Menyusuri Hutan Mangrove di Tengah Kota, Bandar Bakau Dumai

Bandar Bakau Dumai, ini merupakan salah satu ekowisata hutan bakau atau mangrove yang ada di Kota Dumai. Lokasinya berada di Jalan Nelayan Laut

Editor: Aan Ramdani
tribunpekanbaru.com
Bandar Bakau Dumai 

Menyusuri Hutan Mangrove di Tengah Kota, Bandar Bakau Dumai

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Bandar Bakau Dumai, ini merupakan salah satu ekowisata hutan bakau atau mangrove yang ada di Kota Dumai.

Lokasinya berada di Jalan Nelayan Laut, Kelurahan Pangkalan Sesai, Kecamatan Dumai barat, Kota Dumai, Provinsi Riau.

hutan mangrove di Bandar Bakau Dumai ini, kini menjadi salah satu tempat wisata favorit yang wajib dikunjungi jika datang ke Kota Dumai.

3 Agustus 2020 lalu lokasi Bandar Bakau Dumai juga menjadi tempat pelaksanaan peringatan hari Mangrove sedunia tingkat Provinsi Riau.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Riau, Syamsuar Dirjen PPI Perubahan Iklim RI, Wanda Agung S, Kadis LHK Provinsi Riau, M. Murod dan Walikota Dumai, Zulkifli As serta tamu undangan lainnya melaksanakan penanaman magrove di Bandar Bakau Kota Dumai.

Dari segi fasilitas di Bandar Bakau Dumai ini memang masih banyak kekurangan. Namun, lokasi ini tetap digemari oleh masyarakat.

Diakhir pekan biasanya Bandar Bakau Dumai ini menjadi lokasi yang dipilih sebagaian masyarakat untuk menikmati hari.

Tidak saja asyik dengan suasananya yang sejuk dan nyaman, lokasi ini juga cocok bagai anda yang hobi fotografi.

Baca juga: Melihat Kemegahan Istana Siak

Baca juga: Berikut ini Daftar Tarif Tol Pekanbaru-Dumai, Berlaku 2 Novermber 2020

Pengelola Bandar Bakau Dumai, Darwis Mohammad Saleh
Pengelola Bandar Bakau Dumai, Darwis Mohammad Saleh (tribunpekanbaru.com)

Tercatat ada 24 jenis mangrove yang tumbuh di Bandar Bakau Dumai ini. Namun ada satu jenis mangrove yang paling spesial yakni, mangrove Rhizophora mucronata.

"Ada satu mangrove yang kami elu-elukan yaitu jenis Rhizophora mucronata dan inilah bakau legenda putri tujuh itu, jadi bakau ini kami elu-elukan, kami besar-besarkan dan kami tanam disin," jelas Pengelola Bandar Bakau Dumai, Darwis Mohammad Saleh beberapa waktu lalu.

Pria yang akrab disapa Tuk Wis inilah orang yang dulunya memperjuangkan kawasan Bandar Bakau Dumai hingga akhirnya kini juga menjadi pengelola lokasi tersebut karena kecintaanya terhadap alam dan tujuanya untuk menjaga alam Kota Dumai.

Luas hutan mangrove di Bandar Bakau Dumai ini lebih dari 20 hektare.

Gubernur Riaum Syamsuar saat pelaksanaan peringat hari Mangrove di Bandar bakau Dumai Agustus 2020 lalu menjelaskan dipilihnya Dumai, sebagai pusat peringatan hari Mangrove Sedunia di Provinsi Riau, karena ‎memang tingkat Abrasi kota Dumai, bisa dikatakan tinggi, sehingga perlu dilakukan proses pencegahaan dengan penanaman Mangrove.

Bukan hanya itu saja, dipilihnya Dumai, sebagai pusat peringatan hari Mangrove sedunia di Provinsi Riau ini, karena di Dumai banyak pecinta Mangrove yang berada di Bandar Bakau, yang bisa menjadi Icon Mangrove di Provinsi Riau.

Baca juga: Nikati Keindahan Alam di Wisata Batu Gajah Rohul

Baca juga: Masjid Agung Islamic Center Rokan Hulu

"Selain berada di daerah perbatasan yang harus mendapat perhatian kita semua, Dumai yang ada bandar Bakau nya diharapkan bisa menjadi Icon Mangrove di Provinsi Riau," katanya.

Syamsuar mengaku, dengan Dumai bisa menjadi icon mangrove tentunya bisa menjadi motivasi oleh masyarakat daerah lainnya, sehingga masyarakat bisa lebih mencintai tanaman Mangrove

Menurutnya, pentingnya keberadaan mangrove sebagai paru-paru dunia dan sumber oksigen bagi ekosistem kehidupan.

" Setiap 26 Juli, ditetapkan sebagai hari Mangrove sedunia resmi oleh UNESCO dalam sebuah dokumen "Proclamation of the International Day for the Conservation of the Mangrove Ecosystem" pada November tahun 2015," ujar Gubernur Riau.

Dikatakan Syamsuar, Indonesia memiliki sebaran ekosistem mangrove terluas di dunia, yakni sekitar 20 persen atau 3,31 juta hektar dari luas total mangrove dunia.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved