Nurul Wulandari Sulap Halaman Sempit Jadi Sejuk dan Asri

Nurul Wulandari Sulap Halaman Sempit Jadi Sejuk dan Asri dengan menanam berbagai bunga

Penulis: Aan Ramdani
Editor: Aan Ramdani
Isimewa
Suasana Hijau halaman rumah Nurul Wulandari 

Nurul Wulandari Sulap Halaman Sempit Jadi Sejuk dan Asri

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM- Halaman yang sempit tak jadi penghalang untuk membuat suasana hunian menjadi asri. Diperlukan ide kreatif dan kecintaan terhadap hunian hijau untuk mewujudkannya.

Konsep greenhouse dapat diterapkan di pekarangan atau eksterior minimalis. Konsep ini yang mengispirasi Nurul Wulandari mendandani halaman rumahnya di Perumahan Griya Kenari Indah Blok F Nomor 5 Jalan Cipta Karya Ujung, Tampan, Pekanbaru.

Rumah yang posisinya di sudut atau dikenal dengan istilah hook, menjadi modal buat Nurul memermak halaman rumah. Nurul Wulandari menyulap halaman depan berukuran 3 x 6 meter persegi menjadi taman yang asri.

Pengayaan vegetasi juga dilakukan di depan carport sisi kanan rumah yang berukuran 4 x 7 meter persegi. Nurul memanfaatkan area kosong untuk mewujudkan greenhouse.

"Kami letak berbagai jenis tanaman (di halaman rumah). Kami memang suka konsep greenhouse yang minimalis," ungkap Nurul Wulandari. Ia menambahkan, konsep greenhouse diaplikasikan dengan suasana tropis minimalis.

Baca juga: Tia Juwita, Wanita Sukses Berbisnis Kerjainan Rotan di Pekanbaru

Baca juga: Fanji Giovani, Polisi Riau Yang Sukses Jadi Gamer

Baca juga: Mengenal Tari Zapin di Kampung Zapin di Desa Meskom Bengkalis Riau

Nurul sekeluarga suka nuansa hijau dan sam-sama suka tanaman. Sehingga bersemangat menjadikan halaman rumah menjadi hijau. "Dengan adanya taman, pikiran jadi lebih tenang dan menjadi healing melepas penat setelah berutinitas seharjan di kantor," ujar Nurul Wulandari  pemilik akun Instagram @nurulwulandari_13 ini.

Nurul Wulandari melakukan penataan posisi tanaman berdasarkan karakteristik, sifat tumbuh dan fungsinya masing-masing. Pembagian area taman dilakukan dengan memasang koridor untuk tempat berjalan kaki sambil mengamati taman.

Nurul Wulandari menata sedemikian rupa taman sehingga menjadi pemandangan indah dan nyaman (cozy) bagi keluarga saat bersantai. Menurut dia, merawat taman tidak perlu repot. Oleh karena itu, ia memilih vegetasi yang mudah tumbuh.

"Jenis tanaman yang easy maintenance dan tidak memerlukan perawatan khusus," ujar wanita 31 tahun ini. Untuk di area yang dekat dengan dinding, ditanami tanaman yang tumbuhnya merambat, jenis tanaman berdaun lebar dan tumbuh lebih tinggi.

Di bagian depan atau ke arah tengah taman ditanami jenis tanaman yang tumbuh tidak terlalu tinggi. Tetapi lebih rimbun. Di bagian pagar pagar dan tiang penyangga teras ditanami tanaman yang menjuntai agat unsur hijau kian mendominasi.

"Tanaman yang menjuntai sedikit banyaknya dapat mencegah panasnya sinar matahari langsung ke dinding rumah sehingga rumah lebih adem," jelas Nurul Wulandari. Ia menambahkan, tanaman dapat menyaring udara dan menangkap partikel debu serta menghasilkan oksigen. Sehingga lingkungan jadi sehat.

Baca juga: Kisah Ernita Shofiriana Menjadi Guru di Daerah Pelosok di Riau

Baca juga: Dibuntuti Orang Berjaket Hitam, Cerita Rusidi Rusdan Saat Awasi Pemilu

Baca juga: 4 Fakta Menarik Sultan Syarif Kasim II

Halaman rumah Nurul Wulandari dipenuhi tumbuhan hijau dan bunga
Halaman rumah Nurul Wulandari dipenuhi tumbuhan hijau dan bunga (Isimewa)

Aksesoris Karya Sendiri

Unsur hijau tidak hanya dituangkan di halaman atau outdoor rumah. Nurul juga menghadirkan unsur hijau di dalam hunian yang dikombinasi dengan aksesoris dan pernak pernik.

Nurul Wulandari  menempatkan tanaman di setiap sudut ruangan. Tanaman dipadu dengan dekorasi buatan tangan sendiri. "Tambahan pernak pernik kebanyakan DIY (do it yourself)," katanya.

Nurul dapat mengasah kreativitas dengan membuat sesuatu yang baru tanpa biaya mahal. Ia menciptakan suasana rumah untuk menyalurkan hobinya.

"Saya memang hobi mengasah kreativitas," kata Nurul Wulandari yang bergambung dengan komunitas pecinta dekor Home Decor Lovers Family Pekanbaru #homedecorloversfamilypekanbaru.

--
(tribunpekanbaruwiki.com/Nando)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved