecamatan dan ada pula yang berganti nama.

Peresmian 15 Kecamatan dilakukan oleh Walikota Pekanbaru Firdaus rabu 30 desember 2020 secara virual mengingatb kondisi saat ini masih dalam pandemi covid 19.

Pertama Kecamatan Tampan yang dimekarkan menjadi Kecamatan Bina Widya dan Tuah Madani sedangkan nama kecamatan Tampan sendiri dihapus.

kemudian Kecamatan Rumbai juga mekar menjadi Kecamatan Rumbai Barat dan Kecamatan Rumbai Timur.

Sedangkan Kecamatan Rumbai Pesisir berganti nama menjadi Kecamatan Rumbai.

Peresmian penataan kecamatan tahun 2020 ini bersamaan dengan penetapan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Pekanbaru tahun 2020 hingga 2040.

Prosesi peresmian berlangsung lewat aplikasi zoom. Kegiatan berpusat di Aula Kantor Pemerintah Kota Pekanbaru, Tenayan Raya.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus menyebutkan bahwa perkembangan Kota Pekanbaru semakin pesat. Pertumbuhan jumlah penduduk pun mendorong pemekaran sejumlah kecamatan.

Upaya mepekaran ini juga dilakukan sebagai langkah untuk pengoptimalan pelayanan publik.

Pemekaran ini harus dilakukan, guna mengoptimalkan pelayanan publik bagi masyarakat," terang Walikota.

Menurutnya, penataan kecamatan ini untuk memperpendek rentang kendali pemerintahan.

Kecamatan Tampan misalnya ada 250 ribu penduduk. Kondisi tersebut sangat padat penduduk. Kecamatan Tenayan Raya juga menjadi kecamatan dengan wilayah terluas.

Adanya pembentukan sejumlah kecamatan baru ini sesuai Peraturan Daerah Kota Pekanbaru No.2 tahun 2020 tentang Penataan Kecamatan.

Asisten I Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru, Azwan menyebutkan penataan kecamatan ini sudah melalui serangkaian tahapan. Ada pembentukan hingga penyesuaian administrasi kecamatan yang ada di Kota Pekanbaru.

Ia memastikan persiapan operasional kecamatan sudah dilakukan. disamping ada tim yang dibentuk guna persiapan perubahan data admistrasi dan kependudukan pasca penataan.

--
(Tribunpekanbaru.com/Fernando Sikumbang)

Ikuti kami di
KOMENTAR
408 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved