292 Orang Lulus Seleksi Bintara Polri 2020 di Riau

Sebanyak 292 orang lulus seleksi Bintara Polri 2020 di Riau mengikuti Sidang kelulusan di Gedung Ghara Bhayangkara SPN Polda Riau

Editor: Aan Ramdani
Isimewa
Sebanyak 292 orang lulus seleksi Bintara Polri 2020 di Riau mengikuti Sidang kelulusan di Gedung Ghara Bhayangkara SPN Polda Riau, Jalan Raya Pekanbaru - Bangkinang Km. 29, Kampar, Jumat (13/11/2020) malam tadi. 

292 Orang Lulus Seleksi Bintara Polri 2020 di Riau

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM- Sebanyak 292 orang lulus seleksi Bintara Polri 2020 di Riau mengikuti Sidang kelulusan di Gedung Ghara Bhayangkara SPN Polda Riau, Jalan Raya Pekanbaru - Bangkinang Km. 29, Desa Kualu Nenas, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Jumat (13/11/2020) malam tadi.

Pelaksanaan sidang kelulusan dipimpin Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi.

Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM) Polda Riau, Kombes Pol Nurworo Danang dalam paparannya menjelaskan, sidang ini digelar setelah pihaknya menerima kuota dari Mabes Polri.

"Kuota didik kita tahun ini berjumlah 292 dengan rincian pria 266 wanita 26," jelasnya.

Ia merincikan, adapun sistem penilaian ataupun norma kelulusan, meliputi psikologi 35%, jasmani 25% dan akademik 40%.

"Apa yang dicapai adalah hasil murni yang casis (calon siswa) dapatkan. Apabila ada pihak yang mengaku bisa untuk meluluskan, segera laporkan kepada pihak kepolisian, karena ini memang hasil yang maksimal yang casis lakukan," tuturnya.

Baca juga: Keindahan Masjid Kubah Emas 24 Karat, Masjid Dian Al Mahri

Baca juga: Cord Gitar Gampang Lagu Lancang Kuning, Lagu Daerah Riau

Baca juga: Pagar Besi Hingga Lampu Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma di Pekanbaru Dicuri

Lanjut dia, berdasarkan data hasil kelulusan akhir panitia daerah (Panda) Polda Riau yang berjumlah 317 Orang, lulus terpilih sebanyak 292 orang dan lulus tidak terpilih 25 orang.

Dari kelulusan tersebut, dibagi kriterianya berdasarkan Bintara Polisi Tugas Umum berjumlah 213 Orang (laki-laki 195 orang dan perempuan 18 orang) dan Bintara Kompetensi Khusus (Bakomsus) berjumlah 51 orang dinyatakan lulus semuanya.

51 orang Bakomsus ini terdiri dari Bakomsus Polair 2 orang, Bakomsus TI 41 orang, Bakomsus penyidik 2 orang, Bakomsus Agama 3 orang, Bakomsus Tata Boga 2 orang, Bakomsus Olahraga 1 orang, serta Bintara Rekrutmen Profesional berjumlah 28 orang.

Selanjutnya mereka semua akan diserahkan ke pihak Sekolah Polisi Negara (SPN) pada hari Minggu (15/11/2020) besok untuk persiapan mengikuti pendidikan.

Kapolda Riau Irjen Agung secara khusus menyampaikan ucapan selamat kepada para peserta yang dinyatakan lulus ini.

Jenderal bintang dua ini juga memberikan arahan pertama bagi peserta didik.

Baca juga: 4 Fakta Menarik Sultan Syarif Kasim II

Baca juga: Viral, Nikmati Keindahan Sawah di Agrowisata Desa Mentayan Bengkais Riau

Baca juga: FOTO: Penampilan Reog Ponorogo Paguyuban Singo Mudho Pekanbaru

“Saya ucapkan selamat atas kelulusan casis bintara Polri. Saya membuktikan seleksi ini transparan, tanpa sogok menyogok, peserta yang dari jalur khusus menampilkan keahlian meyakinkan saya bahwa rekrutmen transparan dan semoga dari hasil seleksi ini, bisa menjadi insan bhayangkara yang baik," tutur Agung.

Kapolda juga mengingatkan bahwa di lembaga SPN, calon bintara ini akan dididik penuh.

“Disini bukan tempat bersenda gurau, ini adalah tempat merubah mental untuk menjadi bhayangkara sejati. Untuk bintara Polwan segera lakukan tes kesehatan (SWAP) sebelum berangkat pendidikan di Jakarta," sebutnya.

"Selamat bergabung di kepolisian, kami dibentuk untuk menolong masyarakat. Selama mengikuti pendidikan, keluarga anda pasti bangga. Saya percayakan kepada gadik dan pengasuh untuk membentuk mereka. Disini tidak ada bayar membayar, semua sarana dan prasarana sudah lengkap. Selamat bergabung menjadi anggota Polri," jelasnya.

Turut hadir Wakapolda Riau, Irwasda Riau, Ketua Ombudsman RI Perwakilan Riau, Pejabat Utama (PJU) Polda Riau, Perwakilan IDI Cabang Kota Pekanbaru, Pewakilan HIMPSI Riau, FKIP Unri, LSM LPP Student Care, serta ratusan calon peserta bintara Polri bersama orangtua.

--
(Tribunpekanbaru.com/Rizky Armanda)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved