SM Amin, Gubernur Riau Pertama Dianugrahi Gelar Pahlawan Nasional

Gubernur Riau Pertama Riau SM Amin atau yang memiliki nama lengkap MR Sutan Mohammad (SM) Amin Nasution resmi dianugrahi gelar pahlawan nasional

Editor: Aan Ramdani

SM Amin, Gubernur Riau Pertama Dianugrahi Gelar Pahlawan Nasional

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Gubernur Riau Pertama Riau SM Amin atau yang memiliki nama lengkap MR Sutan Mohammad (SM) Amin Nasution resmi dianugrahi gelar pahlawan nasional oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam pelaksanaan Hari Pahlawan Nasional, Rabu (10/11/2020).

SM Amin diketahui merupakan Gubernur Riau pertama yang menjabat 5 Maret 1958 hingga 6 Januari 1960.

SM Ami lahir di Aceh Besar Provinsi Aceh pada 22 Februari 1904 dan meninggal di Jakarta, 16 April 1993, dalam usia 89 tahun.
Berdasarkan data dari Kementerian Sosial, SM Amin Nasution pernah menjabat Gubernur Sumatera Utara, Aceh dan Riau.

Meskipun ia pernah menjabat sebagai Gubernur Riau, namun nama SM Amin diusulkan oleh Pemerintah Sumatra Utara sebagai pahlawan nasional ke Pemerintah Pusat.

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Presiden RI Joko Widodo yang telah memberikan gelar pahlawan kepada SM amin yang juga tokoh Riau.

Baca juga: Hotel Grand di Pelalawan Riau Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19

Baca juga: Nikmati Kenyamanan Hotel Pangeran Pekanbaru, Hotel Bintang Empat

"Atas nama Pemprov Riau bersama Forkopimda dan seluruh rakyat Riau mengucapkan terimah kasih yang sebesar-besarnya kepada Presiden RI Joko Widodo yang telah memberikan gelar Pahlawan Nasional SM Amin Nasution pada peringatan hari pahlawan tahun 2020 ini,." kata Gubri Syamsuar usai menggelar Upacara Bendera Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma Pekanbaru, Selasa (10/11/2020).

Gubri mendoakan semoga beliau mendapat tempat yang sebaik-baiknya di sisi Allah SWT dan mudah-mudahan perjuangannya dinilai oleh Allah SWT sebagai amal ibadah. Ia berharap para generasi muda saat ini dapat mencontoh dan meneladani serta menjadikan motivasi dari almarhum yang telah berjuang untuk negara dan bangsa.

"Semoga tentunya dan masih banyak lagi putra-putri Riau yang bisa berjuang dengan semangat kebangsaan sekaligus juga membuat sesuatu yang berarti bagi kemajuan bangsa dan negara khususnya juga di Provinsi Riau," katanya.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, saat ini dalam memperingati Hari Pahlawan di tahun 2020 mengalami perbedaan pada sebelumnya. Hal ini dikarenakan pada kondisi sekarang masih dalam suasana Covid-19.

"Karena ini, kami berharap melalui peringatan Hari Pahlawan kepada kita semua dengan adanya musibah Pandemi Covid-19 dan musibah bencana banjir tentunya akan lahir pahlawan-pahlawan kemanusiaan," katanya.

Gubri mengungkapkan, tumbuhnya pahlawan-pahlawan kemanusiaan ini tentunya akan berkorban untuk berjuang membantu saudara-saudara yang terdampak dengan pandemi Covid-19.

Baca juga: Kisah Bripda Habibi, Polisi Riau yang Nyambi Jualan Mie Aceh di Tembilahan Inhil

Baca juga: Muhammad Ridin Ridwan, Sulap Batok Kelapa Menjadi Benda Bernilai Ekonomis

Kemudian juga berjuang bagi saudara-saudara kita yang terdampak dengan beberapa bencana di tanah air ini. Baik itu bencana banjir, bencana tanah longsor, bencana meletusnya gunung merapi, dan semua bencana yang ada di tanah air.

"Dengan semangat Hari Pahlawan yang ditujukan berkorban untuk bangsa dan negara, sehingga menjadikan Indonesia maju," ungkapnya.
Pihaknya juga mengajak kepada kompenen masyarakat Riau untuk berjuang dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ini dengan berbagai pembangunan serta bergotong royong saling membantu dalam menghadapai bencana dan berusaha melakukan pemulihan ekonomi nasional.
"Semoga dengan semangat Hari Pahlawan 2020 yang ditujukan berkorban untuk bangsa dan negara ini, sehingga kita harapkan ke depan Indonesia bisa maju dan ekonomi bisa baik kembali," katanya.

--
(tribunpekanbaruwiki.com/Syaiful Misgiono)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved