Kuliner Pekanbaru

Nikmati Olahan Ikan di Ikan Bakar Daun Bumbu Uwo di Pekanbaru

Restoran Ikan Bakar Daun Bumbu Uwo terletak di Jalan Adisucipto Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau.

Editor: Aan Ramdani
tribunpekanbaruwiki.com
Menikmati sedapnya ikan bakar di Restoran Ikan Bakar Daun Bumbu Uwo 

Nikmati Olahan Ikan di Ikan Bakar Daun Bumbu Uwo di Pekanbaru

TRIBUNPEKANBARUWIKI.COM - Restoran Ikan Bakar Daun Bumbu Uwo terletak di Jalan Adisucipto Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau.

Rincinya lokasi Ikan Bakar Daun Bumbu Uwo ini berada sebelum pos jaga gerbang Pangkalan TNI Angkatan Udara Roesmin Nurjadin, dari arah Jalan Sudirman, Pekanbaru.

Suasana di rumah makan ini asri sengan konsep pondok dengan fasilitas parkir kendaraan yang luas. Cocok menjadi tempat makan bareng keluarga atau orang-orang terdekat tribuners.

Ikan Bakar Daun Bumbu Uwo menyajikan berbagai jenis olahan berbahan dasar ikan segar,

Tidak hanya ikan bakar, di Ikan Bakar Daun Bumbu Uwo tribuners bisa mencicipi olahan yang cukup unik yakni perpaduan sup ikan dan kelapa muda yang diberi nama Sup Ikan Kepala Muda.

Isian menu ini yakni, potongan ikan, kemudian berupa sayur seperti wartel, jamur kuping dan lainnya. Daging kelapa mudanya juga ikut dicampur dengan kuahnya, ini salah satu menu favorit yanga da di Ikan bakar Duan Bumbu Uwo.

Baca juga: Sahirman Semangat Jual Kuliner Ikan Asin di Tol Pekanbaru-Dumai

Baca juga: Nikmati Berbagai Jajanan di Wisata Kuliner Bhakti Praja Pelalawan Riau

Baca juga: Benteng Tujuh Lapis, Sejarah Perjuangan Tanku Tambusai di Dalu-Dalu Riau Hadapi Penjajah Belanda

Dari penampilanya pun unik karena menu Sup Ikan Bakar Kelapa Muda ini disajikan dalam buah kelapa. Jenis ikan yang digunakan menjadi nama subvarian menunya.

Jika tribuners maumencicipi menu Ikan Bakar Kela Muda di Ikan Bakar Daun Bumbu Uwo ini bisa memilih jenis ikanya, tersedia Ikan Kakap, Kerapi dan Gurami. Jika dengan Kakap, menjadi Sup Kakap Kelapa Muda dan seterusnya.

Rasanya begitu nikmat. Kuahnya pedas mirip kuah Tom Yam bening. Tetapi tidak menghilangkan rasa kelapa muda. Cita rasa air kelapa muda yang menjadi kuah sup ikan ternyata harmoni. Dibuktikan lewat menu ini.

"Mungkin (Sup Ikan Kelapa Muda) yang pertama di Pekanbaru, bahkan Riau," ungkap Ilham Fadhilla Amka, pemilik restoran Ikan Bakar Duan Bumbu Uwo, Selasa 1 September 2020 lalu.

Menurut Ilham, Menu Sup Ikan Kelapa Muda di restoran Ikan Bakar Daun Bumbu Uwo ini merupakan hasil inovasi sang ibu.

Di dalam buah kelapa terdapat beberapa potong ikan yang difilet. Ilham menjelaskan, ikan direbus terlebih dahulu. Lalu air kelapa dikeluarkan dan dicampur dengan ikan dan air rebusannya. Sehingga racikan bumbu menyatu dengan sup dan air kelapa muda.

Hots program Enaknye Tribunpekanbaru saat mewawancarai pemilik Rumah Makan Ikan Bakar Daun Bumbu Uwo
Hots program Enaknye Tribunpekanbaru saat mewawancarai pemilik Rumah Makan Ikan Bakar Daun Bumbu Uwo (tribunpekanbaruwiki.com)

Baca juga: Sherly Putri Yandani, Wasit Cantik Asal Riau

Baca juga: Habib Ramadhan Kenalkan Adat dan Budaya Kampar Riau Lewat Youtube

Baca juga: Fanji Giovani, Polisi Riau Yang Sukses Jadi Gamer

"Air kelapanya ikut direbus. Tapi tidak terlalu lama karena air kelapa bisa jadi mengental," ungkap Ilham. Setelah itu, sup ikan kelapa muda yang telah jadi dimasukkan ke buah kelapa. Terlihat seperti kelapa muda lengkap dengan sabutnya saat dihidangkan.

Menu ini dibanderol hanya Rp. 44.000. Menurut Ilham, seporsi sup ikan kelapa muda ini cukup untuk santapan lauk empat orang.

Ikan Bakar Daun

Kemudian menu andalan di Restoran Ikan Bakar Daun Bumbu Uwo ini tentu saja Ikan Bakar, nama ini pula yang diambil sebagai nama restoran.

Yang menjadi pembeda oleahan ikan bakar di Ikan Bakar Daun Bumbu Uwo ini adalah proses pembakarannya.

Ikan dibakar didalam daun pisang. Masakan ini juga hasil inovasi sang ibu yang terinspirasi dari rumah makan di Malaysia. Lalu dimodifikasi menjadi ala nusantara dengan dua varian bumbu. Yakni, bumbu pedas dan bumbu rujak.

Menu ini tersedia untuk Ikan Nila dan Gurami. Ikan dilumuri bumbu terlebih dahulu. Kemudian dibungkus dengan daun pisang seperti proses pembuatan pepes. "Ikan di dalam daun kelapa, dibakar dengan arang tempurung," jelas Ilham.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved