Panen Padi Bersama di Desa Petapahan Kampar Riau

Panen raya padi bersama digelar di Desa Petapahan Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar Provinsi Riau sabtu 12 Desember 2020.

Istimewa
Wakil Gubernur Riau Edi Natar Nasution didampingi Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto bersama pejabat lain saat melaksanaan panen raya padi di Desa Petapahan 

Panen Padi Bersama di Desa Petapahan Kampar Riau

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Panen raya padi bersama digelar di Desa Petapahan Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar Provinsi Riau sabtu 12 Desember 2020 lalu.

Pelaksanaan panen padi ini dilakukan disawah milik kelompok tani Gemuruh Lestari dan Murni Jaya.

Program bercocok tanam padi yang dilakukan kedua kelompok tani ini merupakan program kegiatan yang sebelumnya dilakukan bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Riau atau UNRI dan Chevron Pacific Indonesia CPI.

di Desa tersebut setidaknya ada sekitar 50 hektar sawah yang ditanami padi, 10 hektare diantaranya masuk dalam program yang dilakukan LPPM Universita Riau bersama CPI.

Dalam pelaksanaan panen raya padai ini secara simbolis turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution dan sejumlah pejabat, termasuk rektor Universitas Riau, Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto serta tamu undangan lainya.

Dari program ini perhektare lahan yang digunakan mampu menghasilkan 4 ton padi.

Baca juga: Gajah Sumatra Jinak di Taman Nasional Tesso Nilo Lahirkan Bayi Jantan

Baca juga: Bolu Dam, Bolu Motif Papan Catur Asal Bengkalis Riau

Wakil Gubernur Riau, Edy Natar mengatakan saat ini Provinsi Riau hanya menghasilkan 23,6 persen hasil padi untuk memenuhi kebutuhan, selebihnya merupakan masukan dari luar.

"Namun kalau kita bisa meningkatkan atau menambahkan lahan tanam tentu kedepan Provinsi Riau akan lebih baik lagi dalam ketahanan pangannya," ungkapnya.

Ia menuturkan kegiatan penanaman padi yang telah digalakkan perusahaan, perguruan tinggi dan kelompok tani merupakan suatu kebanggaan.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Aan Ramdani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved