Daftar 4 Sungai Besar di Riau

Berikut ini ulasan tetang 4 sungai besar yang mengaliri wilayah yang ada di Provinsi Riau.

Tribunpekanbaruwiki.com
Kemegahan Jembatan Siak IV dari udara yang menyebrangi Sungai Siak di Kota Pekanbaru. (foto:Aan Ramdani) 

Daftar 4 Sungai Besar di Riau

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Sejarah perkembangan Provinsi Riau tidak terlepas dari sungai, zaman dulu sungai menjadi satu-satunya jalur transportasi yang dipergunakan.

Seperti halnya zaman kerjaan Siak yang menggunakan aliran sungai Siak.

Berikut ini Daftar 4 Sungai Besar di Riau

1. Sungai Siak

Sungai Siak ini melintasi wilayah Kabupaten Kampar, Kota Pekanbaru dan Kabupaten Siak. Sungai Siak disebut-sebut menjadi sungai terdalam di Indonesia hingga 30 meter. Namun, kini sudah mengalami pendangkalan dan kedalamanya sekitar 18 meter.

Sungai Siak ini menjadi saksi bisu tumbuhnya kawasan Kota Pekanbaru dan Siak. Dulu Sungai Siak merupakan jalur perdagangan yang bisa dilintasi kapal-kapal dengan ukuran besar.

Keindahan Jembatan Siak I, Jembatan Siak III dan Jembatan Siak IV dari ketinggian yang menyebrangi sungai Siak. (Foto/Aan Ramdani)
Keindahan Jembatan Siak I, Jembatan Siak III dan Jembatan Siak IV dari ketinggian yang menyebrangi sungai Siak. (Foto/Aan Ramdani) (Tribunpekanbaruwiki.com)

Sejumlah jembatan dibangun untuk bisa melintasi Sungai Siak ini. Hingga kini di Kota Pekanbaru ada 4 jembatan yang dibangun untuk melintasi Sungai Siak ini.

Sungai Siak ini juga memiliki nama lain yakni Sungai Jantan. Namun, sayang kini kualitas air yang ada di sungai ini semakin menurun karena pencemaran.

Kini sungai siak juga masih dimanfaatkan oleh nelayan tradisional untuk mencari ikan. Banyak cerita yang menarik yang terjadi di Sungai Siak ini. Mulai dari kisah kerajaan siak, penah menjadi jalur perdagangan internasional hingga banyak kisah misteri atau gaib yang ada di Sungai Siak ini.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Aan Ramdani
Editor: Aan Ramdani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved