Ikut Berjuang Untuk Pendidikan Suku Talang Mamak, Sagiman Terpilih Menjadi Lokal Hero Pertamina

Sagiman, ia merupakan seorang guru honorer yang mengajar anak Suku Talang Mamak di SDN 028 Talang Sungai Limau, Kecamatam Rakit Kulim, Inhu, Riau

Editor: Aan Ramdani
Istimewa
Sagiman, Guru SDN 028 Talang Sungai Limau peraih Pertamina Local Hero kategori Cerdas 2020 

Ikut Berjuang Untuk Pendidikan Suku Talang Mamak, Sagiman Terpilih Menjadi Lokal Hero Pertamina

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM- Sagiman, ia merupakan seorang guru honorer yang mengajar disebuah Sekolah Dasar di Pelosok Riau.

Tepatnya, Sagiman mengajar di SDN 028 Talang Sungai Limau, Kecamatam Rakit Kulim, Kabupaten Indragiri Hulu ( Inhu ), Provinsi Riau.

Langkah Sagiman ikut memperjuangkan hak-hak pendidikan anak-anak Suku Talang Mamak yang merupakan suku asli Riau memang patut diacungi jempol, sehingga wajar jika Sagiman terpilih menjadi sosok Pertamina Local Hero kategori Cerdas 2020.

Sagiman sudah mengajar di SDN 028 Talang Sungai Limau semenjak tahun 2005 lalu. Ia terpilih sebagai Pertamina Local Hero karena perannya dalam pelaksanaan program pendidikan berbasis lingkungan dan budaya atau yang disingkat BELI DAYA bagi anak-anak Suku Talang Mamak yang belajar di SDN 028 Talang Sungai Limau.

Sagiman , SDN 028 Talang Sungai Limau, Kecamatam Rakit Kulim, Kabupaten Indragiri Hulu ( Inhu ), Provinsi Riau
Sagiman , SDN 028 Talang Sungai Limau, Kecamatam Rakit Kulim, Kabupaten Indragiri Hulu ( Inhu ), Provinsi Riau (Istimewa)

Baca juga: Perjuangan Anak Pedalaman di TNBT Riau Lintasi Hutan Sungai dan Dikejar Satwa Liar

Baca juga: Kisah Ernita Shofiriana Menjadi Guru di Daerah Pelosok di Riau

Baca juga: Heboh, Seorang Guru Tewas Disambar Petir di Pelalawan Riau

Program tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen dan kepedulian Pertamina EP Asset 1 Lirik Field di bidang pendidikan.

Hingga tahun 2016, anak-anak Suku Talang Mamak masih harus berjalan kaki sejauh 8 km untuk sampai di sekolah terdekat.

Potret pendidikan tersebut menjadi keprihatinan besar bagi Sagiman. Di matanya, anak-anak pedalaman Suku Talang Mamak memiliki potensi besar untuk berkembang dan mempelajari banyak hal. H

al tersebut pula yang mendorong Sagiman bergerak lebih dan merangkul para stakeholder untuk mewujudkan pendidikan layak bagi anak-anak Suku Talang Mamak.

Selama mengajar di SDN 028 Talang Sungai Limau, Sagiman mendapat banyak tantangan, terutama merubah stigma negatif masyarakat Suku Talang Mamak di desa tersebut terhadap dunia sekolah dan pendidikan. Selain itu kondisi medan menuju sekolah yang sulit juga menjadi tantangan tersendiri bagi Sagiman dan para guru yang mengajar di sekolah itu.

Baca juga: Mengenal Pacu Jalur dari Kuansing, Tradisi Turun Temurun Sejak 100 Tahun Lalu

Baca juga: Melihat Istana Rokan di Kabupaten Rokan Hulu Riau

Baca juga: Romy Deviandri , Dokter di Pekanbaru yang Coba Merintis Usaha Minuman Kopi

Pada tahun 2017, SDN 028 Talang Sungai Limau secara definitif menjadi sekolah yang berdiri sendiri, setelah sebelumnya hanya menjadi bagian dari kelas jauh SDN 019 Sungai Limau.

Berdirinya SD N 028 Talang Sungai Limau, Kecamatam Rakit Kulim, Kabupaten Inhu tersebut juga tidak terlepas dari PT Pertamina EP melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina EP Asset 1 Lirik Field.

Lokasi sekolah yang strategis membantu anak-anak Suku Talang Mamak dapat lebih dekat pergi ke sekolah. Sagiman, juga tidak berdiam diri dalam menjaring murid.

Bersama rekan-rekan yang lain Sagiman melangkah dengan strategi jemput bola dari rumah ke rumah, serta melaksanakan pendekatan interpersonal kepada para orang tua dan tokoh adat batin.

Tidak sia-sia, langkah Sagiman ini membuahkan hasil. Saat ini jumlah anak Suku Talang Mamak yang menjadi murid di SDN 028 Talang Sungai Limau semakin meningkat setiap tahunnya.

Baca juga: Fanji Giovani, Polisi Riau Yang Sukses Jadi Gamer

Baca juga: Kisah Bripda Habibi, Polisi Riau yang Nyambi Jualan Mie Aceh di Tembilahan Inhil

Baca juga: Muammar Syahida, Penakluk King Kobra Asal Riau

Paradigma sebagian besar orang tua dari Suku Talang Mamak dalam memahami pendidikan juga mengalami pergeseran ke arah yang positif. Ketakutan akan hilangnya kebudayaan asli masyarakat dari anak-anak yang belajar ilmu baru di bangku sekolah, ditepis dengan strategi Sagiman mengadakan kegiatan ekstrakurikuler berupa seni tari Rentak Bulian yang dikembangkan dari kebudayaan asli masyarakat setempat Suku Talang Mamak.

Sagiman tidak pernah menyangka perjuanganya dan jasanya dalam bidang pendidikan bagi anak-anak Suku Talang Mamak di SDN 028 Talang Sungai Limau akan mendapatkan apresiasi oleh PT Pertamina (Persero) dengan terpilih sebagai sosok Pertamina Local Hero kategori Cerdas 2020.

Pertamina EP Asset 1 Lirik Field foto bersama dengan guru dan murid SDN 028 Talang Sungai Limau, Kecamatam Rakit Kulim, Kabupaten Indragiri Hulu ( Inhu ), Provinsi Riau.
Pertamina EP Asset 1 Lirik Field foto bersama dengan guru dan murid SDN 028 Talang Sungai Limau, Kecamatam Rakit Kulim, Kabupaten Indragiri Hulu ( Inhu ), Provinsi Riau. (Istimewa)

Sagiman berhasil menang setelah berkompetisi dengan kurang lebih 20 orang penggiat pendidikan yang juga merupakan mitra binaan Pertamina di seluruh daerah di Indonesia.

"Syukur Alhamdulilah, saya merasa sangat senang apa yang telah saya kerjakan bisa mendapatkan apresiasi, terutama di kompetisi Local Hero ini. Semoga yang telah saya lakukan dapat memberi manfaat, bagi anak-anak Suku Talang Mamak khususnya," kata Sagiman.

Pertamina EP Asset 1 Lirik Field mendukung penuh upaya Sagiman dan SDN 028 Talang Sungai Limau, hal ini diwujudkan dengan pembinaan program peningkatan kapasitas anak berupa kelas Bahasa Inggris dan perbaikan sarana dan prasarana mulai dari akses jalan, sumber listrik ramah lingkungan, serta fasilitas sanitasi dan air bersih.

Baca juga: Sekilas Liku-Liku Perjuangan Ustadz Abdul Somad Saat Kuliah S1

Baca juga: Bayu Wibisono Damanik, Juara 1 MTQ Nasional 2020 dari Riau

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved