Mengenal Sosok Emrizal Pakis

Emrizal Pakis, pria yang lahir di Pranap Kabupaten Indragiri Hulu 12 September 1954 ini terlah memiliki segudang pengalaman

Editor: Aan Ramdani
tribunpekanbaru.com
Emrizal Pakis. (foto: Doddy Vladirim/tribunpekanbaru.com) 

Profil Emrizal Pakis, Ketua KONI Riau

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Emrizal Pakis, pria yang lahir di Pranap Kabupaten Indragiri Hulu 12 September 1954 ini terlah memiliki segudang pengalaman di pemerintahan dan sejumlah organisasi.

Di Pemerintahan pengalaman Emrizal Pakis lebih dari 30 tahun dan 15 tahun diantaranya Emrizal Pakis habiskan berdinas di Lingkungan Pemerintah Provinsi Riau hingga ia pensiun.

Meski sudah pensiun dari pegawai negri sipil atau PNS, Emrizal Pakis masih tetap aktif dibeberapa organisasi.

Kini Emrizal Pakis masih menjabat sebagai Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia Riau atau disingkat KONI Riau. Menjadi Ketua KONI Riau ini sudah priode kedua bagi Emrizal Pakis.

Disamping itu, Emrizal Pakis juga dipercaya menjadi Ketua Umum Peran Melayu Riau priode 2015-2020.

Tahun 2019 lalu Emrizal Pakis coba melangkah untuk berbuat lebih lagi bagi Riau dengan maju pada Pemilihan Legislatif (Pileg) Anggota DPR RI melalui partai PPP. Namun sayang, Emrizal Pakis belum terpilih.

Bagi Emrizal Pakis menjadi pemimpin sudah terlatih sejak kecil, hal ini terlihat sejak ia duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) dengan menjadi Ketua Kelas. Disamping memang Emrizal Pakis juga kerap langganan menjadi juara kelas.

Baca juga: Keluh Kesah Pedagang Pasar Bawah Pekanbaru di Tengah Pandemi Covid-19

Baca juga: Menikmati Keindahan Pantai Koneng di Dumai Riau

Baca juga: Gajah Sumatra Jinak di Taman Nasional Tesso Nilo Lahirkan Bayi Jantan

Dikutip tribunpekanbaruwiki.com dari goriau, langkah Emrizal Pakis membangun karir bukanlah hal mudah.

Saat kecil Emrizal Pakis hidup pas pasan, terlebih saat sang ayah meninggal dunia disaat Emrizal Pakis masih duduk dikelas VI SD.

"Ujian terberat bagi saya dan keluarga adalah dimana saat kami kehilangan sosok ayah sebagai pemimpin kami, karena semasa hidup dia adalah tulang punggung keluarga. Kami juga bukan dari keluarga yang serba ada, ayah saya hanya kontraktor kecil yang jadi panutan bagi keluarga kami," kenang Emrizal Pakis.

Masa kecil Emrizal Pakis ia habiskan untuk belajar dengan rajin dan membatu ibunya menjaga tanaman padi di sepetak sawah yang mereka miliki.

"Kadang saya juga harus pulang sampai malam untuk menjaga padi dari serang hama" jelas Emrizal Pakis.

Bagi Emrizal Pakis hal tersebut bukanlah beban baginya, justru ia sangat senang bisa karena kini menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan. Meski harus membantu ibu, Emrizal Pakis tidak pernah lupa dengan tugas dan tanggungjawabnya sebagai pelajar, sehingga prestasi pun berhasil ia dapatkan.

Selesai menempuh pendidikan SMP Emrizal Pakis harus menumpang dengan abangnya Ismail di Kota Pekanbaru untuk melanjutkan pendidikan SMA, ditahun ke tiga Emrizal Pakis pun harus mengikut abangnya ke Bengkalis dan menyelesaikan SMA Negri 3 .

Baca juga: Profil Gayatri Chandra, Kontestan Indonesian Idol

Baca juga: Syekh Abdul Wahab Rokan

Baca juga: Auliya Fajriyati, Putri Asal Riau Jadi Pemenang di Putri Hijab Indonesia 2020

Langkah demi langkah Emrizal Pakis lalui hingga berhasil menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi Fakutas Ekonomi Universitas Riau.

Pada tahun 1980 di Indragiri Hulu ada penerimaan Pegawai Negri Sipil atau PNS, Emrizal Pakis pun memanfaatkan kesempatan tersebut dan siapa sangka Emrizal Pakis berhasil lulus.

Disinilah awal mula Emrizal Pakis mulai meniti karir menjadi abdi negara.

Emrizal Pakis pernah menjabat sebagai Sekertaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Kepala Bagian Pembangunan dan Kepala Pembagunan Masyarakat Desa (PMD) Inhu hingga tahun 1995

Setelah 15 tahun berkarir di Indragiri Hulu, Emrizal Pakis diberi tugas di Kabupaten Bengkalis, menempati posisi penting Kepala Bapeda sampai tahun 2000.

Baca juga: Sherly Putri Yandani, Wasit Cantik Asal Riau

Baca juga: Susilo, Warga Pekanbaru yang Tekuni Budidaya Bonsai Kelapa

Ikuti kami di
KOMENTAR
379 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved