Sungai Penampo Kecik Khalifah Sulaiman, Wisata Baru di Siak

Di Kabupaten Siak , Riau terdapat wisata baru yang diberi nama Sungai Penampo Kecik Khalifah Sulaiman.

Editor: Aan Ramdani
tribunpekanbaru.com
Asisten II Setdakab Siak Hendrisan melihat kawasan wisata baru di kampung Dosan, kecamatan Pusako, kabupaten Siak, Selasa 29 Desember 2020 

Sungai Penampo Kecik Khalifah Sulaiman, Wisata Baru di Siak

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Di Kabupaten Siak , Riau terdapat wisata baru yang diberi nama Sungai Penampo Kecik Khalifah Sulaiman.

Sungai Penampo Kecik Khalifah Sulaiman ini terletak di Dusun Bosan Kecamatan Pusako, Kabupaten Siak.

Warga setempat menyambut gembira bahwa kampung mereka menjadi destinasi wisata baru di Siak dengan kehadiran Sungai Penampo Kecik Khalifah Sulaiman ini.

Sungai Penampo Kecik Khalifah Sulaiman ini merupakan sebuah taman hijau yang berpadu dengan sungai.

Destinasi Sungai Penampo Kecik Khalifah Sulaiman ini diresmikan Bupati Siak Alfedri, yang diwakili Asisten II Setda Kabupaten Siak Hendrisan, Selasa (29/12/2020). Hadir pula wakil bupati Siak terpilih, Husni Merza dan anggota DPRD Kabupaten Siak Zulfaini Adrian.

Kepala Dusun Dosan, Zamri menyambut para tamu dari pemerintahan kabupaten Siak itu dengan penuh hormat, dianjung puji selama kegiatan berlangsung di sekitar Sungai Penampo Kecik Khalifah Sulaiman.

"Alhamdulillah, saya senang sekali bahwa pada hari ini Sungai Penampo resmi jadi objek wisata," kata Zamri.

Baca juga: Sultan Abdul Jalil Muzaffar Syah atau Tengku Buang Asmara Sultan Siak Ke-2

Baca juga: Ayu Pani, Atlet Anggar Cantik dari Siak Riau

Zamri menyampaikan, pembangunan kawasan wisata hijau ini bermula dari kegiatan normalisasi sungai. Kemudian timbul ide dan gagasan untuk membangun obyek wisata air dan taman sehingga diberilah nama Sungai Penampo Kecik Khalifah Sulaiman.

"Ini berawal dari kegiatan normalisasi sungai yang kami laksanakan bersama masyarakat. Setelah itu timbullah ide dan gagasan kami bersama untuk membangun obyek wisata baru tepatnya wisata air dan juga taman," ucapnya.

Zamri juga menyampaikan bahwa pembangunan wisata hijau Sungai Penampo Kecik Khalifah Sulaiman ini dilaksanakan secara gotong royong oleh masyarakat. Kegiata ini didukung pula oleh PT Arara Abadi.

"Dalam waktu kurang lebih satu bulan kami secara gotong royong membangun wisata hijau ini. Alhamdulillah pihak perusahaan PT Arara Abadi juga sangat membantu sehingga pada hari ini dapat diresmikan oleh Pak Bupati melalui Bapak Asisten II," terangnya.

Zamri juga menjelaskan obyek wisata baru yang ia bangun diberi nama Khalifah Sulaiman sehingga menjadi Sungai Penampo Kecik Khalifah Sulaiman. Menurutnya,hal ini untuk mengenang Khalifah Sulaiman yang telah berjasa membangun Dusun Pusako.

"Karena Khalifah Sulaiman merupakan salah satu tokoh yang berjasa dalam pendirian Kampung Dosan ini," jelasnya.

Zamri juga menyampaikan harapannya kepada pemerintah kabupaten Siak untuk dapat mendukung peningkatan sarana prasarana. Tujuannya menjadikan Obyek Wisata Hijau Sungai Penampo Kecik Khalifah Sulaiman menjadi salahsatu wisata unggulan di Kabupaten Siak.

Baca juga: Bersantai di RTH Syarifah Sembilan di Siak Riau

Baca juga: Keindahan Rumah Sianggah Tuan Kadi, Tempat Singgah Sultan Siak Sri Indrapura

Pembangunan wisata hijau ini juga sebagai wujud komitmen Pemerintah Kampung Dosan dalam mendukung setidaknya dua program dari Pemerintah Kabupaten. Yakni program Siak Hijau dan Program Reaktivasi Pariwisata Domestik di Kabupaten Siak.

"Tentunya kami berharap agar nantinya Bapak Asisten II dapat membantu kami dalam peningkatan sarana prasarana sebab kami berencana akan membangun Balai Kesenian di kawasan ini," kata dia.

Ia berharap agar wisata ini dapat menjelma menjadi salah satu obyek wisata unggulan di Kabupaten Siak dengan didukung kesenian daerah di dalamnya

Sementara itu, Hendrisan menyampaikan apresiasi atas terbangunnya Taman Hijau Sei Penampo Kecik Khalifah Sulaiman itu. Kegiatan mulia masyarakat tersebut sejalan dengan visi kepariwisataan Pemkab Siak.

"Saya atas nama pribadi,dan mewakili Bapak Bupati dan Pemerintah Kabupaten Siak menyampaikan apresiasi kepada pak Zamri selaku Kepala Kampung beserta semua tokoh dan masyarakat Dusun Dosan yang telah berinisiasi dengan cara gotong-royong mmbangun destinasi wisata baru ini," kata dia.

Ikuti kami di
KOMENTAR
405 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved