Profil Kabupaten Kuantan Singingi atau Kuansing

Kabupaten Kuantan Singingi atau Kuansing merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Indragiri Hulu atau disingkat Inhu.

Penulis: Aan Ramdani
Editor: Aan Ramdani
Isimewa
Logo atau Lambang Kabupaten Kuantan Singingi 

Profil Kabupaten Kuantan Singingi atau Kuansing

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Kabupaten Kuantan Singingi atau yang disingkat Kuansing merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Riau.\\

Kabupaten Kuantan Singingi atau Kuansing ini terletak pada posisi posisi 0º00'-1º00' Lintang Selatan dan 101º02'-101º55' Bujur Timur dengan luas wilayah 7.656,03 km² dengan ketinggian berkisar 25-30 meter diatas permukaan laut.

Kabupaten Kuantan Singingi atau Kuansing merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Indragiri Hulu atau disingkat Inhu.

Dikutip tribunpekanbaruwiki.com dari laman resmi kuansing.go.id, pemekaran yang menghasilkan Kabupaten Kuansing ini tertuang dalam Undang-Undang nomor 53 tahun 1999 tentang pembbentukan Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Siak, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, Kabupaten Kuantan Singingi atau Kuansing, Kota Batam dan ibukota Taluk Kuantan.

Jarak Kabupaten Kuantan Singingi atau Kuansing dengan Kota Pekanbaru yang merupakan Ibu Kota Provinsi Riau sekitar 160 kilometer.

Baca juga: 15 Daftar Kecamatan di Kabupaten Kuantang Singingi atau Kuansing

Baca juga: Mengenal Rumah Godang Sentajo di Kenagarian Sentajo Kuansing Riau

Baca juga: Ratusan Rumah di Kuansing Riau Terendam Banjir

Pacu Jalur tahun 2017 lalu di Kabupaten Kuantan Singingi atau Kuansing. (tribunpekanbaruwiki.com/aanramdani)
Pacu Jalur tahun 2017 lalu di Kabupaten Kuantan Singingi atau Kuansing. (tribunpekanbaruwiki.com/aanramdani) (tribunpekanbaruwiki.com)

Kabupaten Kuansing atau Kuantan Singingi ini berbatasan dengan Provinsi tetangga yakni Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatra Barat.

Wilayah Kabupaten Kuantan Singingi atau Kuansing ini dibagi menjadi 15 Kecamatan, 11 Kelurahan dan 128 Desa.

Kabupaten memiliki banyak lokasi wisata yang menarik untuk tribuners kunjungi. Mulai dari wisata alam, budaya dan sejarah yang sangat menarik.

Satu diantaranya yang paling terkenal dan mendunia adalah ivent pacu jalur yang sudah berusia 100 tahun lebih. Oleh sebab itu, Kuansing juga dikenal dengan julukan sebagai Kota Jalur. Namun di tahun 2020 ini ivent kebudayaan tersebut ditiadakan karena masih masa dalam pandemi covid-19.

Seperti diketahu ivent pacu jalur ini merupakan kegiatan luarbiasa yang mendatangkan puluhan bahakan hingga ratusan ribu orang dari berbagai daerah.

Baca juga: Profil Kabupaten Rokan Hilir Riau

Baca juga: Profil Lydhia Sari, Berani Tinggalkan Karir di BUMN

Baca juga: Bayu Wibisono Damanik, Juara 1 MTQ Nasional 2020 dari Riau

Rumah Godang Sentajo di Desa Wisata Adat Kenagarian Sentajo Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. (Tribun Pekanbaru Firmauli Simaloho)
Rumah Godang Sentajo di Desa Wisata Adat Kenagarian Sentajo Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. (Tribun Pekanbaru Firmauli Simaloho) (tribunpekanbaru.com)

Ini merupakan salah satu ivent warisan budaya turun-temurun yang masih dipelihara hingga kini. Biasanya pelaksanaan pacu jalur ini digelar sekitar bulan Agustus.

Disamping itu, masih banyak lokasi wisata alam yang harus dikunjungi Desa Wisata di Kanagarian Sentajo, secara lengkap anda bisa membaca artikel tentang Kanagarian Sentajo disini.

Masih banyak lokasi wisata alam menarik lainya seperti Air Terjun Guruh Gemurai, Air Terjun Batang Koban atau yang dikenal dengan Air Terjun Tujuh Tingkat.

--

(tribunpekanbaruwiki.com/aan ramdani)

Ikuti kami di
KOMENTAR
338 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved