5 Daftar Pilkada di Riau yang Disengketakan ke MK

Terdaftar ada 5 Daerah di Riau yang mengajukan sengketa Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) serentak 9 Desember 2020 lalu ke Mahkamah Konstitusi

Editor: Aan Ramdani
Kompas.com
Gedung Mahkamah Konstitusi di Jakarta. (KOMPAS.COM/FACHRI FACHRUDIN) 

Daftar 5 Pilkada di Riau yang Disengketakan ke MK

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Terdaftar ada 5 Daerah di Riau yang mengajukan sengketa Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) serentak 9 Desember 2020 lalu ke Mahkamah Konstitusi atau disingkat MK.

di website resmi Mahkamah Konstitusi setidaknya ada 130 permohonan sengketa dengan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP), 5 diantaranya merupakan Pilkada yang berlangsung di Riau.

1. Pilkada Kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing )

Pemohon diajukan ke MK oleh pasangan calon nomor urut 3 Halim - Komperensi dengan termohon KPU Kabupaten Kuantan Singingi pada 18 Desember pukul 22:50:14 WIB.

Untuk lebih lengkap tribuners bisa membaca dokumen permohonan disini

2. Pilkada Kabupaten Rokan Hulu ( Rokan Hulu )

Permohonan diajukan ke MK oleh pasangan calon nomor urut 3 Hafith Syukri - Erizal , Paslon ini menggungat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rokan Hulu Nomor 620/PL.02.6-Kpt/1406/KPU-Kab/XII/2020 Tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Calon Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu Tahun 2020 berikut Berita Acara dan Sertifikat Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Dari Setiap Kecamatan di Tingkat Kabupaten/Kota dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 tertanggal 16 Desember 2020

Dalam pelaksanaan Pilkada di Rokan Hulu ini terdapat 3 pasangan calon yakni, Paslon nomor 1 Hamulian - Sahril Topan yang diusung partai Golkar dan PPP dengan 9 kursi.

Kemudian Paslon nomor 2 H. Sukiman - Indra Gunawan dengan disusung Partai Gerinda, PDI-P, PKS, Demokrat, Nasdem dan Hanura dengan 27 kursi.

Paslon nomor 3 merupakan Hafith Syukri - Erizal yang diusung partai PKB dan PAN dengan jumlah 9 kursi

Tribuners bisa membaca dokumen gugatan pasangan Hafith Syukri - Erizal disini.

3. Pilkada Kabupaten Rokan Hilir ( Rohil )

Permohonan diajukan ke MK oleh pasangan calon nomor urut 2 Suyatno - Jamiludin dengan termohon KPU Kabupaten Rokan Hilir pada minggu
20 Desember 2020 secara online pukul 00:21:09 wib.

Dalam dokumen permohonan tersebut tertulis paslon Suyatno - Jamiludin tidak hanya mempersoalkan perselisihan hasil perolehan suara saja, tetapi juga mempersoalkan adanya pelanggaran dan kecurangan terhadap asas jujur dan adil yang bersifat terstruktur, sistematis dan massif dalam penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Rokan Hilir Tahun 2020

Untuk lebih jelas dokumen permononan dapat dibaca oleh tribuners disini.

4. Pilkada Kabupaten Indragiri Hulu atau Inhu

Di Kabupaten Inhu ini yang mengajukan permohonan ke Mahkamah Konstitusi adalah Pasangan Calon nomor urut 5 Rizal Zamzami - Yoghi Susilo yang dikuasakan kepada 8 kuasa hukumnya dari Kantor Penasehat Hukum SMART MAN (Saut Maruli Tua Manik).

Dalam dokumen permohonan tersebut tertuang permohonan pembatalan keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Indragiri Hulu atau disingka Inhu nomor 712/PL.02.6-Kpt/1402/KPU>Kab/XII/2020 tentang penetapan rekapitulasi hasil penghitungan suara pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Inhu 2020.

Berdasarkan hasil rekapitulasi pengitungan suara, suara terbanyak di Pilkada Inhu diraih oleh paslon nomor 2 Rezita Meylani-Junaidi Rachman unggu dengan perloleh suara 50.356 suara. Sedangkan pasangan nomor urut 5 Rizal Zamzam - Yoghi Susilo meraih 50.048 suara.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved