Komoditi Kopi Liberika di Desa Kedabu Rapat Meranti

Desa Kedabu Rapat yang berada di Pulau Rangsang, Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan salah satu wilayah dengan komoditas kopi liberika

tribunpekanbaru.com
Kopi Liberika Meranti 

Komoditi Kopi Liberika di Desa Kedabu Rapat Meranti

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Desa Kedabu Rapat yang berada di Pulau Rangsang, Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan salah satu wilayah dengan komoditas pertanian yang patut diacungi jempol.

Yakni Kopi Liberika Meranti menjadi salah satu komoditi sekaligus ikon Kabupaten Kepulauan Meranti. Pasalnya, kopi ini merupakan satu-satunya yang telah mendapatkan pengakuan sebagai Kopi berhak paten Indikasi Geografis (IG) di daerah Riau.

Kopi Liberika Meranti telah mendapat paten Indikasi Geografis (IG) yang dikeluarkan oleh Dirjen Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor IG 00.2014.000014. Indikasi Geografis ini adalah suatu tanda yang menunjukkan daerah asal suatu barang dan atau produk yang dihasilkan.

Kopi dari Desa Kedabu Rapat dikenal memiliki kualitas terbaik sehingga sukses merajai pasar Malaysia dan Singapura. Tak heran, masyarakat Desa Kedabu Rapat menjadikan kopi Liberika sebagai komoditas andalannya.

Langkah pendorongan pengembangan maupun promosi Liberika Meranti pun terus dilakukan oleh beberapa pihak, tidak saja dari instansi pemerintah maupun swasta, instansi vertikal seperti kepolisian pun ingin ikut ambil bagian dalam mendorong pengembangan kopi di Desa tersebut.

Melihat potensi yang begitu besar Polres Kepulauan Meranti berkomitmen untuk mendorong pengembangan maupun promosi Kopi Liberika Meranti tersebut.

Baca juga: Ekowisata Mangrove di Desa Pangkalan Jambi Bengkalis

Baca juga: Viral, Dalam 15 Jam Youtube Rewind Indonesia 2020 Ditonton Lebih 4,2 Juta Kali

Hal ini terlihat saat Polres Kepulauan Meranti turun bertemu para petani kopi di Desa Kedabu Rapat, Kecamatan Rangsang Pesisir yang dipimpin langsung oleh Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK, bersama Kapolsek pada beberapa waktu yang lalu.

Hal ini sebagai bantuan aparat Kepolisian untuk petani kopi Liberika Meranti atau lebih dikenal dengan nama Kopi Sempian agar lebih dikenal masyarakat luas.

Perkebunan Kopi Liberika yang dikunjungi Kapolres adalah milik keluarga Hakim dan keluarga Nyoto.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Aan Ramdani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved