Pagar Besi Hingga Lampu Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma di Pekanbaru Dicuri

Taman Makan Pahlawan Kusuma Bhakti yang berada di Jalan Jendral Sudirman, Kota Pekanbaru ternyata kerap disatroni maling.

tribunpekanbaru.com
Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma yang terletak di Jalan Jendral Sudirman, Kota Pekanbaru . (tribunpekanbaru.com/TheoRizky) 

Pagar Besi Hingga Lampu Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma di Pekanbaru Dicuri

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Taman Makan Pahlawan Kusuma Bhakti yang berada di Jalan Jendral Sudirman, Kota Pekanbaru ternyata kerap disatroni maling.

Fakta itu terkuat dari keterangan Kepala Seksi (Kasi) Kepahlawan, Keperintisan dan Restorasi Sosial Bidang Pemberdayaan Kota Pekanbaru Ir Hardisman, Rabu (11/11/2020).

"Sudah sering terjadi disini, pernah juga yang hilang itu pagar berukuran besar yang terletak di pintu keluar makam,” ujarnya.

Dijelaskan Hardisman, selama ia bertugas di Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma sudah ada dua kali kemalingan.

"Yang hilang itu seperti pagar besi, kabel lampu penerang yang di pasang di atas dan dalam tanah. Peralatan kebersihan di gudang. Kadang kucing-kucingan kita, baru saja kita pasang, sebentar langsung hilang," jelasnya.

Baca juga: Sultan Syarif Kasim II Pahlawan Nasional dari Riau

Baca juga: SM Amin, Gubernur Riau Pertama Dianugrahi Gelar Pahlawan Nasional

Ditanya terkait petugas dan fasilitas keamanan, Hardisman mengakui pihaknya saat ini tidak memiliki hal tersebut.
"Setahun yang lalu ada petugas keamanannya, namun karena suasananya mungkin tidak betah dia," ungkapnya.

Hardisman mengakui bahwa kondisi pagar pembatas sekeliling makam sampai saat ini biasa saja dan tidak pernah dipasangi kaca ataupun kawan berduri.

"Diduga maling masuk dari belakang saat malam hari. Saat ini hanya ada satu lampu penerangan yang hidup yaitu di tugu utama, itupun baru diakal-akali sebelum peringatan hari pahlawan ini. Kabel yang hilang itu sekitar 500 meter lebih,” jelasnya.

Pihaknya berharap, untuk ke depan keamanan dan kenyaman di Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma dapat menjadi perhatian khusus. "Kalau ada ada sistem keamanan yang melibatkan satpam dan juga CCTV untuk memantau situasi makam saat malam," jelasnya.

Menidaklanjuti kehilangan itu, Hardisman sebagai penanggung jawab juga telah melaporkan kejadian kehilangan itu ke Polsek Kota Pekanbaru.

--
(tribunpekanbaru.com / Doddy Vladimir)

Ikuti kami di
Editor: Aan Ramdani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved