Daftar 4 Sungai Besar di Riau

Berikut ini ulasan tetang 4 sungai besar yang mengaliri wilayah yang ada di Provinsi Riau.

Penulis: Aan Ramdani
Editor: Aan Ramdani
Tribunpekanbaruwiki.com
Kemegahan Jembatan Siak IV dari udara yang menyebrangi Sungai Siak di Kota Pekanbaru. (foto:Aan Ramdani) 

Daftar 4 Sungai Besar di Riau

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Sejarah perkembangan Provinsi Riau tidak terlepas dari sungai, zaman dulu sungai menjadi satu-satunya jalur transportasi yang dipergunakan.

Seperti halnya zaman kerjaan Siak yang menggunakan aliran sungai Siak.

Berikut ini Daftar 4 Sungai Besar di Riau

1. Sungai Siak

Sungai Siak ini melintasi wilayah Kabupaten Kampar, Kota Pekanbaru dan Kabupaten Siak. Sungai Siak disebut-sebut menjadi sungai terdalam di Indonesia hingga 30 meter. Namun, kini sudah mengalami pendangkalan dan kedalamanya sekitar 18 meter.

Sungai Siak ini menjadi saksi bisu tumbuhnya kawasan Kota Pekanbaru dan Siak. Dulu Sungai Siak merupakan jalur perdagangan yang bisa dilintasi kapal-kapal dengan ukuran besar.

Keindahan Jembatan Siak I, Jembatan Siak III dan Jembatan Siak IV dari ketinggian yang menyebrangi sungai Siak. (Foto/Aan Ramdani)
Keindahan Jembatan Siak I, Jembatan Siak III dan Jembatan Siak IV dari ketinggian yang menyebrangi sungai Siak. (Foto/Aan Ramdani) (Tribunpekanbaruwiki.com)

Sejumlah jembatan dibangun untuk bisa melintasi Sungai Siak ini. Hingga kini di Kota Pekanbaru ada 4 jembatan yang dibangun untuk melintasi Sungai Siak ini.

Sungai Siak ini juga memiliki nama lain yakni Sungai Jantan. Namun, sayang kini kualitas air yang ada di sungai ini semakin menurun karena pencemaran.

Kini sungai siak juga masih dimanfaatkan oleh nelayan tradisional untuk mencari ikan. Banyak cerita yang menarik yang terjadi di Sungai Siak ini. Mulai dari kisah kerajaan siak, penah menjadi jalur perdagangan internasional hingga banyak kisah misteri atau gaib yang ada di Sungai Siak ini.

Namun yang pasti kehadiran Sungai Siak di tanah melayu ini memberikan banyak manfaat bagi masyarakatnya. Mulai kebutuhan ekonomi hingga untuk pariwisata.

Baca juga: 4 Jembatan Megah di Pekanbaru

Baca juga: Melihat Kemegahan Istana Siak

2. Sungai Kampar

Fakta tentang Sungai Kampar juga tidak kalah menarik dengan Sungai Siak. Sungai Kampar ini mengalir dari hulu dikawasan Bukit Barisan dan bermuara di Pesisir Riau tepatnya di Kabupaten Pelalawan. Sungai Kampar ini merupakan hasil pertemuan anatara dua sungai besar yang ada Kabupaten Kampar yakni Sungai Kampar Kanan dan Sungai Kampar Kiri dan menjadikan sungai ini menjadi satu dan diberi nama Sungai Kampar.

di Hulu Sungai Kampar ini juga dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA Koto dengan kapasitas 114 Megawatt.

Pemecahan rekor berselancar terpanjang di atas Ombak Bono, Sungai Kampar, Teluk Meranti pada 2016 lalu.Dok tribunpekanbaru.com
Pemecahan rekor berselancar terpanjang di atas Ombak Bono, Sungai Kampar, Teluk Meranti pada 2016 lalu.Dok tribunpekanbaru.com (tribunpekanbaru.com)

Kehadiran Sungai Kampar ini juga memunculkan banyak destinasi wisata sungai yang sangat menarik bahkan terkenal, termasuk dikawasan sekitar PLTA Koto Panjang.

Kemudian dibagian muara Sungai Kampar ini juga terdapat destinasi wisata yang terkenal yakni Ombak Bono di kabupaten Pelalawan.

Ombak Bono merupakan ombak yang terjadi diarus Muara Sungai Kampar. Ini merupakan fenomena alam yang sangat langka. Obak Bono atau Gelombang Bono ini muncul karena pertemuan arus pasang air laut dengan arus sungai dari hulu menuju muara Sungai Kapar dan membentuk gelombng atau Ombak Bono hingga 40 kilometer dengan ketinggian 4 hingga 5 meter.

Kawasan ombak bono pun sudah terkenal dan menjadi tempat peselancar internasional.

Suasana Sungai Kampar di Kabupaten Pelalawan. Dok tribunpekanbaru.com
Suasana Sungai Kampar di Kabupaten Pelalawan. Dok tribunpekanbaru.com (tribunpekanbaru.com)

Baca juga: Nikmati Berbagai Jajanan di Wisata Kuliner Bhakti Praja Pelalawan Riau

Baca juga: Hotel Grand di Pelalawan Riau Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19

3. Sungai Rokan

Sungai Rokan ini hulunya ada di Kawasan Kabupaten Rokan Hulu atau tepatnya dari Bukit Barisan dan bermuara di kabupaten Rokan Hilir dengan panjang 350 kilometer.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved